harus sekasar itukah?

9-Jul-15

Salah satu partner interpreter di kantorku, sebut aja namanya Nurul [bukan nama samaran #eh] atau biasanya dipanggil Uul, rencananya mau resign. Alasannya adalah karena dia mau melanjutkan sekolah bahasa di Jepang selama setahun mulai September nanti.

Nurul ini orangnya supel dan tipe yang nggak terlalu mikirin kalo dia dapet masalah ato dimarah-marahin Bos.
Kebetulan, Bos Jepang dia, sebut saja Hideki [bukan nama samaran juga #eh] adalah tipikal langka dan berbeda dari kebanyakan orang Jepang pada umumnya. Orang Jepang yang biasanya amat sangat menjaga norma dan adat istiadat, Hideki ini tipe yang ceplas ceplos, nggak pernah nyaring omongan dan tindakan, dan kalo udah ngamuk pasti semua cacian dan makian keluar, plus bonus gebrak meja ato tendang kursi kalo hari itu kamu lagi sial dan kurang berdoa.

Naah, dengan karakter Nurul yang sebodo amat dan Hideki yang gampang naik darah, sebetulnya mereka itu klop banget. Ketika Hideki ngamuk, Nurul sebodo amat dan cuma gemetz-gemetz doank [nggak tau juga kalo dilacinya nyiapin baygon ato bom molotov buat dilempar ke meja Hideki di sebelahnya sewaktu-waktu].
Masalahnya disini adalah Nurul bakal resign sebentar lagi yang otomatis Hideki bakal kehilangan partner, personal assistant, interpreter sekaligus sasaran empuk ketika dia lagi naik pitam.

Awalnya Nurul ragu buat ngomong ke Hideki soal rencana dia pergi ke Jepang ini. Dia lagi nyari timing yang pas, supaya Hideki nggak ngamuk saat mendengar Nurul bakal ngacir meninggalkan dia sebatang kara di peraduan #halah.

Tapi, rupanya best timing itu tidak datang juga. Semakin hari masalah di kantor semakin bermunculan yang otomatis bikin Hideki makin panas sepanas air buat nyeduh popmie.

Suatu sore, aku lagi ngobrol dengan Bos Engineering Jepang, sebut saja namanya Mayumi, soal rekruitment interpreter baru, karena interpreter yang sekarang nggak becus, jadi dia minta diganti. Kebetulan saat itu Hideki juga ada di ruangan yang sama, jadi otomatis pembicaraan kita berdua pun terdengar olehnya.

Waktu itu, sebetulnya aku cuma mau ngajuin kandidat untuk satu orang pengganti, tapi malah keceplosan bilang bahwa kita sekarang lagi butuh dua interpreter pengganti. Spontan Hideki dan Mayumi nanya, kenapa butuhnya dua. Aku yang udah kepalang tanggung ngomong dan nggak bisa bohong, akhirnya mau nggak mau cerita.
Aku bilang deh kalo sebenernya Nurul mau resign dan pergi ke Jepang.

Sebetulnya, Nurul pernah ngomong ke Hideki, tapi waktu itu dia cuma issue dan belom fix [padahal kenyataannya udah daftar sekolah]. Waktu masih wacana aja Hideki ngamuk nggak karuan, apalagi ketika dia denger dariku kalo rencana Nurul resign udah FIX, bahkan udah beli tiket pesawat, yang tentunya udah nggak bisa dibatalin lagi.

Naik pitam, Hideki pun langsung ngamuk saat itu juga. 

Lembaran kertas CV dan lamaran kandidat interpreter yang tadi kubawa, langsung dia lempar di depan mukaku. Lapie yang ada di meja pun dia dorong sekuat tenaga [nggak sampe jatoh sih, tapi sedikit bergeser]. Nggak lupa juga kata-kata kasar dan makian meluncur dengan cantiknya dari mulut Hideki.

Aku sih udah memprediksi Hideki bakal ngamuk kayak gitu.
Jadi teuteup stay cool. 

Meski saat itu pengen rasanya nusuk-nusuk boneka voodoo yang udah aku tulisin nama Hideki.

Belum cukup ngamuk di depanku dan Mayumi [kebetulan lagi di ruangan itu pun ada Manager Engineering dan staff engineering], Hideki nyuruh supaya manggil Nurul sekarang juga.
Dengan berat hati, akupun manggil Nurul.

Setelah yang dipanggil masuk ruangan, Hideki yang ngamuk pun semakin menjadi-jadi.
Aku dan Nurul cuma bisa diem. Karena kami tahu, tipikal orang kayak Hideki ini mending jangan dilawan apalagi ngebales kata-katanya, bisa-bisa makin ngamuk.

Setelah puas ngambek ke Nurul, Hideki tiba-tiba ngungkit-ngungkit aku yang nggak becus mimpin tim. Sebagai Supervisor, dia bilang aku nggak bisa ngatur team dengan baik, nggak bisa mimpin dengan baik, nggak bisa handle ketika terjadi kekurangan partner bekerja, bla bla bla, guk guk guk, meong meong meong, ngooook.

Oke!
Mungkin aku memang belum bisa jadi leader yang baik.
Mungkin aku masih hijau dalam hal leadership.
Mungkin aku memang nggak becus mengontrol team-ku sendiri.
Aku terima kalo dia bilang begitu.
Aku terima dengan senang hati dan lapang dada kalo yang bilang gitu adalah seorang leader dan Bos yang amat sangat dihormati dan memiliki leadership yang baik.
Tapi, ngaca dulu deh woii!

Emang situ udah yakin bisa handle team situ sendiri dengan baik?

Walopun posisi Hideki disini sebagai Director Quality, tapi coba liat kenyataannya. Anak buah nggak ada satupun yang respect sama dia. Tiap hari adaaaa aja manager yang ngadu dan berkeluh kesah soal kasarnya Hideki-lah, soal nggak tau adat Hideki-lah, apalagi soal leadership-nya yang KACAU!

Jangankan anak buahnya, bahkan staff Jepang yang lain pun nggak ada yang respect sama dia. Bahkan Presdir sekalipun lagi mikirin gimana caranya mulangin orang nggak tau sopan santun itu ke Jepang. Karena dia ada di Indonesia pun malah bikin malu perusahaan dengan sikap kampungannya itu.

So, sebelum ngatain aku kayak gitu, ngaca dulu donk Jendral!

Maap maap aja deh, nasihat dan wejangan anda jangankan masuk kuping kanan, baru nyampe daun telinga aja udah mental.

Jangan dulu ngatain orang, sebelum kamu sendiri becus ngurus team dan anak buahmu.
Aku nggak peduli dimarahin atau dicerca sebagaimana parahnya. Tapi saat itu aku nggak terima kalo harus dikata-katai oleh orang yang bahkan nggak mendapat respect dari presdir dan bawahannya sendiri.
Detik itu juga, ilang deh semua rasa respectku dari orang yang bernama Hideki ini.
Detik itu juga, aku nggak peduli dia mau ngomong apa, nggak bakalan aku dengerin.
Meski aku tetep profesional ketika melakukan tugasku sebagai interpreter, tapi aku nggak bakalan respect sama dia.

Titik.

Bahkan, ketika nanti dia minta supaya aku gantiin Nurul sebagai interpreter sementara menunggu penggantinya, aku bakal nolak dengan tegas.
Sori dori wori ya cyiiin.
Cari aja yang lain, saya tak sudi bekerja sama dengan anda.
Lo gue end!
Oke! Fine!

Sekian dan terima kasih.




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...