[Traveling] : Jogjakarta (Beginning)

11-Apr-15

Long weekend minggu lalu, tepatnya tanggal 2-4 April, aku dan seorang teman di tempat kerja dulu yang selanjutnya kita panggil aja ceuceu Oeng ini, berniat menjelajah Jawa Tengah alias jadi si Bolang.
Berawal dari temen kerjaku yang ngebolang ke Jogjakarta lebih dulu, aku pun jadi ikutan kepengen jelong-jelong. Apalagi pas denger cerita dia kalo pantai dan spot-spot wisata lainnya di sana wajib dikunjungi, plus budget yang sangat terjangkau pulak.

Mulailah aku nyari partner in crime buat ngebolang bareng ke Jogja.
Beruntung, ceu Oeng ini punya skejul yang sama dan memang dia kepengen pergi ke Jogja. Setelah fix tanggal berangkat dan itine beres dibuat, kami pun mulai berjibaku nyari tiket kereta buat pergi ke Jogja da balik lagi ke kota asal tentunya.

Kenapa kita pilih kereta? Karena emoh banget kalo kudu naik bis atau sejenisnya yang bakal makan waktu setengah hari lebih dan bakal ngaibisin waktu aja. Belom lagi macetnya, belom lagi leletnya, belum lagi betenya. Untuk kami para karyawan yang belum punya cuti dan waktu libur terbatas, tentunya waktu liburan kudu dibuat se-efisien mungkin. Soo, pilihan pun jatuh pada kereta api gejes gejesss.

Setelah tiket kereta api di tangan, hotel pun sukses dibuking, maka perjalanan kami ke Kota Gudeg pun siap dilaksanakan, Komandan!

Hari keberangkatan pun tiba.

Karena skejul kereta yang berangkat pada Kamis malam pukul 20.00, maka aku kudu pulang cepet dari kantor. Sekitar jam 3 sore aku ijin sama Bos buat pulang cepet, yang untungnya langsung disetujui #sun tangan Bos.
Setelah naik travel dan ancot, sekitar pukul 18.00 aku tiba di Stasiun Kiaracondong - Bandung.
Karena masih ada waktu beberapa jam, aku pun nyempatkan buat sholat, pipis, ganjel perut pake gorengan, dan baca-baca komik sekalian nunggu Oeng yang belum datang.

Ketika tinggal sejam sebelum keberangkatan, si Oeng ngasih kabar kalo bis yang dia tumpangi leletnya naudjubilah plus pake acara mogok pulak.

Demi mengejar kereta dan nggak mau nyesel acara ke Jogja nggak jadi, Oeng pun kebut-kebutan bareng mang ojek setelah turun dari terminal bis menuju stasiun kereta.

Tepat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta, Oeng tiba di stasiun sambil hah heh hoh ngos-ngosan.
Aku yang baru pertama kali naik kereta ke luar kota, berpikir kalo di tiket keberangkatan kereta adalah pukul 20.00, berarti masuk ke gerbongnya pun jam segitu, atau malah bakalan ngaret-ngaret dikiiit lah ala Indonesia.
Begitu pula si Oeng yang sama-sama bolang newbie.
Ketika lagi santey-santey kayak di pantey, seorang mbak-mbak yang duduk di sebelahku tanya kami mau ke mana dan naik kereta apa.

"Kami mau ke Jogja, pake kereta Kahuripan jam 20.00", jawabku.
"Lho, itu kereta Kahuripan udah mau berangkat loh. Ini udah ngantri dari tadi padahal." timpal si mbak-mbak itu.
Owalalaaaah, jadi antrian yang dari tadi mengular dan cuma aku perhatiin acuh tak acuh itu adalah antrian buat kereta tujuan kami. Dan ternyata, jadwal keberangkatan kereta yang jam 20.00 itu adalah jadwal keretanya bener-bener BERANGKAT jam segitu!! Bukannya baru masuk gerbong.

Mendengar itu, spontan deh kami berdua terbirit-birit menuju antrian dan gerbong kereta. Sambil ngos-ngosan takut ditinggal, dua bolang polos ini lari sekuat tenaga.

Untunglah, sepertinya kita memang masih dikasih kesempatan buat pergi ke Jogja, kereta pun masih menunggu dengan cantiknya.

Setelah nemu gerbong dan tempat duduk sesuai tiket yang dipunya, kita pun melepas lelah dan duduk sambil tarik napas panjang mangap-mangap kayak ikan lohan nyari-nyari oksigen yang tadi habis menguap gegara dipake ngibrit.

Tidak lama setelah mendaratkan pantat di kursi, suara goooong kereta pun terdengar yang artinya kereta akan berangkat sekarang juga.
Kita yang hampir ketinggalan kereta dan malahan nunggu dengan santey, cuma bisa saling pandang yang dilanjutkan ketawa terbahak-bahak.
Adaaaa aja kejadian yang nggak terduga kalo traveling itu.
Yah, itulah seninya ngebolang ya #alibi.

Setelah dipikir-pikir, ada hikmahnya juga saat itu aku nggak tau kalo antrian kereta sudah mulai sejak sejam sebelumnya. Kalo saja aku tau antrian udah dimulai, sedangkan saat itu Oeng masih di dalam bis, pasti udah panik duluan. Tapi karena nggak tau, jadi cuek-cuek aja. Hahaa.

Then, perjalanan menuju Jogjakarta pun dimulai.
Dari Stasiun Jogjakarta menuju Stasiun Lempuyangan tujuan kami bakal memakan waktu sekitar 8 jam.
So, sekitar jam 4.30 subuh nanti, kita bakal udah nyampe Jogjakarta.

[Begini kira-kira keadaan salah satu penumpang selama di kereta...hahaa]

Baiklah, sambil menunggu kereta menuju Kota Gudeg tempat dimulainya petualangan pertama di tahun ini, mari kita bobo chuantieq buat ngumpulin tenaga supaya bisa menjelajah Jawa Tengah :D

See you in Jogjakarta in next posting!!!