Japan arrived!

writen at 25-Mar-16

(9-Mar-16)

Pesawat Japan Airlines (JAL) yang membawaku pagi itu menuju Jepang take off jam 06.45 pagi sesuai schedule. Nggak nyesel deh dari awal milih JAL, pesawatnya baguusss, lega, kursinya nyaman, pramugari-nya ramah, dan yang pasti makanannya enyaaak dan kenyang!

Plus yang paling nyaman adalah JAL nggak usah transit alias nonstop terbang langsung ke Jepang. Ini penting banget buat kami para pekerja kuli yang cutinya terbatas banget, karena waktu liburan harus bener-bener dimanfaatkan dan jangan sampe terbuang cuma buat transit^^

Selang 1 jam setelah take off, kita dikasih snack yang isinya makanan ringan, roti dan minuman.
Belom abis itu snack, langsung disuguhin hidangan utama yang isinya lengkap dan buanyaaak banget.
Karena pagi itu ada dua pilihan menu main course, yaitu pork dan chicken, aku tentunya pilih chicken donk! Ada nasi plus ayam, salad, mie soba, buah-buahan, roti (lagi) dengan pelengkap butter, selai, dan asinan ala Jepang.
Masih belum cukup dimanjakan, setelah main course, mba-mba pramugari bagi-bagi es krim ke seluruh penumpang. Yummy!

Badan remuk kecapean, perut kenyang, kursi yang nyaman, alhasil pules deh pagi itu.

Perjalanan menuju Narita Airport - Jepang masih 6 jam lagi, so sambil nonton video yang disuguhin, aku pun perlahan-lahan menuju alam mimpi.

30 menit sebelum landing, bapak pilot dan teteh pramugari mulai memberikan announce bahwa sebentar lagi kita akan tiba di Narita Airport. Aku pun langsung ngibrit ke toilet buat cuci muka dan rapih-rapih. Kalo pesawatnya nyaman, suka nggak kerasa emang meski perjalanan memakan waktu 8 jam. Bahkan kadang suka masih betah di dalam pesawat :)

Oiya, ada cerita lucu selama di pesawat.

Penumpang di sebelahku kebetulan orang Indonesia, karena nggak sengaja aku ngeliat passpornya. Seorang cewek, mungkin seumuranku, sama-sama pergi sendiri.

Karena selama penerbangan aku nggak ngomong sedikit pun, ditambah saat ngomong sama pramugari aku selalu pake bahasa Jepang, penumpang di sebelahku ngira aku bukan orang Indonesia dan nyapa pake bahasa Inggris.
Hihi, tenang aja mba, passport saya sama kok warnanya, masih warna hijau, belom ganti.

Tapi karena aku lagi males ngobrol dan basa-basi, maka aku biarkan aja si mba sebelahku mengira aku orang asing.
Hehe. Maap ya mba^^

Sesuai schedule, jam 16:00 pesawat landing dengan lancar dan selamat di Narita Airport.
Alhanmdulillah, sujud sukur.

Begitu menginjakkan kaki di Narita, berasa terbawa kembali ke kenangan 3 tahun lalu, saat di 2012 aku pertama kalinya menginjakkan kaki di Jepang.
Meski ini yang ketiga kalinya aku pergi ke Jepang, tapi rasa excited-nya masih nggak berubah seperti saat pertama kali.

Masih belum percaya aku bisa tiba di Jepang seorang diri....

Selesai claim bagasi, langsung ngibrit ke toilet dan rapih-rapih.
Karena tujuanku kali ini bukan Tokyo, melainkan daerah barat alias Osaka, aku pun langsung cari kereta Shinkansen menuju Osaka.

Beruntung deh waktu itu pake JR PASS, jadi nggak usah bayar lagi tiket Shinkansen yang muahaal itu.
Bagi yang bingung apa itu JR PASS, bisa tanya mbah gugel ato ngintip blog sebelah ya. Heuu. [dasar blogger nggak niat!]

Dari area gate airport, aku menuju loket penukaran JR PASS sekalian minta pencerahan gimana caranya pergi sampe Shin-Osaka Station.
Karena aku paling emoh pergi ke Tokyo Station yang crowded dan bikin puyenghai itu, aku minta ke petugas JR supaya dikasih alternatif station lain.

Alhamdulillah, hari itu nggak usah ke Tokyo Station, cukup sampe Shinagawa Station aja buat naik Shinkansen lalu cuss langsung sampe Shin-Osaka Station.

Jadi rutenya begini : dari Narita Airport --> naik Narita Express --> turun di Shinagawa Station --> naik lagi kereta Shinkansen (Hikari) --> turun langsung di Shin-Osaka Station.

Daaan, berkat JR PASS, nggak usah bayar dan beli tiket kereta lagi. Cukup nunjukkin JR PASS ke petugas loket, langsung ngesot menuju kereta tujuan deh.
Kebayang kalo kudu beli tiket ngeteng, bisa bangkrut deh ane!

Tiba di Shinagawa Station, aku nggak lupa menghubungi temanku yang bakal aku repotin selama di Jepang seminggu kedepan ini. Karena dari Shin-Osaka Station dia dengan senang hati bakal ngejemput.
Jam yang tertera di tiket menunjukkan aku akan tiba di Shin-Osaka sekitar jam 21:16. Itu artinya dari Narita hingga Shin-Osaka memakan waktu sekitar 4 jam 16 menit.

