semua pergi

22-Jul-15

Tahun ini ada dua temanku yang berencana pergi ke Jepang.
Yang satu teman kuliah, sebut saja namanya Fuji. Yang satu lagi, partner interpreter di tempat kerjaku, sebut saja Uul.

Dua orang ini bukan mau melancong apalagi ngamen [tapi nggak tau juga sih...kkkkk], katanya mau sekolah bahasa Jepang selama satu tahun.
Iya, mereka jauh-jauh ke Negeri Sakura supaya bisa belajar langsung bahasanya sekaligus mempelajari budaya di sana.

Sebetulnya, baik kemampuan Fuji ataupun Uul dalam berbahasa Jepang nggak bisa dipandang sebelah mata. Mereka udah cas cis cus, bisa menerjemahkan dengan baik, dan mau belajar hal baru. 

Tapi, mungkin mereka pengen lebih dan lebih bisa lagi berbahasa Jepang, dan mungkin rasanya nggak afdol kalo belajar bahasa Jepang nggak sekalian pergi ke negeri asalnya.
Semua pada pergi, apa aku juga ikutan pergi ya?

Awalnya, kupikir mereka berdua ini dapet beasiswa, tapi rupanya keberangkatan mereka ke Jepang pake uang sendiri. Uwiihhh, kebayang donk biaya hidup di Jepang itu mihiiilll. Mulai dari biaya makan, listrik, sewa apartement [beruntung kalo dikasih asrama], sampe biaya buang sampah pun nggak sedikit. Belum lagi biaya sekolah, tiket pesawat, dan biaya printilan lainnya [iya, iya, saya emang perhitungan orangnya].

Katanya lagi, mereka berdua dapat keringanan biaya dari lembaga atau sekolah yang bersangkutan. Misalnya, biaya yang seharusnya bisa nyampe 65juta-an, karena pihak lembaga/universitas di Indonesia bekerja sama dengan lembaga di Jepang sana, maka biaya pun bisa ditekan hingga cuma 30jutaan. Itu udah termasuk tiket pesawat dan biaya hidup.

Tapi, ada juga yang pakai sistem pertiga bulan. Jadi biaya sekitar 25 ~ 30jutaan itu buat biaya selama 3 bulan aja. Bulan keempat dan seterusnya, kita diwajibkan baito atau kerja sambilan untuk biaya hidup dan biaya sekolah.
Berminat?
Hmmm, kalo aku sih antara iya dan tidak.

Iya, karena memang impianku bisa tinggal di Jepang paling tidak setahun aja. Pengen menikmati semua musim yang ada di Jepang sana. Meski udah pernah ke Jepang, tapi kan cuma 10 hari, itupun on duty, mana sempet ngerasain kehidupan sehari-hari di Jepang, menikmati beragam festival, ngebolang ke setiap sudut kota dan desa, dan explore setiap tempat wisata di sana.

Kayaknya kalo beneran bisa tinggal setahun di Jepang, tiap ada hari libur pasti aku sempatin jelong-jelong kemanapun. Apalagi mengingat Jepang sangat ramah dengan wisatawan dan nggak bakalan nyasar karena petunjuk arah selalu tersedia. Belum lagi petugas-petugas pelayanan masyarakatnya yang ramah [nggak kayak di kita yang jutek dan pemalas]. Nggak ada lagi deh acara guling-guling sepanjang wiken di kamar sambil maraton DVD.

Tidak, karena mikirin biaya juga.

Bisa aja sih aku ngumpulin dari sekarang dan pergi tahun depan. Tapi, mikirin cicilan mobil, cicilan motor, bayar ini-itu, dan belum tentu selama di Jepang nanti, cicilan-cicilan dan biaya yang biasa dibayar tiap bulannya bisa kebayar juga. Meski ada di Jepang, tapi cicilan kan nggak bakal lunas begitu aja, tokh? [iya, iya, sekali lagi, saya ini emang perhitungan].

Dan lagi, musti keluar uang sekian puluh juta hanya untuk belajar bahasa selama setahun? Kenapa nggak cari beasiswa yang bisa biayain hingga tuntas tanpa keluar uang sepeser pun. Bahkan dikasih uang saku dan nggak perlu kerja sambilan.

Meski aku nggak pinter-pinter amat, tapi kalo ikhtiar kan siapa tau ada beasiswa yang nyangkut^^
Dan lagi, kalo uang tabunganku dipakai hingga nggak bersisa, khawatir kalo-kalo terjadi suatu hal, orang tua kenapa-kenapa [jangan sampai, Ya Allah], dan aku nggak punya tabungan, duhh ngebayanginnya aja udah males.

Tapi, ngeliat kedua temanku bakal berada di Jepang selama setaun, pengen juga sih. Agak ngiri juga ya.

Sejak dua tahun lalu, sebenernya aku udah mulai searching beberapa beasiswa ke Jepang. Ada beberapa yang nyantol dan udah mulai prepare ini-itu, sampe-sampe minta rekomen letter dan tanda tangan dekan ke kampus tempat kuliah dulu. Semua administrasi udah hampir lengkap. Niat udah pasti. 

Tapi entahlah ya, selalu berhenti di tengah jalan. Kebanyakan sih males ikutan prosedur dan birokasinya yang ribet, dan ada sedikit rasa minder juga. 

Duh, emang aku bisa ya dapetin beasiswa yang kalo diuangkan bakal bisa beli satu rumah ato mobil guede.
Duh, emang ada ya orang yang mau buang-buang duitnya buat biayain sekolah aku, yang sama sekali nggak dia kenal.
Dan Duh, Duh, Duh lainnya yang sering hinggap di kepala.

Tapi, ngeliat kedua temanku yang begitu semangat begini, rasanya motivasi itu kembali muncul.
Mungkin tahun ini coba lagi. Atau coba juga beasiswa Monbugakusho [Dept. Pendidikan Jepang] tahun depan yang bakal berangkat sekitar tahun 2017. Karena untuk keberangakatan tahun depan udah ditutup T.T

Sebetulnya, aku tuh pengennya hidup di Jepang itu adalah buat kerja, bukan sekolah. Kalo kerja kan pasti dapet duit, orang tua ditinggalin pun tak apa, cicilan masih bisa terbayar [teuteeuup!], dan aku juga bisa ngebolang dengan uang hasil kerjaku, sekalian nabung juga.

Kalo cuma sekolah dan part time, paling abis buat biaya hidup di sana. Kapan bisa senang-senangnya? Palingan berapa sih uang yang didapat dari part time. Bukannya matrealistis ya, tapi REALISTIS.
Jangan deh kita malah makin susah di negeri orang :)

Soooo, tahun ini mungkin aku targetkan dulu lulus N1 [Level tertinggi] buat Japanese Language Profiency Test dulu. Semoga bisa lulus dan dapet sertifikatnya. Amin.

Setelah lulus tahun ini, tahun depannya coba apply dan ngulik lagi beasiswa ke Jepang [ke negara lain juga boleh sih, kalo bisa ke UK atau Australia...hehe]. Dan semoga di tahun 2017 aku bisa dapet salah satu beasiswa itu dan CUS deh.

Amiiiin. Amiiiin. Ya Allah.

Semoga semua target dan plan tadi bisa terealisasikan dengan baik.
Amiiin lagi.




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...