Surabaya : Travelling Berkedok Dinas

20-Sep-15

Awal Oktober lalu, aku dikasih tugas negara buat dinas ke Surabaya untuk audit salah satu supplier di kantor dalam rangka development model baru produk kita.

Sebenernya tugas ini harusnya dilaksanakan sama partner interpreterku, soalnya tugas negara-nya pun turun langsung bukan dari Bosku, melainkan bos partnerku dari bagian Quality Assurance. Tapi, berhubung partnerku minggu depannya mau resign, yowis aku yang gantiin deh.

Ini pertama kalinya aku pergi ke Surabaya, karena hingga saat ini perjalanan membelah Jawa yang paling jauh adalah waktu travelling ke Jogjakarta beberapa bulan lalu, itupun pake kereta.

Nah, karena kali ini ke Surabaya-nya pake pesawat [yaiyalah, kebayang pake kereta, gempor dah!], so akupun mau-mau aja :)

Pesawat yang membawa kami take off jam 10 pagi.
Karena waktu itu perginya bareng-bareng bapak manager rempong yang panikan dan takut ketinggalan pesawat, maka aku harus pergi dari kosan jam 4.30 pagi!
Setdah! Ibu-ibu yang mau ke pasar aja belom pergi, aku udah mangkal menuju bandara-____-

Sekitar jam 8.30 kita nyampe di Bandara Soekarno-Hatta, dan disana Bos Quality, Yoshida-san alias Bang Yos udah nunggu. Setelah check in, ke toilet bentar, kita pun langsung menuju pesawat yang siap take off.
Perjalanan Cengkareng - Surabaya hanya berlangsung kurang dari satu jam, belum sempet tidur udah mau landing aja ini pesawat.

Alhamdulillah, kami semua tiba dengan selamat di Bandara Juanda - Pasuruan.
Dari Bandara, driver supplier yang bakalan kita kunjungi berbaik hati menjemput dan nganter hingga kantor mereka.
Sekitar jam 13.00 kita tiba di kantor supplier yang langsung diajak makan siang. Duh, tau aja nih kita-kita pada kelaperan.

Meski baru tiba di Surabaya, tapi namanya orang Jepang yang paling nggak mau buang-buang waktu, audit pun langsung dimulai tanpa basa-basi. Padahal kalo orang Indonesia, pasti pengennya istirahat dengan alesan capek abis perjalanan jauh, jadinya kerjanya pun dimulai besok aja^^

Sampai jam 5 sore, audit hari pertama pun berjalan lumayan lancar.
Selepas maghrib, kita lagi-lagi dianter driver supplier menuju penginapan.
Berhubung belom booking penginapan, kita pun pulang sambil cari-cari penginapan.

Selagi cari penginapan, terlintaslah ide briliant buat nyari-nyari penginapan di sekitar Tretes.
Dari cerita temen-temen kantor yang asli Surabaya, banyak dari mereka yang nyaranin supaya nginep di Tretes, dengan alasan di sana itu adeeeem bingits, pemandangan spektakuler dan udara bersih.
FYI, kantor supplier ini adanya di Pasuruan dan tengah kota banget, tanpa pemandangan alam, udara puanaaass dan cuma ada mini market di sebelah penginapan.

So, ketika sang driver berbaik hati nganterin sampe nyariin penginapan di Tretes, kita pun nggak menyia-nyiakan kesempatan!
Dari Pasuruan hingga Tretes memakan waktu sekitar 1 jam pake mobil, pake ngebut dan pake kedinginan di tengah jalan.

Di tengah jalan, kita mampir dulu di sebuah rumah makan karena pengen nyicipin rawon asli Surabaya.
Setelah kenyang, perjalanan pun dilanjutkan menuju kota dingin Tretes.

Sesampainya di Tretes, bapak driver langsung menghubungi temennya yang punya resort & vila di sekitar situ untuk nyariin tempat kita nginep.

Setelah beberapa kandidat vila didatengin, akhirnya dapetlah sebuah rumah ukuran sedang di lantai dua, tiga kamar tidur plus kamar mandi di dalem, udah lengkap dengan tipi, dapur dan kulkas, and you know what, cuma dengan harga DUA RATUS LIMA PULUH RIBU semalam!!!
Mureeeee!!!!!

Bahkan kalopun kita nyari hotel atau penginapan paling murah, paling dapetnya 250ribu seorang untuk satu kamar. Ini dengan harga yang sama bisa dapet satu rumah untuk tiga orang. Waoww banget!!!
Sisa uang jatah penginapan bisa buat beli oleh-oleh, deh. Hoho.

[Pemandangan yang diambil di sekitar vila tempat kita menginap di Tretes]

Setelah tempat nginep didapat, sambil nunggu ngantuk kami semua coba pergi jelong-jelong sekitar Tretes, nyari-nyari cemilan anget dan menikmati pemandangan alam di atas gunung.
Tretes ini atmosfernya hampir sama kayak Puncak atau Pangalengan di Bandung sana.

