Japan 2015 : Kumagaya

4-Dec-15

Awal November lalu, ada tugas negara lagi ke Jepang.

Kali ini dalam rangka TC Circle World Convention dari perusahaan.
Kalau di postingan sebelumnya acara TC Circle hanya untuk Asia-Pasific dan Europe yang diadakan di Thailand, kelanjutannya adalah TC Circle World di Jepang.

Singkatnya, di perusahaanku ada ajang pencarian bakat lomba Kaizen (improvement) yang mengharuskan tiap department mengirim wakilnya untuk presentasi mengenai improvement yang mereka lakukan selama setahun. Lalu mereka dilombakan dan juara 1 sampai 3 mendapat kesempatan buat diadu (ayam kaliii) lagi dengan cabang perusahaan dari negara lain.

Juara 2 dan 3 berkesempatan ikut di Asia-Pasific & Europe yang diadakan di Thailand.
Sedangkan juara 1 bisa jelong-jelong ikut berkompetisi di World Level yang diadakan di Jepang.
Kesimpulannya adalah : Japan aku datang lagiiiii!!!! *buka champagne*
Mari travelliiiiiing!!!!! *dikeplak Bos*

Pesawat All Nippon Airways yang membawa kami menuju Jepang akan take off pukul 21:45. Karena nggak lucu kalo semua gagal pergi ke Jepang gegara telat nyampe bandara, kita pun pergi sekitar jam 14:30.
Oiya, kali ini aku pergi bersama dua partner kerjaku yang masih unyu-unyu dan kiyut-kiyut. Haha.
Mereka adalah Juara 1 TC Circle Indonesia dari Trim Cover Production, Yogi dan Budi yang nama panjangnya adalah Ini Bapak Budi *dijambak*.

Sekitar jam 17:00 kami sudah tiba di Bandara Soetta, dan KEPAGIAN!

Loket ANA untuk check in aja belom dibuka, ketiga bolang ini udah stenbay dengan manisnya di ruang tunggu.
Sekitar 1 jam kemudian, loket check in sudah dibuka, tapi rupanya ada sedikit trouble. Pesawat ANA yang akan kita tumpangi kemungkinan besar bakalan delay sekitar 1 jam, plus pesawat ANA yang harusnya kemarin berangkat pun delay 24 jam!

Jadinya, loket yang harusnya menerima kita check in, kudu ditunda dulu buat mendahulukan para penumpang yang kemaren kena delay.

Selain dengan kedua partner kerjaku, kami juga pergi bareng seorang Director Jepang sebut saja namanya si Ebred, karena aku OGAH nyebutin nama orang Jepang sarap ini.
Si Ebred ini nggak kebanyakan orang Jepang lainnya yang biasa sopan, good manner, dan enak diajak becanda.
Dia udah kayak preman pasar, ngomong kasar (nggak ngeliat cewe atau cowo), suka nendang-nendang dan ngamuk tidak pada tempatnya.

Naahh, karena loket ANA saat itu mengalami antrian puanjaaaang dan sialnya dia salah antre (malah antre di loket yang delay 24 jam kemaren), tanpa punya malu si Ebred ini ngamuk di tengah-tengah orang banyak.
Bahkan dia memaki-maki petugas loket yang udah berusaha ramah dan sabar (maaf ya mbak, mas penjaga loket, anggap aja orang depan kalian ini orang gila, jangan dimasukin ke hati ya).

Aku dan dua partnerku cuma bisa pura-pura nggak kenal dan cengengesan sambil minta maaf sama petugas ANA yang ada disitu.
Kalo jendela pesawat bisa dibuka, udah gue lempar aja kayaknya si Ebred ini dah.

Nyampe Jepang aja belom, udah nemu masalah kayak gini.
Apa kabar nanti ane di Jepang selama seminggu bareng terus sama orang sarap ini? #siapin Baygon

Setelah delay 1 jam, akhirnya pesawat ANA pun siap take off.
Ternyata bukan rahasia lagi kalo ANA masuk 10 besar TOP Flight sedunia. Pesawatnya baguuuuus dan nyaman banget! Entertainment-nya komplit, makananannya enyaak, dan yang paling penting pelayanannya ramah. 8 jam di dalam pesawat nggak kerasa dengan segala kemewahan dari ANA yang kita dapet. Bahkan ketika udah nyampe Haneda, malah sempet berpikir, "Lha, udah nyampe? Padahal masih pengen di pesawat." *diseret pramugari*

Sekitar jam 9 pagi waktu Jepang, alhamdulillah kami tiba di Haneda International Airport dengan selamat. Meski hujan gerimis membasahi sekitar Haneda dan udara yang dinginnya menusuk, ketiga bolang teuteup melangkah tegap meneruskan langkahnya, sambil nggak lupa poto-poto dulu di bandara. Haha.