Jauuuh memang, udah kayak perjalanan dari Jakarta ke Thailand pake pesawat. Bahkan Bos-ku pernah menyarankan buat pake pesawat aja, karena hanya memakan waktu 1 jam.
Tapi karena aku bersikeras pengen nyobain yang namanya kereta Shinkasen alias kereta peluru yang cupeeeet banget itu, so aku pun tetep memilih Shinkansen.

Lagian, ane kan lagi liburan ini, waktu banyak, nggak ada kerjaan, jadi santey aja laah dan nikmati perjalanan.
Ternyata kehebatan dan kenyamanan Shinkansen memang bukan cuma rumor belaka. Terbukti selama di Shinkansen, aku bener-bener merasa nyaman.

Keretanya baguusss, bersih, adem dan semua penumpangnya bener-bener tertib dan nggak ada yang nyebelin.
Sudah jadi aturan di Jepang, kalo di tempat umum terutama di dalam transportasi publik, handphone harus dalam mode silent dan saat nelepon nggak ada yang tereak-tereak.
Nggak ada suara berisik krang-kring ato ringtone dangdut yang sengaja disetting keras-keras, suara notif sms ato e-mail pun dibuat silent, nggak ada orang bego yang nyetel musik keras-keras tanpa earphone, nggak ada yang ngobrol sambil ketawa ngakak nggak karuan.

Semua tertib, tenang, sopan dan berusaha untuk nggak merepotkan orang sekitar serta nggak egois dengan kepentingan sendiri.
Hebadh!

Bukan Jepang namanya kalo nggak tepat waktu.
Tepat jam 21:16 kereta Shinkansen tiba di Shin-Osaka. Gila! Sampe itungan menitnya pun tepat banget.
Kebayang kalo mau janjian di Jepang;

Aku : "Eh, besok janjian ke mall jam berapa?"
Teman : "Jam 10:22 aja ya."
Aku : "Jangan laahh, gue kudu jogging dulu kayaknya. Gimana kalo jam 10:42 aja."
GOKIL!

Kebayang kalo di Indonesia janjian ampe itungan menit kayak gitu :D

Setelah keluar dari kereta Shinkansen, aku langsung cari wi-fi gratisan buat menghubungi temanku yang mau jemput. Maklum, traveller ala ransel, jadi kalo bisa cari gratisan buat apa bayar sewa pocket wi-fi? Hohoo.
Setelah dapet wi-fi, aku segera menghubungi temanku yang ternyata udah menunggu dengan setianya di gate station.

Begitu melihat sosok yang nggak asing di sebrang sana, aku langsung menghampiri temanku dan pertemuan mengharukan itu pun tidak bisa dihindari [HALAH!]

Oiya, FYI aja, temenku ini dulunya temen satu kantor sesama interpreter, dan sekarang dia lagi sekolah bahasa Jepang. Karena anaknya baek banget, dia dengan senang hati mau menampungku selama seminggu, meluangkan waktunya buat jadi guide selama di Jepang, sengaja bolos sekolah dan kerja cuma demi nemenin aku, bahkan sampe rela ngejemput di station. Padahal dari Shin-Osaka station sampe apartement dia masih lumayan jauh lagi, sekitar 30 menit pake kereta.

Makasih ya, Uul.
*Peluk Uul*

Kalimat pertama yang dilontarkan temanku waktu kami bersua adalah : "Kamu nggak dingin pake jaket tipis begitu?"
Haha, iya sih. Osaka malam itu dingin menusuk, maklum masih awal Maret, baru peralihan dari winter ke spring, apalagi turun hujan. Mungkin sekitar 8~10 derajadh!!!!

Karena dari pagi cuma makan di pesawat, sebelum ke apartement temanku, kami mampir dulu untuk makan. Kebetulan tempat makan yang kita datengin kali ini adalah tempat teman-nya Uul part time. Jadi sekalian kenalan juga sama temannya yang ternyata namanya sama ama temanku : Nurul.
So, dua orang Nurul ini yang bakalan aku repotin selama seminggu ke depan.
Yoroshiku ne!

Setelah perut kenyang dan yang part time pun kebetulan udah mau pulang, kita bertiga langsung menuju apartement temanku, tepatnya di area Morinomiya - Osaka.

Sekitar jam 12 malam, kami akhirnya tiba di apartement.
Aku yang belom mandi dari kemaren, langsung menuju kamar mandi tanpa dikomando.
Akhirnyaaaa nemu aer buat mandi!

Sebelum bobo chantieq, aku ngebongkar koper dulu.
Kenapa? Karena sebetulnya isi koperku semuanya titipan Uul!
Isinya? Sekotak guedeeee rendang, sambel kering, tempe kering, bumbu masakan, bawang goreng, dan beberapa bungkus permen Yupi!

Gile ini anak-anak perantauan, nggak bisa idup tanpa rendang kayaknya :D
Barang-barangku sendiri sebetulnya cukup dalam satu ransel, soo sekarang koperku KOSONG melompong dan siap diisi oleh-oleh.
Hoho!

Baiklah, karena badan udah remuk, dan futon alias selimut Jepang yang terpampang di depan mata nampaknya anget dan empuk, tanpa ba bi bu aku pun langsung loncat menuju futon dan siap bermimpi indah.
Gud nite dan kita ketemu lagi besok dengan setumpuk rencana perjalanan yang pastinya bakalan FUN!




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...