[Travelling] : Jogjakarta (Day 2)

18-Apr-15

Bunyi alarm hape yang di setting pukul 02.00 pagi rupanya tidak mampu membangunkan salah satu bolang yang pules tidur dan sibuk mimpiin MatsuJun, gegara kemarin malam abis jadi biker dadakan membelah Gunung Kidul Jogjakarta.

Yang pasang alarm sapa, yang bangunnya malah sapa.

Padahal alarm hape itu dipasang pake lagu paling berisik, tapi aku tetep pules sambil ngorok dan bikin pulo di bantal.

Malahan Mbak Oeng yang bangun dan langsung ngibrit ke kamar mandi setelah tak lupa matiin alarm hapeku.
Setelah alarm kedua yang di setting pukul 03.00 berbunyi, aku pun terbangun dan mendapati Oeng masih di kamar mandi.

Seperti yang sudah direncanakan, pagi buta ini kita berencana untuk melihat sunrise di Punthuk Setumbu, trus ke Borobudur lalu lanjut ke Prambanan.

Pukul 04.00 tepat, pintu kamar penginapan diketuk oleh mas-mas dari tour yang datang menjemput kita.
Waooww, on time bingitss nih si Mas.

Setelah ngunci pintu kamar, dua bolang yang masih setengah sadar dari tidurnya ini pun mengekor mas-mas yang ngejemput menuju mini bus untuk bergabung dengan peserta tour lainnya.
Rupanya, tour agent yang kita ikutin ini levelnya internasional, bok!

Selain aku sama Oeng dan dua peserta lokal lainnya, sisanya buleee semuaaa.
Dan sepanjang perjalanan tour ini, aku berasa lagi dengerin ujian listening bahasa Inggris pas UAN jaman SMA dulu, soalnya bule depan dan belakang pada cas-cis-cus ngomong pake English^^
Ada satu bule cowok yang duduk di sebelah Oeng, kerjaannya cerita dan pameeeer mulu sama bule-bule cewek di belakangnya yang nampaknya baru kenalan.

Dia bilang udah ke sini lah, udah ke negara ini lah, mengunjungi tempat wisata ini lah, endeswey, endesbrey.
Ya ya yaaa, mas bule yang lumayan ganteng ini boleh aja lah pamer, toh dia udah banyak keliling negara-negara.
Da apa atuh aku mah, ngetrip aja baru ke Pulau Tunda sama ke Jogja, eh tambah ke Kota Tua Jakarta juga         -_____-
Pernah ke Jepang juga on duty, pernah ke Palembang juga on mudik Lebaran, bukan sengaja ngetrip. Haha.

Sekitar pukul 05.00, kita tiba di Punthuk Setumbu untuk melihat sunrise yang terkenal itu.
Dari tempat parkir, kita harus naik ke atas melalui jalan setapak kira-kira 10 menit, dan nggak lupa bayar tiket masuk sebesar 20ribu untuk local dan 30ribu untuk turis asing.

Pagi yang dingin menggigil berubah jadi panas keringetan setelah mendaki menuju puncak untuk melihat sunrise.
Di atas sana, udah banyak orang baik itu turis lokal dan turis asing, mulai dari Jepang, Korea, Malaysia dan bule-bule dari banyak negara.

Ketika sunrise Punthuk Setumbu menunjukkan keindahannya, ada yang sibuk selfie sambil langsung pamer ke socmed [termasuk saya...hahaa], ada yang cukup mengagumi dengan melihatnya sambil menerawang dan bergalo-ria, ada juga beberapa bule yang mengabadikannya dengan menggambar sketsa.



[cape ngos-ngosan sehabis manjat pun langsung ilang begitu disuguhi pemandangan ini....]



Karena mas-mas dari tour ngasih waktu untuk menikmati Punthuk Setumbu hanya sampai jam 06.00, maka kita pun kembali lagi ke bawah untuk melanjutkan perjalanan menuju spot wisata selanjutnya.
Setelah semua peserta tour masuk ke mini bus, perjalanan pun dilanjutkan ke Borobudur.

Hanya selang beberapa menit, mini bus yang kita tumpangi memasuki area Borobudur. Setelah penjelasan singkat mengenai waktu kumpul siang nanti dan pemberian kupon breakfast dari mas-mas tour, seluruh peserta berpencar dan menuju tempat tujuannya masing-masing.

