ubah pola makan

23-Aug-15

Beberapa minggu lalu, di kantor sempet booming sama yang namanya Diet Mayo. Ya pastilah sebagian besar udah tahu apa sih itu Diet Mayo.

Yang pasti bukan diet nggak makan mayonaise [dan aku awalnya sempet menyangka kalo diet mayo itu maksudnya diet mayonaise *iyaiya, silakan ketawa*].

Beberapa temenku udah berikrar kalo bakalan ikutan diet mayo. Dari mulai browsing menu makan selama 13 hari, nyempet-nyempetin waktu buat belenjong sayuran dan bahan makanan yang diperlukan buat diet mayo dan cari-cari info lainnya seputaran diet mayo.

Sebenarnya, kita nggak terlalu bermasalah dengan berat badan, masih masuk dalam kategori ideal sih, cuman kurang tinggi badan aja #haha. Soalnya tinggi badan kayak termos es ini emang udah MUTLAK dan nggak bisa diubah lagi.

Tapi yaa namanya cewek ya, girls! Pastinya banyak nggak puasnya. Bagian ini masih berlemak lah, bagian ini kurang kenceng lah, kalo pake baju gini kurang pede-lah, dan segudang keluhan lain yang mungkin kaum adam sendiri kagak peduli^^

Aku juga waktu itu bermaksud ngikut kedua temenku itu, tapi berhubung saat itu lagi bayar utang puasa ramadhan dan sekalian puasa syawal, akupun mengurungkan niatku. Ntar aja kalo puasaku udah tamat, baru mulai ikut mayo-mayo-an.

Alhasil, hari pertama Eva beneran bawa bekal ke kantor yang isinya sesuai dengan instruksi diet mayo, yaitu kentang rebus, sayur bayam rebus, telor rebus, tanpa garam dan bumbu penyedap lainnya. Sedangkan Nurul baru bisa mulai dengan menambah porsi buah-buahan, karena ngerasa belom sanggup kalo kudu merubah drastis pola makannya.

Hari pertama, SUKSES.

Tapi besoknya, temanku mendeklarasikan kalo dia udah nggak sanggup! Dia berhenti bawa bekal makanan dan balik lagi ke makanan catering kantor yang penuh lemak, berminyak, sayuran seadanya, dengan garam dan bumbu lainnya yang berlimpah.

Sedangkan Nurul, tetep makan buah, tapi tetep juga makan catering, makan nasi padang sampe nambah tempe goreng 3 potong, dan nyolong sisa kerupuk di kantin [Ul, insap, ul!].

Akhirnya diet hanyalah tinggal kenangan.

Seperti sebuah pepatah yang selalu kita dengar : Diet selalu dimulai esok hari.Ya dietnya besok-besok lagi aja.
Aku yang udah namatin bayar utang puasa, tadinya mau ikutan nyoba si mayo-mayo itu.

Tapi, begitu ngeliat menu selama 13 hari yang ribet, tanpa dikomando aku langsung mundur teratur.

Bukannya nggak sanggup makan dengan menu diet mayo, aku yang paling nggak suka ribet itu maleeess banget ketika membayangkan kalo tiap hari kudu belenjong ke supermarket beli bahan makanan. Apalagi tiap hari kudu ganti menu pake ayam 100gr-lah, besoknya ganti daging sapi sekian gram-lah, belom lagi menu sayurannya.

Ujung-ujungnya, aku mengambil sebuah kesimpulan : kenapa kudu susah-susah diet mayo, toh tinggal ubah aja pola hidup kita jadi lebih sehat dari pola hidup sehari-hari.
Yang artinya, kita tinggal memperbanyak makan rebusan [sayur], buah-buahan, kurangi goreng-gorengan, gula, garam, micin, MSG dan tentunya perbanyak olahraga.

So, mulai Senin minggu lalu, semua cemilan dan kue lebaran disingkirkan, snack kentang nggak pernah disentuh lagi, martabak telor di depan kosan nggak dilirik lagi #duh, ngiler!, dan semua beralih ke sayuran dan buah-buahan.

Karena cukup menyiapkan menu sayuran dan buah-buahan, aku pun tinggal belanja ke tukang sayur dua hari sekali dan tentunya bisa makan sayuran kesukaanku! Nggak usah maksa makan sayur yang nggak aku suka seperti di menu diet mayo.

Tiap pagi masak rebusan sayur dan telur buat dibawa ke kantor, pulangnya pun tinggal ngerebus sayuran dan telur, dan sambil nunggu makanan masak aku bisa sambil olahraga.

Cukup olahraga di kamar kosan via video olahraga donlotan selama 25 menit sehari, nggak perlu mahal-mahal nge-gym, beli sepatu lari yang mihiiill itu, dan tentunya nggak perlu keluar selangkah pun dari kamar :)

Semua aktivitas itu baru dilakukan selama 7 hari ini, dan alhamudlillah aku bisa konsisten tanpa bolong satu hari pun #tepoktangan.

Meski cuma makanan sayuran sederhana dan olahraga di dalam kamar, tapi kalo niat dan konsisten, aku yakin pasti hasilnya pun baik.

Dan, inilah menu makan selama beberapa hari ini :

*Makan pagi :



[Bunga kol, labu siam mini, timun, wortel, telur rebus, ayam kukus + saos, tanpa garam]



*Makan malam :


[Labu siam mini, wortel, timun, jamur kukus mentega, telur rebus, ayam kukus, tanpa garam]


Makan siang biasanya beli puding, jajan batagor [porsi kecil] atau apapun yang dipinginin sebagai reward, dengan porsi tidak berlebihan tentunya. 
Karena menu di atas adalah menu saat libur, jadinya bisa bikin macem-macem.

Kalo lagi hari-hari kerja, biasanya sarapan cukup dengan kopi [gula tropikana slim] + pisang dan sedikit kue kering. Siang dan malamnya baru menu di atas.

Mungkin dari segi berat badan belum keliatan, toh aku juga nggak begitu keukeuh pengen turun banyak. Tapi at least, karena mengurangi minyak dan nasi putih, plus olahraga tiap hari, secara alami badan jadi kerasa lebih ringan, pikiran lebih segar, dan tidur pun lebih nyenyak karena malemnya nggak makan terlalu berat dan perut lebih rileks.

Well, kalo nanti berat badan bisa berkurang, anggap aja itu bonus. Toh, dengan perubahan pola hidup yang lebih baik, kesehatan jadi prioritas utama :)

Semoga tetap konsisten hingga akhir tahun nanti.




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...