Setelah dimarahin dulu di imigrasi sama di Ebred gegara lupa nulis form bea cukai, kami pun bisa masuk lolos imigrasi.
Padahal salah dia sendiri yang beli rokok di Duty Free, tapi malah kita yang dimaki-maki sama si Ebred.
Baru hari kedua udah dua kali dimaki-maki sama Jepang sarap itu, mungkin besok dan seterusnya kudu beli penutup telinga biar kebal sama makian orang gila itu.

Karena monorail yang akan membawa kita menuju Kota Saitama masih berangkat beberapa puluh menit lagi, kami pun duduk-duduk istirahat di sekitar bandara. Begitu tiba di Jepang, hal pertama yang mau aku lakukan adalah pergi ke toilet dan mengagumi canggihnya toilet di sana. Hihi.

Setelah puas nongkrong di toilet yang kayak game center, aku pun ikut gabung dengan dua partnerku di pojokan bandara. Sambil nunggu si Ebred yang lagi ngerokok, kami pun tidak lupa melakukan ritual rutin : SELFIE.
Ketika lagi asik-asiknya selfie, tiba-tiba ada dua orang Jepang, cowok setengah baya - mungkin sekitar 30-an, pake jas dan dasi rapiiih, dan GANTENG! #teuteup

Mereka berdua menghampiri kami dan langsung memperlihatkan bagde police.
WAOOWWW!!! Police detective toh! Wiiwww, kayak di dorama-dorama Jepang aja.
Mungkin karena mereka ngeliat wajah kami yang belangsak kecapean dan nampak seperti turis asing, duo police ganteng itu menghampiri sambil berbicara dengan bahasa Inggris.

Kedua partnerku gemetaran dan kaget tiba-tiba didatengin polisi, dan aku kelojotan ngeliat duo polisi ganteng di depan mata yang biasanya cuma bisa dilihat di dorama #dikeplak

Daripada belibet pake English, akhirnya aku pun bilang pada mereka kalo bisa pake bahasa Jepang.
Nampak wajah-wajah lega terlihat dari duo polisi itu. Mungkin mereka juga belibet pake English ya^^
Bapak polisi ganteng itu menjelaskan kalau akhir-akhir ini sering terjadi kriminalitas dan para wisatawan asing yang paling banyak diincar. Untuk berjaga-jaga, mereka ngasih secarik kertas yang isinya no telepon darurat supaya kalau ada apa-apa bisa langsung lapor.

Hooooo, tak kirain apaaaa. Ternyata mereka cuma menghimbau supaya kita lebih hati-hati.
Siaaappppp, pak polisi! Dengan senang hati saya akan menghubungi anda.
Kalo bisa, sekalian LINE ID-nya juga dooonkkk *langsung ditembak mati*
Setelah pertemuan dengan duo polisi ganteng, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Saitama menggunakan monorail.

Karena monorail ini nggak bisa langsung menuju Saitama, kami transit dulu di Tokyo Station, yang wiiiiiihhhh RAME banget! Manusia hilir mudik udah kayak semut saking banyak dan sibuknya. Tapi yang bikin salut, mereka tetep tertib dan bersih. Seburu-buru apapun, nggak ada tuh yang seludak-seluduk pengen naek lift duluan, atau sikut sana-sini supaya bisa masuk kereta duluan.
Semua tertib dan rapih. HEBADH! *tepoktangan*

Dari Tokyo Station menuju Saitama, kami meluncur menggunakan Shinkansen alias kereta peluru yang wusshhh cepet banget.
Akhirnya, kesampaian juga naik Shinkansen :)

Sekitar 1 jam perjalanan, ketiga bolang dan si Ebred tiba di Saitama, tepatnya di Kumagaya.
Keluar dari Kumagaya Station menuju hotel cuma 5 langkah alias deket banget!

