audit

1-Aug-15

Mulai hari ini di kantor kedatangan auditor dari Jepang. Audit kali ini temanya QCD atau Quality, Cost and Delivery.

Audit identik sama meeting seharian, dikurung di ruangan meeting ampe lumutan, penjelasan berbelit-belit, kepala berasap dengen istilah-istilah dari luar angkasa, dan segudang kebosanan lainnya.

Apalagi aku yang bertugas menterjemahkan, otomatis kudu ngomong seharian sampe berbusa. Mending kalo auditnya lancar, kalo auditor dan auditee-nya bentrok dan nggak mau kalah? Ya udah, mending loncat aja dari atap deh ya.

Pokonya, begitu denger kata AUDIT, bawaannya pengen kabur aja deh.

Sehari sebelum para auditor itu datang, tersebar gosip kalo kali ini yang datang masih muda-muda alias masih fresh dan segeerr [emang ikan!]. Auditor yang biasanya punya imej udah bapa-bapa ubanan, garing, kaku dan nggak bisa diajak bercanda, kali ini mungkin ada sedikit harapan karena yang dateng usianya masih di bawah 30-an.

Hari audit pun tiba.

Ketika aku sama temen-temen kantor lainnya lagi senam pagi sebelum kerja di area parkir depan gedung kantor, datanglah sebuah mobil sedan dan berhenti tepat di depan lobi kantor. Kebetulan waktu itu posisi kita juga nggak jauh dari lobi, jadinya bisa ngeliat siapa gerangan yang baru datang.

Dua orang cowok keluar dari mobil. Yang satu berperawakan sedang dengan tinggi sekitar 177cm, badan langsing, rambut hitam lurus. Yang satunya lagi tinggi banget, mungkin lebih dari 180cm, rambut sedikit coklat dan agak ikal. Meskipun wajahnya nggak terlihat jelas karena mereka buru-buru masuk, tapi dari perawakannya temen-temenku langsung mengambil kesimpulan : Auditornya GANTENG. Haha.

Jam 8 tepat, Bosku manggil karena bakal ada opening meeting dari para auditor QCD.

Setelah semua member mulai dari staff sampai manager yang bakal ikutan audit sudah berkumpul di ruang meeting, para auditor pun masuk.

Awalnya aku pikir temen kantorku terlalu berlebihan waktu bilang auditor kali ini cakep. Palingan juga cuma cowok Jepang biasa yang beruntung punya badan tinggi. Jadinya aku pun nggak berharap banyak.
Begitu mereka masuk dan duduk tepat di depanku, eh....ternyata bereneran ganteng!! #tampar muka sendiri.
Yang badannya tinggi banget wajahnya nggak kayak orang Jepang kebanyakan, agak-agak bule dikit gitu. Apalagi rambutnya agak-agak coklat, gayanya yang cool dan kalem, makin bikin cewe-cewe klepek-klepek kalo ngeliat dia.

Yang satu lagi, mirip RAFFI AHMAD. Haha. Bayangin aja Raffi Ahmad versi Jepang dengan kulit lebih putih bersih dan mata agak sipit. Meski nggak setinggi temennya, dia juga sedap dimakan dipandang kok :D
Bosku meminta supaya dua auditor ganteng ini memperkenalkan diri, karena mereka baru pertama kali ke Indonesia.

Si tinggi namanya Matsushita Tsuyoshi, yang mirip Raffi Ahmad namanya Nakano Shuhei. Keduanya adalah member dari bagian Material Control dan Production Control yang ditugaskan selama dua minggu ke depan buat audit.

Saat perkenalan selesai,
Bos : [nunjuk salah seorang staff cewek] "Kenapa dari tadi ngeliatin mereka terus? Mentang-mentang ganteng ya?! Jadi diliatin terus.
Staff cewek : *sewot* "Nggak laah! Saya kan duduknya berhadap-hadapan, ya masa mau nunduk terus, otomatis hadapnya ke mereka dan ngeliat ke mereka."

Dan seisi ruang meeting pun ngakak. Apalagi bapa Bos ngeledek pake bahasa Indonesia yang pas-pasan dan patah-patah *poco-poco kali, ah...patah-patah*

Sedangkan dua auditor itu cuma bengong karena nggak ngerti^^

Jam 9 pagi, audit pun dimulai. Karena nggak mungkin aku megang dua auditor sekaligus, apalagi pembahasan mereka beda-beda, maka temenku Nurul ikut gabung buat bantuin nerjemahin. 

Hari pertama kebanyakan diisi dengan perkenalan dan penjelasan awal. Untungnya dulu udah pernah ikutan audit yang hampir mirip, jadi nggak terlalu keblenger dan udah lumayan paham.
Selain diisi dengan perkenalan audit, hari pertama pun diisi dengan merhatiin para auditor muda sekaligus menganalisa karakter mereka. Teuteeuup yaaa, di sela-sela hectic-nya audit masih aja sempet ngeceng. Haha. Gapapa lah, lumayan buat penyegar saat suntuk sama audit.

Auditor yang jangkung banget ini namanya susah banget aku ucapin. Matsushita.....Masutita...Macucita...aaargghhh lidah ampe keriting. Akhirnya, aku sepakat selain di depan orangnya, aku panggil aja dia MAMAT #dikeplak

Si Mamat ini kayaknya nyadar abis kalo dia itu ganteng, jadinya keliatan dia rada-rada songong, jaim, sok cool, dan nggak mau keliatan jelek. Ditambah lagi, omongannya itu ceplas-ceplos banget, Jleb tingkat khayangan, dan sukaaaa banget nge-bully orang. Klop deh! Klop banget buat dihajar rame-rame.

Auditor yang satu lagi alias si Raffi Ahmad [kita panggil aja begitu, ya sodara-sodara!] kebalikan dari si Mamat. Dia kalem, lebih dewasa, murah senyum, dan rendah hati. Dia juga baeek banget. Ketika aku nggak ngerti karena banyak istilah audit yang belibet, dengan sabarnya dia ngejelasin sampe aku ngerti. Kalo kita udah bingung, dia cuma senyum atau terkadang ketawa. Maniiiis banget. Haha.

Sayangnya, si Raffi Ahmad ini orangnya panikan dan kadang nggak sabaran. Misalnya, pas aku lagi ngomong sama staff lokal, ada beberapa hal yang pengen disampaikan si Raffi Ahmad ini, jadinya dia dengan terburu-buru motong pembicaraan dan pengen buru-buru menyampaikan pendapatnya. Dia juga tipe yang nggak bisa duduk tenang ketika ada hal yang belum beres.

Yah, pokonya itu kesan pertamaku melihat si Mamat dan Raffi Ahmad. 

Mungkin besok, atau seterusnya bisa aja berubah :)

Auditnya gimana? Ya, audit sih sama aja kayak audit kebanyakan. Haha.
Tapi audit kali ini jadi lebih berwarna karena kedatangan mereka dan betah lama-lama di ruang meeting. Hoho.





No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...