salary dan beban kerja yang tidak seimbang

13-Apr-16

Jadi ceritanya sejak dua bulan lalu kantor kita kedatangan sekertaris baru (kita sebut saja dia Mawar), cewek, usia 34-an, orang Jepang tapi nikah sama orang Indonesia dan menetap disini.

Meski tittle-nya sekertaris untuk Presdir, tapi dari segi jobdesk HARUSNYA dia ngehandle interpreter/translate, keperluan para expatriat Jepang tidak hanya Presdir, tapi semua orang Jepang mulai dari tiket pesawat, kartu kredit, booking hotel, golf sampai pritilan-pritilan lainnya.

Sebelum si Mawar ini datang, posisi sekertaris mengalami kekosongan selama kurang lebih 2 bulan dan mau tidak mau aku yang harus handle semua kerjaannya. Kerja dua kali lipat, dengan salary tetap dan fasilitas begitu-begitu aja. Yah, anggaplah loyalitas dan tetap bersyukur dengan apa yang didapat karena di luar sana masih banyak orang yang lebih kekurangan dari kita #uhuk.

Kembali ke si Mawar, setelah dia datang akhirnya aku bisa bernapas lega karena bebanku berkurang dan aku bisa kembali ke kerjaanku semula yaitu interpreter murni tanpa harus ngurus ecek-ecek lainnya. Karena jujur aja, 4.5 tahun berkutat jadi sekertaris sekaligus interpreter di tempat kerja dulu membuat aku KAPOK kalo kudu jadi babu lagi.

Bernapas lega dan kembali ke hari-hari damai seperti sedia kala.

HARUSNYA.

Tapi, kenyataanya justru neraka yang ada di depan mata.

Si Mawar ini dengan songong-nya nggak mau ngurus pritilan-pritilan kayak kartu kredit atau golf para bos. Semua dia lempar begitu aja ke staff HRD lain dan aku tentunya, yang udah pusing sama urusan kerjaan mereka sendiri [sabar ya Mba Yati, aku tau dirimu udah pusing soal asuransi dan apartement, sekarang ditambah lagi urusan golf].

Ditambah lagi, ketika ada departemen lain minta bantuin translate dokumen, dia nolak dengan seribu alasan. Sibuk ngerjain tugas dari Presdir lah, sibuk ngurusin ini lah, endeswey endesbrey.
Meskipun pada akhirnya kerjaan translate itu dia kerjakan juga, tapi yaowloohhhh satu bulan baru selesai! itupun harus ditagih tiap hari, karena kalo nggak gitu, pasti nggak bakalan dikerjakan, dengan alasan seperti di atas : SIBUK.

Bahkan, ketika aku minta bantuan supaya ngerjain terjemahan dokumen sama-sama, karena saat itu aku ada terjemahan dokumen lain, dia dengan wajah seolah-olah nggak percaya, malah berbalik nanya : "Memangnya kamu lagi ngerjain terjemahan apa? Dokumennya kayak gimana? Siapa yang instruksi?"
#sumpel pake sapu lidi

Helloooo, Mba sekertaris yang terhormat!

Dari awal, job desk kamu itu udah ditentuin yaitu sekertaris dan interpreter, itu artinya kamu juga harus ngerjain terjemahan dokumen.
Terjemahan 9 lembar aja baru kelar satu bulan? Itu nerjemahin apa bikin penelitian laboratorium?
Kamu pikir aku nggak ada kerjaan sampe nanya-nanya aku lagi ngerjain apa? Sampe nggak mau diminta bantuan begitu?

SIBUK? Yaelaaahhh, semua yang kerja itu pasti sibuk, kakakksss! Kalo nggak sibuk mah saya juga udah pulang dari tadi.

Lagian ente pikir ane kagak tau apa kerjaan sekertaris? Ane 4.5 taun jadi sekertaris, plus 2 bulan kerja rodi gantiin sekertaris lama, ane tau sekertaris itu kerjanya cuma beli kopi, kacang almond buat oleh-oleh, sama booking hotel dan tiket. Kayak gitu ente bilang SIBUK? Yang begitu mah cleaning service juga bisa ngerjain kaleee.

Dengan kerjaan ringan begitu, kamu digaji setara dengan 4-5 orang interpreter selevel staff atau fresh graduate, ditambah fasilitas mobil+driver, dikasih hape baru+pulsa telepon dibayarin, padahal manager bukan, jabatan kagak punya, cuma level staff doank masih mau berlagak songong?