Begitu check in, ketiga bolang yang udah tepar langsung menuju kamar dan lempar koper.
Begitu mau istirohat, rupanya si Ebred ngajak belenjong di mall dekat hotel.
Karena dua temenku pengen beli oleh-oleh, aku pun mau nggak mau ngikut.
Sayangnya, acara belanja yang harusnya fun dan menghibur itu, malah jadi petaka dan neraka yang nggak bakalan terlupakan seumur hidup.

Si Ebred sarap itu lagi-lagi ngamuk gegara kita salah tempat janjian.
Sebelum masuk salah satu toko, si Ebred bilang kalo dia mau ke suatu tempat dan ngewanti-wanti kalo ntar janjian lagi di bawah eskalator.

Catet ya! DI BAWAH ESKALATOR.

Dia nggak bilang eskalator lantai berapa, pokonya di bawah eskalator.
Karena dia cuma bilang gitu, otomatis image-ku adalah nunggu satu lantai di bawah eskalator yang ditunjukknya.
Setelah selesai belanja, kami bertiga pun nunggu di tempat janjian. Sekitar 20 menit nunggu, si Ebred tiba-tiba muncul dan ngamuk karena dia nungguin kita di lantai satu cengo seorang diri selama puluhan menit.
Lhaaa, bukannya tadi dia bilang di bawah eskalator? Mana ane tau kalo eskalatornya di lantai satu.
Kita kan cuma ikut instruksi. Makanya yang bener kalo ngasih instruksi tuh! Ini mah ngomong aja kayak kumur-kumur, yaa nggak jelas lah jadinya.

Oke. Bisa jadi mungkin aku yang salah tangkap dan salah translate, tapi ya nggak usah lah ngamuk kayak gitu.
Lagian, belum sempat aku jelasin alasannya, dia udah nyemprot duluan.

Kalo kata-kata si Ebred itu mau diterjemahin, cacian dan makian yakuza Jepang yang sering ada di film-film aja kayaknya masih halus deh. Pokonya nggak enak didenger dan aku harus telen sendiri semua kata-kata setan itu. Nggak mungkin aku terjemahin ke temen-temenku, kasian soalnya.

Dan yang paling bikin kesel adalah, si Ebred ini ngamuk dan mencaci maki bukan pas di mall aja, tapi sepanjaaaaaang jalan sampe nyampe hotel, dia ngamuk.

Kalo mobil penggiling aspal lewat saat itu, udah gue suntrungin aja deh ini orang, biar mulutnya digiles!

Setelah kejadian itu, untuk pertama kalinya aku merasa nggak betah di Jepang (padahal baru hari pertama).
PENGEN PULANG, Ya owloohhh!!!
Sampe nangis ngadu-ngadu ke temenku, pokonya pengen balik!
......

Well, sekitar jam 19.00 kami keluar hotel menuju tempat makan karena perut minta diisi.
Malam itu, rupanya si Ebred mengundang beberapa temannya buat dinner bareng.
Aku semula berpikir, "Paling temen dia yang dateng cuma bapa-bapa seumuran dan aki-aki semua." ternyata salah besar pemirsah!

Yang datang dua cowok ganteng usia 34-35 dan baeeeekkkk banget.

Ada juga bapa-bapa usia 40-an, dia juga baik banget dan pinter bahasa Indonesia.
Nggak kebayang lah orang-orang ini bisa jadi temen si Ebred yang sarap. Ato mungkin mereka dipaksa buat jadi temennya si Ebred kali ya. Haha.

[Wajah-wajah kecapean dua bolang dari Indonesia]

Di acara dinner itu kami dijamu habis-habisan. Mulai dari sashimi yang nampak muahaaal, kepiting, ayam bakar, ikan-ikanan,, udang yang guedeee banget, sampe telur dadar pun disajikan.

Karena kita nggak minum bir dan sake, untuk minuman cukup dengan olong-cha dan juice jeruk^^
Sekitar jam 21:00, aku dan dua temenku pamit kembali ke hotel karena udah capek banget.
Sedangkan si Ebred dan temen-temennya masih lanjut mabok dan mau ke karaoke. Halaahh, mending bobo chuantieq di hotel sajah lah, udah males ngapa-ngapain.

So, malam itu pun kami bertiga pamit dan cuss ke hotel, setelah sebelumnya mampir di minimarket buat beli cemilan.

PS : Untuk photo-photo lainnya bisa dilihat di sini.