[Travelling] : Mencari Secercah Harapan di Harapan Island

19-Jun-15

Dengan adanya travelling awal Juni ke Harapan Island ini, berarti selama tiga bulan berturut turut aku udah mengunjungi tiga tempat berbeda!
Yeaaaayyy!!! #potongtumpeng.

Mulai dari April ngebolang ke Jogja, lanjut Mei menjelajah Cirebon, dan bulan Juni ini coba menjelajah Harapan Island.

Awalnya, cuma iseng nanggepin temenku Oeng yang ngajak ngetrip ke Harapan Island. Iya, pemirsa, lagi-lagi orang ini provokator yang ngajak travelling. Tiga travelling berturut-turut selama tiga bulan ini pun, pasti ini anak nongol melulu. Semoga pemirsa nggak bosen. Haha.

Saat itu aku cuma nanggepin ogah-ogahan dan diem aja, tanpa ngasih kepastian ikut apa nggak.
Alasan pertama adalah laut. Laut artinya panas, dan panas artinya gerah [yeee, sama aja]. Aku lagi emoh sama panas-panasan dan pengen ngadem. Apalagi ngebayangain waktu ke Tunda Island dengan homestay panas (cuma dikasih kipas angin, itupun rusak -____-), plus kamar mandi cuma satu padahal penduduk homestay-nya sampe 30 orang (ini yang paling bikin trauma sebenernya...haha).

Tapiiiiiii, seumur hidup aku belom pernah melancong ke Kepulauan Seribu. [Iyee...iyee, silakan ketawa]. Orang-orang pada cerita udah ke Tidung-lah, Pramuka-lah, Bira-lah, tapi akyuuuu?!!!

Padahal cuma selemparan kolor [selemparan kolor itu segimana ya? Masih misteri sampe sekarang] dari kosan, tapi belom pernah pergi ke sana. Padahal Palembang ampe Lahat ampe Tanjung Enim aja dijelajahi, tapi Kepulauan Seribu?!

Malu deh akika.

Sooo, dengan alasan itulah aku mengiyakan ajakan Oeng buat ikutan ngebolang ke Harapan Island.
Sama seperti itine waktu ke Tunda Island, Jumat malam (5 Jun) sepulang dari ngantor aku segera meluncur ke Karawang buat gabung sama Oeng yang udah nungguin di sana. Lalu, dari situ kita naik travel Warga Baru yang cuma 18rebu menuju Jakarta.

Sebetulnya, meeting point nya di Muara Angke hari Sabtu pagi jam 06.00. Tapi, berhubung nggak mungkin subuh-subuh pergi dari kosan ke Angke, jadinya malam sebelumnya aku dan Oeng nginep dulu di kosan temennya Oeng.

Acara ngetrip ini didominasi oleh temen-temen kuliahnya Oeng, plus satu orang 'mantan' temen kerja di kantor dulu, kita sebut saja namanya Onye [ditoyor pake pisang].

Ngetrip kali ini sebetulnya termasuk open trip, tapi berhubung jumlah member dari group-nya Oeng cukup banyak, jadinya dibuat private trip oleh Trip Advisor Rani Journey, agent tour yang kita pakai kali ini.

Karena takut telat dan ditinggal kapal, kami pergi dari kosan temen Oeng jam 4 subuh. Langsung nyarter angkot menuju Muara Angke. Pengalaman mereka sebelumnya, si sopir angkot carteran nyasar dan ampir telat nyampe ke Muara Angke, makanya kali ini perginya nyubuh banget.

Ternyata eh ternyata, mang sopir yang ini ngebut abis dan tau-tau udah hampir nyampe lah di Muara Angke. Berkat GPS dan doa mama, kami pun tiba di Muara Angke dengan selamat, sentosah dan KEPAGIAN!

Gile aja, jam 5 subuh udah nyampe Angke, padahal kapal baru pergi jam 7 pagi.
Dan para bolang pun cuma bisa bengong sambil nyengir.
Jam 7 kurang, leader tour yang disinyalir bernapa Nopan [kalo ngga salah] langsung memandu group kami menuju kapal yang akan membawa menuju Harapan Island.

Rupanya di pelabuhan udah banyak mahluk-mahluk bertebaran dengan berbagai macam wangi-wangian. Setelah mendaki dari satu kapal ke kapal lain, kami pun tiba di kapal yang akan membawa ke Harapan Island. Katanya sih, kapal ini cuma pergi satu hari sekali, jadinya penuuuuhhh.

Setelah memasuki kapal, kita masih bisa selonjoran, jalan kesana-kemari, tapi begitu semua penumpang masuk, pengaaaappp dan nggak bisa berkutik sedikit pun. Sialnya, kita kebagian tempat di dalam yang puanas dan sesak. Jendelanya pun cuma dibuka sebagian, soo udah pasti para bolang pun kekurangan oksigen.

