journey has started!

17-Mar-16

[8-Mar-16]

Sore itu hujan gerimis mengguyur area sekitar kantor, dan aku masih disibukkan dengan beberapa kerjaan yang entah kenapa nggak selesai-selesai. Aku yang biasanya santai dan mengerjakan kerjaan dengan kalem, kini mulai dilanda panik.

Pasalnya, malam itu aku harus ke bandara dan selama seminggu ke depan nggak bakalan ada di kantor. Otomatis, semua kerjaan harus beres hari itu juga!

Entah kenapa kalo lagi diburu-buru kayak gini, adaaaaa aja yang bikin urat keluar semua di pelipis. Network error-lah, e-mail ngadat-lah, telepon kagak nyambung-lah, kerjaan baru datang bertubi-tubi-lah, masalah dadakan di kantor-lah, dan komputer ngehang pas mau pulang.
KELAR IDUP GUE.

Untungnya, sekitar jam 19:00 semua kerjaan bisa diatasi dan komputer yang ngadat aku paksa shutdown. Haha. *dipelototin staff IT*

Hujan gerimis masih mengguyur malam itu.

Aku dan seorang temen kantor yang berbaik hati mobilnya mau ditebengin buat nganter ke bandara, langsung cuss pulang.
Karena masih agak "siang", kami pun mampir dulu ke sebuah restoran Jepang di sekitaran Bekasi buat makan malam, sekaligus ngerumpi alias talk girl.

Setelah puas ngegosip dan menyantap hidangan Jepang yang bikin keblenger perut karena saking banyaknya, sekitar pukul 22:30 kami melanjutkan perjalanan.
Karena udah kemaleman dan aku pun nggak enak sama temenku, akhirnya aku minta dianter sampe Bekasi aja dan turun di sekitaran tempat mangkal bencong taksi. Dari situ perjalanan menuju bandara Soekarno-Hatta dilanjutkan dengan taksi seorang diri (berdua ama supir taksi, sih....)
Jalanan Jakarta malam itu cukup langgeng, padahal besok libur nasional tapi tidak tampak kemacetan yang cukup berarti.

Karena agak horror pergi pake taksi sendirian di tengah malam, aku yang udah cape banget malam itu menahan sekuat tenaga supaya nggak tidur di taksi. Biarlah, ntar di bandara aja tidurnya.
Sekitar pukul 00:00 aku tiba di bandara.
Sepi.

Sebetulnya pesawat yang akan membawaku ke Jepang take off jam 06:00 pagi, yang artinya kudu check in sekitar jam 04:00 subuh.
Tadinya aku mau pergi jam 02:00 pagi dari kosan pake Airport Bus supaya nyampe di bandara tepat jam 04:00 (dan lagi airport bus paling pagi adanya cuma jam 2). Tapi, namanya Indonesia yang ngaret dan unpredictable, daripada gambling dan ujung-ujungnya panik gegara waktu mepet, belum lagi kemungkinan terburuk ketinggalan pesawat, jadinya aku mending pergi tengah malam dan nunggu waktu check in di bandara.

Setelah check passport, tiket dan barang bawaan, aku pun masuk ke bandara.
Masih sepi.

Karena sekitar bandara nggak ada tempat layak buat istirahat apalagi rebahan, aku pun menyeret koperku menuju mushola.
Beruntung, di mushola nggak ada orang.
Setelah lempar koper, nggak lupa cuci muka dan gosok gigi (untung toiletnya sebelahan sama mushola), lalu nyari posisi paling nyaman, buntelin jaket buat jadi bantal, selimutan pake mukena, dan detik selanjutnya aku udah di alam mimpi.

Bersyukur banget aku bukan tipe yang rewel kalo tidur. Kalo mata udah lima watt dan badan remuk akibat kecapean dari siang, tidur dimanapun jadi.
Memang nggak senyenyak tidur di kamar (yaa namanya juga tidur di mushola bandara), aku terjaga beberapa kali ketika mendengar ada orang lewat, ngobrol, ato cuma sekadar ganti posisi karena pegel badan.
Tapi masih mending daripada kudu tidur di kursi keras dan dingin di luar sana.

Sekitar pukul 04:00 aku terbangun karena ada yang nyalain lampu.
Langsung ngibrit ke toilet, ambil air wudhu dan sholat tahajud sambil nunggu waktu subuh.
Semoga perjalanan pagi ini lancar sampai tiba di Jepang dan selalu diberi keselamatan juga kemudahan hingga nanti kembali lagi ke Indonesia, doaku pagi itu.

Kelar sholat subuh, koper kuseret dan ransel kugendong sambil jalan menuju tempat check in.
Jam menunjukkan sekitar pukul 04:30 pagi, yang artinya loket check in sudah buka.
Sekitar bandara pun udah mulai ramai dibandingkan tengah malam tadi. Ada petugas bandara yang wara-wiri, mba-mba pramugari yang sibuk dendong di toilet buat prepare penerbangan pagi, dan beberapa security yang mengecek sekitar bandara.

Setelah check in, aku langsung menuju area imigrasi.

Untungnya muka kucel baru bangun tidur dan badan bau asem gegara belom mandi dari sore kemaren nggak ada di black list pengecekan imigrasi. Kalo ada, udah deh kagak bakalan lolos^^

Imigrasi lolos, koper kuseret kembali menuju gate tujuan seperti yang tercantum di tiket.
Sebelum menuju gate, nggak lupa mampir dulu ke starbak buat nyeruput seteguk cafe latte anget. Untungnya semalem beli onigiri dua biji di lawson, jadi lengkaplah sarapan hari itu.

Karena pagi itu starbak agak penuh dan entah kenapa suhunya puanaass banget, aku pun mengurungkan niatku sarapan disitu dan beringsut menuju ruang tunggu sekitar gate yang lebih sepi dan adem.

Sambil menunggu boarding time, onigiri dan caffe latte ukuran jumbo bener-bener jadi temenku pagi itu. Nggak lupa nelpon mamake dan bapake buat ngabarin kalo aku sebentar lagi terbang dan minta doa mereka supaya selalu diberi kelancaran dan kemudahan.
Amin :)

30 menit sebelum boarding time, aku menyudahi sarapan dan ngesot menuju gate.
Setelah check ransel (karena koper sengaja aku masukin bagasi biar nggak rempong), check tiket, selanjutnya aku langsung ngibrit ke toilet. Buat apalagi kalo bukan buat dendong dan pake lensa^^

Meski belom mandi, tapi teuteup kudu seger donk.
Sapa tau aja nanti di pesawat duduk sebelahan ama cowo ketjeh, kan nggak banget kalo wajah kucel dan dekil :P

Selang beberapa menit, petugas Japan Airlines mengumumkan kalo sudah waktunya boarding time.
Karena penerbangan yang kupakai kebetulan penerbangan Jepang, pagi itu hampir 70% penumpang adalah orang Jepang. Ada yang bawa keluarga, ada yang sendiri aja, ada juga beberapa orang asing selain Jepang dan tentunya orang Indonesia termasuk ane.

Saat memasuki pesawat, saat itu pulalah perjalananku dimulai.
Jouney has started!

Perjalanan terjauh pertama seorang diri, perjalanan impian yang kurencanakan sendiri dari tiga bulan lalu, dari mulai berburu tiket, bikin itinerary, perpare pritilan ini-itu dan menabung tentunya, hari ini semua itu terwujud!
Meski banyak rasa khawatir dan was-was karena pergi seorang diri ke negara orang, tapi rasa excited yang meluap-luap mengalahkan semua itu.

Semoga perjalanan ini selalu diberikan kelancaran dan keselamatan.