Di malam hari banyak yang jual cemilan khas Surabaya. Dan yang kita pilih saat itu adalah minuman anget kayak ronde atau angsle.
Ronde ini sejenis cemilan anget yang biasanya berisikan air jahe, kacang tanah, kolang-kaling dan ada bulet-bulet kenyal kayak mochi gitu. Rasanya enak di tenggorokan apalagi disantap saat udara dingin di malam hari.
Sedangkan angsle, bisa diibaratkan bubur ketan putih pake santan, dengan potongan roti dan pacar cina merah diatasnya. Kedua cemilan ini dipatok sekitar 8000 ~ 10.000 rupiah sajah.

Karena malam itu aku males makan yang berat-berat, maka pilihanku jatoh ke ronde yang isinya masih rada ringan dibandingkan angsle.
Malam makin larut, mata pun makin berat, kitapun mengakhiri acara nongki cantik malam itu untuk selanjutnya istirahat di vila sewaan.
Setelah bapa driver yang baik hati pamitan pulang, kami bertiga pun masuk kamar masing-masing buat istirahat...

...niatnya gitu, tapi apa daya aku masih punya banyak tugas terjemahan yang deadline-nya udah di depan mata.
Maka, dengan terpaksa malam itu dihabiskan begadang sendirian ampe tengah malam buat ngerjain terjemahan, sedangkan dua rekan kantorku udah pules di alam mimpi masing-masing....hix *lempar dokumen terjemahan*

Jam 5 pagi, alarm hape berbunyi dan aku buru-buru ke kamar mandi untuk ngambil wudhu lalu sholat subuh.
Udara pagi Tretes menusuk kulit bahkan sampe ke tulang, saking dinginnya pagi itu.
Setelah sholat subuh, enaknya selimutan lagi dan nerusin mimpi....

Tapiiiii, berhubung terjemahan lagi-lagi belom kelar meski tadi malem udah begadang, akhirnya aku lipat lagi deh itu selimut dan dengan berat hati pergi mandi.
Sambil nunggu driver datang buat ngejemput kami, aku pun ngelanjutin tugas terjemahan sambil nonton Sponge Bob.

Sekitar jam 07.00, driver datang dan kita pun langsung cuss menuju kantor untuk melanjutkan audit di hari kedua. Sepanjang perjalanan menuju kantor supplier, kita disuguhi pemandangan alam di kiri kanan plus udara segar pegunungan. Nggak lupa mampir dulu di Wana Wisata Kakek Bodo Waterfall.

Karena masih pagi, wisata alamnya masih tutup. Dan berhubung kita kudu masuk kantor jam 8, so waktu itu cuma sempet poto-poto di depan pintu masuk doank. Lumayanlaaah^^

[Mejeng duluuuu, kakakkss!!!]

Hari kedua audit nampaknya nggak berjalan selancar hari pertama.

Supplier yang diaudit banyak kebingungan, banyak ngeyel, dan nampak udah pusing ngadepin kita sebagai auditor. Ujung-ujungnya, Bang Yos ngamuk ampe gebrak meja karena dia mulai panas dan nggak sabaran pengen cepet-cepet menyelesaikan audit.

Yaaa, kita sih udah biasa ngadepin Bos Quality sableng itu ngamuk-ngamuk sampe keluar kata-kata kasar, tapi kesian juga ngeliat supplier ampe digituin. Aku bahkan kudu mikir ekstra keras buat memfilter kata-kata Bang Yos yang kasarnya naudjubilah itu supaya supplier nggak sakit hati dan merasa terintimidasi.
Sabar, Bang Yos. Kagak usah nyolot gitu laaah.

Masalah nggak akan selesai dengan kekerasan dan umpatan, yang ada ntar supplier-supplier itu justru ngedoain elu yang jelek-jelek hayoh!
Etapi kalo mereka ngedoain ente, ane jangan dibawa-bawa ya. Dosa ya dosa elu karena kasar ama orang, kita-kita mah orang baek loh ya.
Haha.

Then, sekitar maghrib audit pun berakhir.
Alhamdulillah, semua berakhir baik di hari terakhir ini dan kami bisa pulang besok tanpa ada beban lagi.
Meski sempat bersitegang karena tadi siang Bang Yos ngamuk, tapi sorenya dia udah agak adem.
Setelah pamit dengan Bos-bos supplier dan ngucapin terima kasih karena udah disambut dengan amat sangat terbuka, kami pun pulang menuju penginapan dianter driver.

Kalo kemarin malem kita nginep di Tretes, malem ini kita cukup nginep di Pasuruan aja. Alasannya karena besok pagi kudu langsung ke Bandara, jadi pilih penginapan yang deket-deket aja.
Sebelum beranjak ke penginapan, nggak lupa kita wisata kuliner dulu.
Kuliner kali ini adalah Kupang. Itu lho, makanan yang isinya lontong pake kerang keciiiiiil banget segede nasi ditambah kuah asem pedes.

Awalnya aku ragu makan Kupang, karena dari baunya aja udah bikin enek, soalnya bau amisnya nyengat banget, plus bentuk kerangnya yang kecil berwarna putih itu jadi ngingetin sama ulet-ulet kecil yang suka ada di buncis.