Setelah digoyang ribuan kali di dalam kapal dan menempuh perjalanan 3 jam (hampir 4 jam sebenernya, karena kapalnya NGARET 1 jam!), Harapan Island pun mulai terlihat.

Seolah memberi secercah harapan pada kami para bolang yang udah mabuk laut dan puyenghai gegara dikurung di kapal pengap selama berjam-jam, akhirnya kita bisa melihat dunia luar, menghirup udara segar, dan menginjakkan kaki di tanah! #sujudsukur

[Salah satu view di sekitar dermaga Harapan Island]

Setelah kapal berlabuh dan kami mendarat dengan selamat, langsung deh selfie di area dermaga dan sekitarnya. Puas poto-poto geje, kita pun langsung mencari tempat berteduh alias homestay. Sayangnya, entah miskomunikasi, entah tour guide-nya yang geje, entah kitanya yang emang bandel, homestay yang dicari nggak ketemu-ketemu. Setelah nelpon lead tour pun, masih nyasar nyari homestay. Sayangnya lagi, sang lead tour bukannya nungguin kita atau nyariin, dia malah duluan ke homestay dan nunggu kita yang nyamperin ke sana.
Dih, cowok apaan coba pengennya disamperin duluan?! #abaikan

Karena kita nyampe homestay paling akhir, maka pembagian kamar pun dibuat seadanya alias kita cuma kebagian sisa-sisanya. Padahal dari awal dibilang private trip yang otomatis dalam satu kamar homestay harusnya cuma group kami di dalamnya. Tapi kenyataannya, malah dicampur sama group lain, bahkan sama cowok asing dalam satu kamar pulak!

Kita kan cewek-cewek alim, masa dicampur ama cowok?! #abaikan juga

Untungnya, setelah negosiasi dan memohon-mohon dengan group cowok kamar sebelah, mereka mau tukeran kamar dan kami pun bisa menguasai satu kamar khusus buat group sendiri. Hoahahahaa.

Setelah makan siang, beres-beres dan sholat, schedule berikutnya adalah snorkeling di sekitar Harapan Island dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pengalaman di Tunda Island kemarin, kalo snorkeling mending nggak pake life vest dan fin, kali ini pun aku lucuti semuanya [kecuali baju tentunya] dan cuma berbekal gogle.
Sayangnya, spot snorkling kali ini terlalu dangkal dan BIASA aja. Karang-karang yang ada cuma dikit dan kurang bervariasi, ikan-ikannya pun jarang nongol. Melihat banyak sekali yang snorkeling hingga puluhan orang dan beberapa kapal di sekitar situ, mungkin itu yang bikin ikan-ikan pada males pedekate sama kita.

Di tengah acara snorkeling, terjadi insiden kecil.
Saking cintanya sama laut, sampe-sampe Oeng pengen bawa babi laut ke rumahnya dan malah ketusuk babi laut di jarinya.
Hehe, nggak ding. Pas lagi berenang, nggak sengaja entah dari mana babi laut itu datang, tau-tau bulunya udah nusuk aja di jari dia.

Untunglah, dengan kesigapan mas-mas guide, bulu babi bisa dicabut dari jari Oeng, meskipun masih menyisakan sedikit bulunya di jari.
Ya, gapapalah, itung-itung oleh-oleh buat emaknya di rumah...hoho
#diselepet babi laut

Setelah 1 jam kami ber-snorkeling-ria, kapal pun mulai melaju kembali menuju spot snorkeling berikutnya. Sayang amat disayang, spot kedua ini pun nampak BIASA. Bahkan, lebih kosong daripada spot sebelumnya. Karangnya nggak ada, ikannya juga cuma ikan kecil warna item.

Mungkin waktu di Tunda kemarin disuguhi pemandangan bawah laut yang bikin takjub, masih belum banyak terjamah dan bersih. Jadinya, waktu di Kepualauan Seribu yang udah banyak terjamah, hasilnya agak kuciwa deh.

[Meski pemandangan bawah lautnya biasa aja, tapi snorkeling teutep bikin ketagihan]

Setelah puas snorkeling di dua spot berbeda, kapal kami kembali melaju dan membawa ke sebuah pulau bernama Pulau Perak. Meskipun namanya Pulau Perak, tapi jangan berasumsi kalau disini penuh dengan perak, sampe-sampe pasirnya pun terbuat dari perak dan bisa dibawa pulang trus dijual buat beli baju lebaran ntar.
Pulau Perak ini hanya satu dari sekian banyak Pulau di Kepualauan Seribu yang isinya cuma TUKANG JUALAN POP MIE. Beneran loh, waktu nyampe di Pulau Perak, yang kami temukan cuma warung-warung tempat menjajakan pop mie, gorengan dan cemilan. Pantainya sendiri tidak terlalu istimewa dan terlalu banyak orang, sehingga sampah pun dimana-mana-____-

[Pulau Perak yang penuh sama orang jualan pop mie :D]

Karena tidak ada yang bisa dieksplore disini, kita pun cuma poto-poto prawedding geje di tepi pantai.
Waktu yang disediakan tour agent buat menjelajah Pulau Perak hanya 30 menit, jadi kami pun segera beranjak menuju kapal untuk balik lagi ke homestay. Tapi, tapiiii rupanya kapal yang tadi kita tumpangi nggak ada di tempat dia mangkal. Khawatir ditinggalin dan kudu berenang sampe homestay, kita pun langsung sibuk mencari kapal.