Aku dan Oeng langsung menuju Borobudur tanpa membuang waktu, tentunya setelah ke toilet dulu.
Di tengah jalan, kita kenalan dengan salah satu turis yang satu negara dengan Upin Ipin alias Malaysia, dan kebetulan satu tour juga. Orangnya baik, ramah dan lumayan kocak juga^^
Dia bilang kalo mau coba beli tiket lokal dengan pura-pura jadi orang Indonesia supaya dapet harga murah. Iya sih ya, kalo dari wajah memang nggak keliatan dia orang Malaysia, asal nggak ngomong dan ketauan logat melayu-nya pasti bisa lolos^^

Satu yang aku sayangkan dari tempat wisata ini [Borobudur dan Candi lainnya] adalah diskriminasi yang nggak tanggung-tanggung dalam hal harga tiket. Harga tiket terusan turis lokal untuk Borobudur dan Prambanan sekitar 45ribu, tapi you know berapa yang mereka patok buat turis asing?
Dua ratus enam belas ribu rupiah!!! [kalo nggak salah sekitar segituan]
Gileeee, hampir lima kali lipat lebih mahal.
Nggak salah tuh?!!

Aku ngerti sih kalo pariwisata kita pengen dapet untung dari kunjungan turis asing, tapi yaa nggak segitunya juga kali.
Itu mah namanya pemerasan dan perampokan.

Udah untung loh turis asing mau jauh-jauh datang ke Negara kita, mereka juga kudu beli tiket pesawat dan bayar visa, dsb, eeehhh begitu nyampe di tempat wisata masih harus ngerogoh kocek lebih dalam.
Walaupun banyak orang Indonesia nyangka kalo bule-bule itu HORANG KAYAH, tapi kalo diskriminasinya keterlaluan gitu, bisa-bisa mereka males dateng lagi ke Indonesia.

Waktu ke Jepang aja, beda harga tiket antara turis lokal dan asing paling gede dua kali lipat tuh.
Mending kalo uang tiket itu ngalir ke tempat yang seharusnya, kalo nggak?!
Baiklah, nampaknya arah pembicaraan kita mulai keluar jalur. Haha.
Kembali ke acara wisata Borobudur, setelah beli tiket masuk, aku dan Oeng langsung ngibrit menuju Candi Borobudur.

Apalagi setelah ngeliat penampakan candi dari kejauhan, langsung semangat dan ngibritnya makin cepet.
Rasa kantuk gegara bangun pagi buta langsung ilang dan berubah jadi power buat manjat candi hingga ke puncaknya.

Sampai ke puncak, yaaa apalagi selain selfie dan sibuk pamer di socmed. Haha.
Saat kita ke sana, lagi banyak anak sekolah yang study tour, jadinya lokasi Borobudur pun penuh sama brenyit-brenyit. Tapi untungnya, anak sekolah ini sopan-sopan dan nggak rusuh, jadinya ya asik-asik aja tuh :)



[Pemandangan dari puncak Borobudur, awannya ketjeeee banget!!!]


Setelah puas keliling, poto-poto dan menikmati pemandangan dari atas, plus hampir mendekati waktu kumpul, kita pun kembali ke tempat ngumpul tour tadi.
Dalam perjalanan pulang, kita ngelewatin banyak toko souvenir khas Borobudur, mulai dari kaos, hiasan, sandal, sepatu, sampe gantungan kunci.

Entah kenapa, hari itu rasanya lagi nggak mood belenjong, jadinya cuman kepincut sama tas seharga dua puluh rebu, dan setelahnya langsung menuju pintu keluar.

Oiya, karena tadi belum sempet sarapan gegara udah nggak sabar pengen cepet-cepet liat Borobudur, jadinya sebelum ngumpul kita sarapan dulu.
Sayangnya, kupon breakfast Oeng ilang atau mungkin lupa nyimpen, jadinya dia kudu bayar sendiri buat sarapan.

Sarapan pagi itu adalah soto khas Jogja, plus aku minta tambahan gudeg.
Udah dua hari di Jogja dan belum makan gudeg sedikit pun itu, rasanya kurang apdol deh.
Gudeg yang dibandrol cuma lima rebu perak itu uenaaak dan buanyaaak bingittss. Beneran mureee ya kalo jajan-jajan di Jogja itu :)

Sekitar pukul 09.00 pagi, semua peserta tour sudah berkumpul kembali dan perjalanan pun dilanjutkan yaitu menuju Candi Prambanan.

Dari Borobudur menuju Prambanan akan memakan waktu sekitar 1 jam, sooo kita bisa istirahat dulu selama perjalanan untuk ngisi tenaga buat menjelajah di Prambanan nanti.
Hari sudah cukup terik saat kita tiba di Prambanan.

Begitu keluar dari mini bus, langsung disambut oleh para ojek payung. Untungnya di tas selalu sedia payung baik itu cuaca cerah ato hujan, jadinya kita nggak perlu sewa^^
Karena hanya dikasih waktu satu jam buat keliling Prambanan, tanpa membuang waktu aku dan Oeng pun langsung beli tiket masuk dan menuju area Candi.
Untungnya, di Prambanan ini nggak perlu manjat-manjat kayak di Borobudur tadi, jadi lebih bersahabat dengan kaki.

Tapi puanasnyaaaa naujubilah lah.



[Perjalanan masih jauuuh, kakakssss.]