Bukan mau membandingkan atau nggak bersyukur, tapi aku sebagai supervisor aja nggak sampe dapet salary segitu.
Driver+mobil? tiap hari ngeteng pake honda beat, Jendral!
Pulsa dibayarin? Kagaaaakk, tiap bulan pulsa bengkak buat nelpon bos-bos Jepang dan eksternal dengan berbagai macam keperluan. Mending kalo bos-nya lagi di Indo, kalo lagi di luar negeri? Kelar deh idup gue.

Jadi, sekali lagi saya tegaskan buat mba sekertaris, kalo anda merasa beban kerja anda terlalu berat dan kerjaan buaaanyak, yaa sebanding lah dengan salary dan fasilitas yang kamu terima.
Salary setara 4-5 orang staff, jadi kalo kerjaan 4-5 orang kamu kerjain sendiri, ya wajarlah!

Baiklah, mungkin kalo cuma tereak-tereak dan gondok dalam hati, nggak akan menyelesaikan masalah. Jadi mulai saat ini, aku akan ambil tindakan sendiri.

Pertama, ketika meeting dan si Presdir hadir disitu, kalo Presdir ngomong aku akan diem dan nggak akan nerjemahin sepatah katapun. Biarin aja si sekertaris yang nerjemahin sampe berbusa. Kamu kan ngakunya pinter bahasa Indonesia, yaa silakan terjemahin tuh semua kata-kata Presdir ke bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta sesuai dengan EYD.

Kedua, karena sekarang Bos-ku adalah Director Quality, Produksi dan Engineering, jadi kalo ada meeting atau terjemahan di luar itu, mohon maaf saya menolak, bukan atas keinginan sendiri tapi si Bos yang nyuruh. Semua kerjaan di luar itu bakal aku laporkan ke Bos-ku supaya dia "mendamprat" orang-orang yang semena-mena nyuruh-nyuruh, termasuk si sekertaris itu sendiri.

FYI, Bos baruku sekarang alhamdulillah baek banget dan pengertian. Dia tau kalo aku udah ketar-ketir dengan kerjaan yang sekarang, jadi kalo ada orang yang semena-mene nyuruh-nyuruh di luar konteksku, bakal dia damprat langsung *sun tangan sama Bos*

Ketiga, karena Mba sekertaris sering dengan songongnya menolak buat bantuin support nerjemahin, sebagai gantinya saya juga tidak mau tahu dengan kerjaan anda dan segala hormat akan menolak jika anda minta tolong.

Secara profesional saya akan bekerja dan support sesuai dengan konteks kerjaan saya, tapi mohon maaf di luar itu saya tidak peduli. Saya bukan orang baik hati tanpa cela dan dosa, jadi terkadang setan-setan dalam kepala saya pun ingin ikut meramaikan dunia persilatan #apasih!

Keempat, karena aku lama-lama semakin tertekan dengan lingkungan dan sistem management disini, apalagi dengan balancing salary yang sangat timpang tanpa diimbangi beban kerja yang sepadan, mungkin aku nggak bakal lama-lama bekerja disini.

Saat ini aku sedang menunggu hasil interview salah satu perusahaan Jepang dan jika berhasil aku akan pergi ke Jepang untuk bekerja disana.
Aku pun lagi nunggu hasil beasiswa ke Jepang.
Semoga ada salah satu yang berhasil. Amiiin.

Kalo keduanya gagal? Yaa, usaha lagi. Dan berdoa terus tentunya. It's so simple :)

Intinya sih, aku tidak mau terus berkutat dalam lingkungan dan sistem management yang amburadul seperti ini.
Kalo ngadepin orang-orang nyebelin dan brengsek sih, tahan-tahan aja. Toh, di tempat kerja manapun pasti bakalan ada orang-orang kayak gitu. Tapi, kalo udah bicara lingkungan dan sistem management, mending I'm sorry goodbye aja ya.

Paling lama mungkin sampai akhir tahun aku bakal bertahan di sini.

Well, aku percaya Allah selalu punya rencana baik untukku.

Aku tidak akan meminta agar diberikan tantangan dan hambatan yang ringan, tapi aku akan meminta agar diberikan kekuatan untuk menghadapi semua tantangan dan hambatan itu, baik ringan atau berat sekalipun.
Aku percaya Allah selalu ada disisiku.
:)




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...