pundung

31-Mar-15

Kemarin aku dapet undangan interview di sebuah perusahaan spareparts automotive.

Eeeeh, bentar. Bentar.

Baru aja kerja tiga bulan di kantor baru, udah mau interview di perusahaan lain lagi?!!
Yess, anda tidak salah baca sodara-sodara.

Sebetulnya, beberapa minggu kemaren aku sempet bingung dan gundah gulali mikirin antara tetep stay di kantor yang sekarang atau bertualang lagi mencari rejeki di tempat lain.
Ada beberapa hal yang membuatku kurang sreg di kantor yang sekarang ini, yaa walopun banyak juga hal-hal positifnya [kapan-kapan diceritain deh detailnya^^].

Entah kesambet apa, tiba-tiba aku nelpon beberapa agency recruitment dan minta mereka mencarikan loker.
Tanpa perlu menunggu waktu lama, sebuah agent menawarkan interview.
Entah kenapa saat itu aku langsung mengiyakan dan menyanggupi interview sesuai tanggal yang dijanjikan.
Urusan minta ijin sama Bos sih bisa diatur lah yaa.
Dengan masih bimbang dan ragu, aku terus berdoa dan minta petunjuk dari Sang Maha Kuasa supaya dikasih pencerahan.

Setelah istikharah, menyerahkan sepenuhnya padaNya, aku pun mulai memantapkan hati untuk tetap stay di tempat kerja yang sekarang.

Kembali ke acara interview.

Meskipun aku udah mantap nggak bakalan pindah kerja dulu, tapi keputusanku saat itu sudah terlanjur dan nggak bisa ditarik lagi.
Aku udah terlanjur janji dan bakalan datang interview.
Kan nggak enak ya sama si agent-nya plus sama perusahaan bersangkutan.

Jadilah siang itu sekitar pukul 10.00 pagi, aku minta ijin ke Bos supaya bisa meninggalkan pekerjaan, dengan alasan mau ke Bank dan asuransi di kota sebelah, sehingga bakal makan waktu dan selesai sampai sore.
Untungnya si Bos mood-nya lagi bagus, surat ijin keluar pun ditandangani tanpa protes apapun.
Setelah mengantongi surat ijin dan bilang nggak bakal balik lagi ke kantor, yang artinya aku bakal langsung pulang setelah interview beres, aku pun melesat meninggalkan kantor.
Dengan ojek sekitar 5 menit, aku pun melaju dari kantor menuju jalan raya utama buat nyetop bis menuju tempat interview.

Setelah turun dari ojek, langsung deh mangkal di halte bis buat nunggu bis yang dituju.

10 menit,
15 menit,
bahkan sampe 30 menit pun bis yang ditunggu nggak dateng-dateng.

Ini sopir Bis Primajedos pada tidur apa yak?!
Udah hampir jadi arca kayaknya gue, saking kelamaan nunggu.

Setelah hampir 40 menit nunggu, akhirnya bis pun mulai terlihat batang hidungnya.
Entah lagi kesurupan ato kebelet pipis, si sopir bukannya memperlambat laju bis ketika aku udah dadah-dadah lambey-lambey tangan nyetop bis, malahan tancap gas dan melewati mahluk nelangsa yang udah 40 menit pegel berdiri nungguin bis ini.

Aku cuma bisa melongo dan lemes ngeliat bis ngeloyor dengan kecepatan tinggi itu.
Untungnya si kenek ngeliat aku dadah-dadah dan dia ngasih kode supaya aku nyamperin tempat mangkal bis di lampu merah depan yang jaraknya sekitar 500 meter.

Nampaknya si sopir bis bersedia nungguin aku nyamperin ampe lampu merah sebagai bentuk penyesalan karena tadi nyuekin aku.

Dari tempat nyetop bis sampe lampu merah kulihat nggak begitu jauh.
Yowis lah, jalan dikit aja. Toh di lampu merah itu juga bisnya suka lama kok mangkalnya.
Setelah jalan beberapa menit, eh kok dipikir-pikir jauh juga yak.
Mana berdebu, siang bolong gersang bagai teras neraka, plus sepatu formal yang lumayan tinggi dan bikin pegel kaki bikin emoh banget jalan #biasa pake sneakers siiihh

Tanpa babibu, aku pun nyetop angkot supaya cepet nyampe lampu merah.
Tak apalah bayar dua rebu perak, daripada kaki lecet dan nggak bisa jalan.
Yang tadinya kupikir kalo pake angkot bakalan langsung melesat menuju lampu merah, eehhh si angkot monyong ini malah jalan kayak keong, ngetem pulaaak.
Aaarggghhh, kucubit juga lah pake tang si mamang sopir angkot ini.
Udah mah buru-buru, malah ngetem pulaaak.

Ketzeel, aku pun langsung turun dari angkot yang baru aja melaju 10 meter dari tempatku tadi naik.
Tanpa bayar, langsung aku seret itu kaki yang udah pegel dan lecet menuju lampu merah.
Udahlah, mending jalan kaki aja dan ngandelin tenaga sendiri.

Ketika tinggal 100 meter menuju lampu merah dan bis yang kutunggu pun masih mangkal, aku pun langsung mempercepat langkahku.
Ketika tinggal 50 meter lagi, lho...lhooo...lhooo kok bisnya maju pelan-pelan.
Daaannn dia pun melaju tancap gas, pergi meninggalkan mahluk nelangsa yang cuma bisa bengong dan pasrah ini pergi.

Ya ampyuun, ada apa sih hari ini?!

Mengapa semesta nampaknya tidak mendukung, tidak mengijinkanku untuk pergi?
Apa ini suatu pertanda? Ataukah hanya firasat?
#lalu nyanyi bareng Marcell

Alih-alih pergi menuju lampu merah dan nunggu bis berikutnya [yang mungkin baru dateng dua abad lagi], entah kesambet apa, aku malah membalikkan arah langkahku dan menyebrang jalan.
Lalu, tanpa menengok ke belakang, aku langsung nyetop angkot, naik dan cuss PULANG MENUJU KOSAN.
Yes!

Anda tidak salah baca.

Bukannya berjuang menuju kota sebelah, tapi malah pundung gegara ditinggal bis dan kembali ke arah pulang.
Bukannya balik lagi ke kantor karena masih siang, tapi malah pundung dan nggak mau ambil pusing, jadinya balik ke kosan.
Beneran! Pulang. Balik ke Kosan. BOLOS.

Toh aku udah mengantongi surat ijin dan ditandai TIDAK KEMBALI, sooo aku bisa pulang dan tidur guling-guling di kosan.
Kapan lagi bisa tidur siang-siang di kosan selain hari libur?
Toh orang-orang kantor taunya aku pergi ke Bank, dan beberapa temenku taunya aku interview, padahal kenyataannya lagi guling-guling di kosan.

Great, right?!

Maap ya Bos.
Bolos sehari nggak apa-apa kan?
Toh fengsui saya menyebutkan kalo hari ini lebih baik di rumah dan jangan keluar aja, katanya.
#alibi




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...