Bukan bolang sejati namanya kalo kalah cuma karena panas terik.
Dengan berbekal payung cantik berenda-renda, sunglass dan tongsis, ajang selfie pun langsung jalan begitu pemandangan Candi Prambanan ada di depan mata.

Area Prambanan ini bukan cuma ketje di bagian depannya aja, tapi pemandangan di bagian belakang pun cuantiiiikk mameeenn.
Langit biru cerah dan bersih, dengan hamparan batu-batuan kuno, membuat jadi makin cakep dan spot yang pas buat poto-poto.



[Blue skaaaiiiiiiii!!!!]



Pukul dua belas tepat, kita pun ngumpul lagi dengan peserta tour.
Karena Prambanan ini adalah spot terakhir, maka perjalanan tour hari ini pun berakhir dan markipul alias mari kita pulaaaang.

Sebetulnya, bus tour bakal mengantar kita hingga ke depan penginapan.
Tapi dasar dua bocah ini nggak mau diem, kita malah minta diturunin di sekitar Pasar Bringharjo saat perjalanan pulang nanti. Untungnya mas-mas tour baik hati banget dan bersedia nganter sampe perempatan yang paling deket dengan Pasar Bringharjo.

Tujuan kita ke Pasar Bringharjo adalah karena selama dua hari ini kita belum sempet sedikitpun beli oleh-oleh. Dan karena banyak yang bilang kalo Pasar Bringharjo ini muree mureee, dua bolang yang bakal langsung kalap kalo ngeliat diskonan dan harga murah ini pun nggak melewatkan kesempatan untuk belenjong di Bringharjo.
Sayangnya, karena kereta yang akan mengantar kita kembali ke Bandung berangkat pukul 18.58, sedangkan saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 15.00, acara belenjong sore itu pun jadi agak terburu-buru sambil hah heh hoh ngos-ngosan.

Setelah memboyong beberapa karung makanan dan camilan khas Jogja, such as bakpia, brem, yangko, lanting, dsb plus beli beberapa potong kaos buat sendiri dan buat oleh-oleh, kita pun langsung cap cus pulang kembali ke penginapan, setelah makan siang dulu di foodcourt Bringharjo tentunya, dan lagi-lagi aku mesen gudeg Jogja. Enyaaak sih :D

Oiya, karena belanjaan yang lumayan banyak dan ribet juga pake kantong plastik, aku dan Oeng akhirnya memutuskan untuk beli tas yang agak gede.
Beruntung di situ ada Ibu-ibu yang menjajakan tas seharga 20ribu, dan kita borong deh dua biji.

Tepat pukul 16.00, kita tiba di penginapan.
Setelah mandi, packing beresin belanjaan dan bawaan untuk pulang, lalu check out, dua bocah ini pun langsung ngibrit ke Stasiun Lempuyangan dengan taksi yang udah dibuking sebelumnya.
Ketika tiba di Stasiun Lempuyangan, masih ada banyak waktu hingga kereta yang akan membawa kami kembali ke Bandung tiba. Tapi, belajar dari keberangkatan kemaren yang terbirit-birit, kita lebih milih datang terlalu awal daripada telat, toh? TOH!

Sekitar pukul 18.00, pintu masuk ke peron sudah dibuka dan kita bisa nunggu kereta di sekitar peron.
Tidak berapa lama, kereta Kahuripan yang akan membawa kita kembali ke Bandung dan mengakhiri petualangan di Jogja ini pun datang.

Setelah dapet tempat duduk sesuai nomer tiket, memposisikan pantat senyaman mungkin, dan baca doa sebelum pergi, kereta pun siap melaju selama delapan jam hingga nanti tiba di Stasiun Kiaracondong - Bandung esok paginya.

Sekitar pukul 04.35 pagi, Alhamudillah kita tiba di Stasiun Kiaracondong - Bandung dengan selamat.
Setelah istirahat sejenak di stasiun, kedua bocah ini pun melanjutkan perjalanannya masing-masing. Aku ke rumah di Bandung, dan Oeng kembali ke habitatnya di Karawang.

Meski hanya perjalanan pendek selama dua hari, tapi liburan kali ini rasanya puanjaaaaang banget. Banyak petualangan mulai dari hampir ketinggalan kereta, jalan-jalan bingung di pagi buta di Jogja, menjelajah Gunung Kidul sampai hujan-hujanan, membuktikan indah dan megahnya Borobudur, dan desak-desakan di Pasar Bringharjo.

Walaupun ketika SMP dulu aku udah pernah ke Jogja, tapi trip ke Jogja kali ini bener-bener beda!!!
Berdua ngebolang itu memang selalu ada keunikan dan adventure tersendiri.

Setelah sebelumnya ke Pulau Tunda di Jawa Barat, lalu kali ini ke Jogjakarta, semoga nanti [mudah-mudahan dalam waktu dekat] bisa menjelajah tempat yang lebih jauh lagi. Lombok? Kalimantan? Sulawesi? Why not? :D


PS : untuk foto lainnya bisa dilihat di sini :D





No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...