Tapi, setelah dirayu temenku dan icip-icip sesendok-dua sendok, ternyata rasanya lumayan juga. Apalagi kuahnya bikin segeer dan pedeeess, satu porsi Kupang plus es degan pun ludesss!!!

[Ini dia penampakan KUPANG!]

Perut kenyang bikin mata makin berat, apalagi seharian ini tegang mulu ngadepin Bang Yos yang ngamuk-ngamuk. Akhirnya, kita pun langsung menuju hotel untuk istirahat.

Setelah nyampe hotel, langsung mandi dan istirahat...
...pengennya, tapi teuteup itu tugas terjemahan buat event kantor ke Thailand sama Jepang bulan depan masih belom kelaaarr, Jendral!

Lagi-lagi aku kudu begadang ampe tengah malem buat menyelesaikan terjemahan, sedangkan temenku pules tidur di sampingku. Huhuhu, ngiri deh T.T
*bakar dokumen terjemahan*

Pagi hari jam 07.00, driver udah stenbay buat nganter kita ke Bandara.
Karena masih banyak waktu, sebelum ke bandara kita pun mampir dulu ke toko oleh-oleh. Ciri khas orang Indonesia kan nggak afdol kalo pergi-pergi nggak bawa oleh-oleh :D

Pagi itu temanya bukan lagi audit, tapi KALAP BELANJA.
Berhubung toko oleh-oleh yang kita datengin lengkaaap banget dan serba ada, dua keranjang pun masih terasa nggak cukup diisi berbagai macam makanan khas Surabaya.
Mulai dari Rambak Kerbau, Keripik Melinjo, Kue Satu, Keripik Jamur, Madumongso, Bumbu Pecel, Terasi Udang, Bandeng Asap, Kue Melinjo, Kue Lumpur, Udang Kering hingga yang akhir-akhir ini lagi heitz di socmed : Almond Crispy Cheese!

Kalap sekalap-kalapnya deh pas belanja oleh-oleh ini. Begitu minta dipacking di kasir, satu dus besar pun jadi barang bawaan kita hari itu.
Setelah kalap belanja, perjalanan pun dilanjutkan menuju Bandara.
Karena bakalan berabe kalo ketauan Bang Yos kita bawa tiga dus besar berisi oleh-oleh, maka kita pun buru-buru check in supaya bisa masukin oleh-oleh itu ke dalam bagasi. Jadinya, ntar pas ketemu Bang Yos, dia cuma ngeliat kita bawa suit case doank. Hoho. Nice strategy!

Sebenernya, Bang Yos nggak bakalan marah sih kalopun ketauan kita beli banyak oleh-oleh, toh itu uang kita sendiri. Tapi yaaa, males kalo dia udah komen macem-macem itulah, makanya kita umpetin deh belanjaan kita :D

Pesawat menuju Cengkareng take off jam 10.20 dan kami tiba di Soetta sekitar jam 11.00 dengan selamat. Alhamdulillah, perjalanan kali ini lanjar dan selamat, meski di dalam pesawat saat kepulangan ada sedikit ribut-ribut.

Ada seorang penumpang cowok berwajah China, perut buncit, muka ngeselin, dan mulut bawel tiba-tiba sewot cuma karena dia nggak kebagian kabin buat nyimpen tas bututnya. Suasana makin panas ketika dia dengan seenaknya mau mindahin tasku ke kabin lain, padahal jelas-jelas aku udah nyimpen tasku tepat di atas tempat dudukku. Si perut buncit itu padahal duduk di belakang tapi pengen nyimpen tas di kabin deket tempat dudukku.
Temenku yang nggak terima, langsung protes dengan wajah super juteknya [padahal aslinya mba satu ini baeeek banget, loh!]. Karena udah jelas kita nggak salah, mba pramugari Garuda yang cantik dan baik hati pun membela kita dan dengan sopannya meminta si perut buncit supaya nyimpen tas bututnya sesuai nomer kursi.
Good job, Mba pramugari! Sekalian aja lembar tuh si Perut Buncit keluar pesawat, biar tau rasa!

Well, dengan begini berakhir lah travelling dinas luar ke Surabaya ini.
Capek memang, apalagi ditambah begadang semalaman, tapi after all banyak pengalaman yang aku dapet, pengalaman icip-icip wisata kuliner khas Surabaya tentunya. Haha. *disambit Bang Yos*
Aku juga seneng berinteraksi dengan orang-orang Jawa Timur ini, orangnya ramah-ramah, baik banget, enak diajak ngobrol, dan pekerja keras.
Semoga lain waktu bisa kembali berkunjung lagi ke Surabaya [tapi jangan sama Bang Yos lagi...wakakakakk].
Foto-foto lainnya bisa dilihat disini.

PS : Satu hal yang mengecewakan saat ke Surabaya ini adalah aku nggak bisa ketemu Watanabe-san yang ganteng ituuuu. Pas aku ke Surabaya, dia malah pergi ke Indramayu. Hix, padahal udah jauh-jauh nyusul, tapi emang belom berjodoh, jadinya nggak ketemu...