poyok dilebok

10-Dec-15

Terkadang hubungan pertemanan itu lebih rumit daripada hubungan percintaan, baik beda jenis ataupun sesama jenis. Tapi berhubung saya belum pernah mengalami hubungan sesama jenis, ya nggak tau juga lah ya.

Ah, sudahlah...jadi merembet ke yang lain kan #toyor sendiri

Ada beberapa kelakukan seorang temen yang akhir-akhir bikin ketzel, tapi males ngomong sama orang lain. Karena pasti berujung jadi ngejelek-jelekin orang.
Karena saya pantang ngomongin kejelekan temen sendiri di depan orang lain, apalagi di depan orang bersangkutan #yaeyalaah, tapi bingung mau ngomong sama siapa, jadi ya curhat disini aja lah ya.
[padahal blog ini juga dibaca orang, jadi apa bedanya, Neng? *siul-siul pura-pura nggak denger*]

(1)
Teman : "Cuih lah! Gue najis banget sama si aki-aki tua bangka itu. Pokonya sampe kiamat juga gue nggak mau jalan ama aki-aki begitu. Kayak nggak ada cowok lain aja!"
Aku : "Ya nggak usah gitu juga kali. Biasa aja. Jangan benci-benci amat sama orang. Kualat hayoh."

Beberapa hari kemudian,
Teman : "Eh, eh, dia (si aki-aki tua bangka) itu kalo gue ajak jalan mau nggak ya? Ke Bandung gitu. Pasti asik deh."
Aku : "Bukannya kamu nggak suka sama dia?"
Teman : "Yaa, kalo cuma jalan-jalan aja kan gapapa kali. Lumayan pake mobil Accord dia. Dikasih coklat juga gapapa deh."
Aku : "Ooh, jadi sekarang harga diri kamu cuma seharga coklat? Lagian mobil Accord-nya juga mobil kantor."
Teman : "Kan cuma sekadar jalan...."
Aku : "Serah lu deh." *ngeloyor pergi*


(2)
Miss N : "Izumi, pengen curhat."
Aku : "Kenapa?"
Miss N : "Gini nih, akhir-akhir ini aku sebel...bla...bla....blaaa
Aku : *mendengarkan*
Teman : *tiba-tiba nimbrung* "Iya lho! Aku malah lebih parah! Tau nggak, aku tuh begini... begitu... begonooohhh... esndesway...endesbrey...." *dia terus cerita sampe berbusa*
Aku : *mulai kesel* "Woi! Ini si Mbak N dulu yang cerita, kenapa malah kamu potong? Dan lagi, malah kamu balik curhat, lebih panjang lagi curhatannya."
Teman : *diem*

Ketika seseorang curhat sama kita, mereka itu hanya ingin didengarkan. THAT'S IT!
Bukannya malah dinasehatin ini-itu atau bahkan dipotong sama curhatan kamu yang lebih banyak.
Orang mah udah banyak masalah, ini masih kudu dengerin masalah kamu?
Mending nelen baygon aja deh.


(3)
Temen : "Tau nggak, temenku si V itu maenannya Om-om, trus dia itu suka sirik banget sama orang, kalo orang beli apa dia pasti panasan pengen beli juga, dia itu irinya tinggi banget, lho! Dan terus.. teruuuss... teruuussss."
Aku : *dalam hati* [temen sendiri kamu jelek-jelekin di depan orang, trus kalo kamu lagi ngobrol sama orang lain, jangan-jangan gue juga diomongin gitu sama kamu....]


(4)
Temen : "Eh, si C jarang banget mandi. Dia itu pemalas, perhitungan banget kalo soal uang, pelitnyaaaa minta ampun!!!"
Aku : "Bukannya si C itu temen deket kamu?"
Temen : "Iya, kami deket banget. Makanya aku tahu dia kayak gimana, pokonya kalo sifat malesnya udah keluar, ampun deh!"
Aku : *dalam hati* [Kalo temen deket kamu aja diomongin gitu di depan aku, apa kabar aku dan temen lainnya? Sama-sama dijelek-jelekin juga kayaknya.]


(5)
Aku : "Tadi aku meeting, sebel banget deh orang-orang itu, pada nggak becus...."
Temen : "Eh, aku pernah lebih parah. Tapi aku kan orangnya cuek, bisa fake gitu mukanya. Jadinya bisa ngadepin mereka dengan santai. Kata bapaku juga, aku tuh orangnya gini, aku tuh orangnya gituuuu, aku tuuuhhhh...."
Aku : *dalam hati* [Elu mau gini, elu mau kayak gitu juga emang gue peduli?! Kalo orang ngomong itu dengerin dulu, bukannya dipotong dan malah balik curhat lebih banyak.]


(6)
Temen : "Aku sebel banget sama orang-orang yang duduk di depanku ini, ribuuuuut mulu. Dasar NENEK BEBEK! Gosip dan makan mulu kerjaannya. Bikin stress tauk!
Besoknya, dia check in di socmed lagi karaoke-an sama NENEK BEBEK, padahal kemaren ngehujat abis-abisan.
Denger dari temenku yang lain, katanya dia ditraktir sama rombongan nenek bebek itu, jadinya ngikut.
Aku maklum kok, susah emang nolak gratisan itu.

Tapi, yaa nggak segitunya juga kali. Gratisan sih gratisan, tapi harga diri juga penting, mbake.
Kalo di belakang ngehujat sampe segitunya, pas ditraktir karaoke langsung angguk-angguk, berarti harga diri situ cuma seharga karaoke gratis sejam-dua jam?
Capcuss deh!

Jadi inti dari cerita-cerita di atas adalah jangan jadi orang yang POYOK DILEBOK, yaitu di belakang ngomongin kejelekan dia dan ngejek sampe ke ubun-ubun, tapi di lain pihak malah berkhayal bisa jalan bareng dia bahkan dikasih hadiah.

Atau, ngejelekin temen sendiri di depan orang lain, tapi pas diajak main sama temen yang dia ejek, ya hayu-hayu aja.

Kalo emang nggak suka, ya jangan main atau jalan sama dia.
Kalo emang masih suka jalan atau maen, ya jangan ngejelek-jelekin dia depan orang.
Kalo kamu ngejelekin orang, tapi masih jalan sama dia, berarti kamu lebih JELEK dari orang tersebut.
*puyeng, puyeng dah!*

Kejelekan temen sendiri itu harusnya ditutupi saja, bukannya disebar ke orang lain.
Kejelekan temen sendiri itu harusnya cukup kita saja yang tahu, cukup sampai di telinga kita saja. Orang lain nggak usah tahu.

Kalau memang nggak suka, ya nggak usah segitunya ngejelekin orang lain, toh kita juga belum tentu bagus di mata orang lain.

Dan lagi, nggak semua orang pengen tahu semua tentang kamu lhooo. Situ seleb?
Jadi nggak usah deh nyeritain semua tentang kamu. Kalau mereka memang tertarik, pasti bakalan tanya tentang kamu. Soo, kalo nggak ditanya, nggak usah cerita semua hal tentang kamu yang mereka juga sebetulnya nggak mau tau.

Jangan sampe deh kita mengidap penyakit delusional seleb alias merasa kayak seleb yang mulai dari bangun tidur sampe melek, bahkan sampe lagi pup aja kudu di share dan seluruh dunia haaaruuuus tau.
Kita diberikan dua telinga dan satu mulut adalah agar kita bisa lebih banyak mendengar daripada bicara.
[kata seseorang, saya lupa namanya^^]




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...