sarapan

2-Sep-14

"Sarapan itu penting. Ibarat mobil, kalau tidak diisi bensin dia tidak akan bisa melaju. Begitu juga ketika anda berangkat kerja, kalau tidak sarapan dulu, maka tidak akan bisa konsentrasi dan bekerja dengan baik."

Itu sebagian isi pidato si Bos kemarin saat general briefing awal bulan di pagi hari dengan seluruh karyawan perusahaan. Karena si Bos ngomong pake bahasa Naruto, otomatis aku yang translate nyampein ke seluruh karyawan. Jadinya, berasa aku sendiri yang ngomong dan menyampaikan isi pidato itu di hadapan semua karyawan.

Ya ya ya, aku tahu. 
Sarapan penting. 
Sebagai modal awal untuk mengawali pagi hari. Tanpa sarapan, badan loyo, lemes, nggak konsen bahkan bisa pusing atau pingsan. Itu bagi sebagian orang yang biasa sarapan, lalu suatu waktu tidak sarapan. Jadinya badan kaget dan pusing deh #analisis sok tahu versi gue.

Tapi, bagi yang sehari-harinya nggak sarapan, nampaknya fine-fine aja tuh. Nggak kerasa pusing, mual, lapar bahkan pingsan. Kalo soal konsen atau nggak saat kerja, menurutku itu tergantung sih ya.

Tergantung hari ini niat kerja atau nggak. Hoahahahaha. #dipelototin Bos

Kalo dari pagi memang nggak niat kerja, yaa sampe bel pulang juga pasti pikiran tuh nggak bakalan fokus. Tapi kalo memang niat, mau seberat apapun meski belum sarapan, teuteup hajar aja! #analisis sok tahu lagi

Semenjak tahun lalu ikutan OCD [sekarang udah nggak, karena berat badan mulai stabil], aku yang dulunya terbiasa sarapan, kini jadi SAMA SEKALI nggak biasa sarapan.

Ketika mendengar [lebih tepatnya mengucapkan kembali] kata-kata si Bos dalam pidatonya kemarin itu, agak-agak sepet gitu ini pipi. Berasa dielus-elus pake parutan keju. Pasalnya, aku yang bilang kalo sarapan itu penting lah, buat menambah kinerja lah, jangan skip sarapan cuma demi turun berat badan lah, endeswey endesbrey. Tapi kenyataannya, justru aku sendiri yang paling ogah sarapan.

Selama ini, aku nggak pernah sarapan ketika mau pergi ngantor. Cukup air putih satu botol [600ml] di pagi hari, dan bisa bertahan sampai istirahat siang. Bahkan kalo lagi males makan, bisa bablas sampe pulang kerja [efek kebiasaan OCD juga sih...]. Dan selama ini, nggak pernah tuh ada kejadian tepar, pusing, dan gejala lainnya. Kalo soal konsen kerja, balik lagi ke atas ya :D

Baiklah.
Susahnya punya Bos kepo tingkat dewa adalah dia pasti bakalan tanya-tanya ke aku sebelum nanya ke karyawan lainnya. Jaga-jaga kalau-kalau dia tanya apakah aku suka sarapan atau nggak, maka pagi ini aku pun mulai nyoba sarapan. Pengennya sih sarapan yang nggak terlalu berat, semacam buah segar, oatmeal atau omelete. Berhubung nggak ada stok buah, oatmeal juga belom beli dan males kalo kudu keringetan masak omelete padahal udah dandan cuanthieq ginih #ahelaahh, jadinya aku pun nyari sarapan instant di warung sekitar kosan.

Cuma nemu penjual gorengan [rasanya enak sih dan masih anget], dan kebetulan ada pisang goreng kesukaanku. Jadi, pagi ini pun aku memboyong tempe goreng, bala-bala dan pisang goreng buat sarapan. Tadinya sih pengen sarapan roti plus cappucino aja, tapi itu pisgor udah dadah-dadah melulu....nggak tega jadinya #alibi

Sambil memandangi mahluk-mahluk indah ciptaan Tuhan di tipi dengan musik yang semangat untuk memulai pagi hari [baca: Arashi], aku pun melahap habis semua sarapanku.
Enak.
dan KENYANG BANGEDH.
Perut langsung kembung, keringetan [udah dandan chuantieq pun luntur lagi], badan berasa BERAT. Pokonya 10 menit setelah sarapan, NGGAK ENAK banget rasanya.

Ketika nyampe kantor, tiba-tiba MULES. Dan lebih parah lagi, kudu ditahan karena bel keburu bunyi plus harus briefing pagi.

Briefing selesai, langsung ngacir deh ke toilet dan nongkrong dengan tenangnya [untung toiletnya kosong].Beres dari toilet pun, perut dan badan masih berat. Bahkan hingga beberapa jam kemudian, perut masih kerasa kenyang banget. Dan pengen ke toilet lagi!Kayaknya sampe istirahat siang nanti, perutku bakalan masih penuh dan kenyang. Jadi skip lunch dan mending bobo aja.

Padahal cuma sarapan beberapa biji gorengan. Tapi ya owloohh kembungnya itu loohhh, berat badan pun berasa naik berkilo-kilo #lebay.
Tiap pagi yang biasanya cuma diisi air putih, kini harus memikul beban banyak, mungkin badanku kaget dan jadinya nggak enak.

Apalah itu sarapan penting, sarapan untuk kesehatan, sarapan supaya badan nggak lemes dan semangat kerja. MEH banget deh ah. Buatku, sarapan justru bikin nggak konsen karena perut kembung dan bulak-balik ke toilet. Mau jalan pun rasanya berat dan kenyang banget. Cukuplah air putih satu botol di pagi hari, justru bikin badan ringan, kerja enak, lebih semangat dan nggak usah bulak-balik ke toilet.

Jadi, bagi yang memang biasa sarapan, silakan sarapan seperti biasa. Karena kalau tiba-tiba di sekip, bisa lemes dan badan pun jadi kaget. Tapi, kalo seperti diriku yang malah rempong gara-gara sarapan, sebaiknya nggak usah maksain deh. Kalo beneran lapar aja, baru sarapan, kalo memang nggak cukup air putih yang murah meriah sajah :D




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...