Karena nggak ketemu juga, akhirnya Oeng berinisiatif nelpon duluan ke Nopan, si lead tour, untuk nanyain dimana dia dan kapalnya.

Dih, masa cewek yang nelpon duluan ke cowok?! Harga diri donk ah! #abaikan

Setelah dikonfirmasi, ternyata sang kapal pindah dari tempat mangkal ke dermaga. Dan lead tour nggak ngasih tau terlebih dahulu. Nggak nelpon pulak. Hadeeuhhh, ini tour agent gimana sih? Masa menelantarkan customernya-____-

Nyampe kapal, langsung cuss pulang menuju homestay dan membayangkan kamar adem dengan AC plus makanan enak.

Setelah rebutan kamar mandi sama Oeng [dan aku yang menang, coz Oeng kalah suit...kkkkk], kami pun segera menyantap makan malam.

Kenyang dengan santapan yang sederhana namun cukup nikmat di lidah, plus cape seharian snorkeling, ditambah kepala nyut-nyutan gegara kepanasan dan masih ada sisa puyeng naik kapal tadi pagi, aku pun langsung pules di atas kasur.

Bahkan, ketika malam hari Oeng ngajak barbeque di luar, aku nolak dan nerusin bobo chantieq.
Rupanya, keputusan nggak ikutan BBQ malam itu sangatlah tepat. Pasalnya, ketika ditanyain sama Oeng gimana BBQ-nya, bukan jawaban enak dan memuaskan yang aku dapat, melainkan kuciwa. Seafood yang dibakar malam itu rupanya kurang mateng dan menyisakan bau amis menyengat, yang tentunya bikin selera makan langsung ilang. Mungkin orang yang bertugas ngebakarnya buru-buru coz malam itu diprediksi akan turun hujan.
Hmmm, memang lebih enak ngadem di kasur aja.

Biarin deh dikatain bukan traveller sejati karena cuma tidur dan bukannya menjelajah, tokh ini kepala beneran nggak bisa diajak kompromi dan mending ditidurin aja^^

Besok paginya, kami disambut dengan hujan deras. Lupakan sunrise atau jalan-jalan pagi di dermaga, karena kepala masih aja cenat-cenut mikirin kamu, jadinya pules tidur ampe matahari terbit.

Untungnya, hujan cuma bentar dan schedule kita di hari kedua nggak begitu terganggu.
Setelah sarapan dan coffee break ala kadarnya, schedule pagi itu adalah menjelajah Pulau Bira. Kirain bakal snorkeling lagi yang langsung bikin semangat turun, coz kepala masih puyeng dan pastinya pemandangan bawah lautnya pun nggak bakalan berbeda jauh dengan kemarin.

Rupanya, hari ini nggak ada acara basah-basahan dan main air. Selamet deehh.
Pagi ini kita cuma menjelajah sepanjang pantai dan sekitar Pulau Bira.

Asiknya lagi, Pulau Bira ini bersiihhh, bening dan nggak begitu banyak orang, apalagi yang jualan pop mie.
Meski terlihat banyak bangunan menyerupai villa atau resort yang ditinggalkan [mungkin dulunya Pulau Bira tuh tempat resort kali ya...], tapi after all lumayan laah buat nenangin diri dan bisa sedikit nyembuhin kepala yang nyut-nyutan ini :)

[Sekitar dermaga Bira Island]

Setelah puas menjelajah Bira Island, waktunya kembali ke kapal dan menuju homestay buat beres-beres coz siang ini kita bakal naik kapal lagi untuk kembali menuju Muara Angke.

Setelah makan siang dan beres-beres, para bolang pun siap menuju dermaga untuk menaiki kapal.
Begitu ngeliat kapal, langsung terbayang bakal dikocok-kocok di dalam kapal pengap dan sesak selama 3 jam non stop!

Beruntung, Oeng dan Onye nemu spot bagus buat duduk yaitu di dek kapal bagian kanan! Meski cukup terik karena berada di luar, yang penting kita ada di ruangan terbuka dengan cukup udara dan angin gelebug!
Itu yang penting!

Emoh banget lah ditumpuk di dalem kayak sarden, mending masuk angin di luar aja :D
Kali ini kapal nggak pake acara ngaret. Tepat pukul 12 kapal mulai melaju menuju Muara Angke meninggalkan Harapan Island dengan berjuta harapan di dalamnya #halah.

Satu kekecewaan dari trip kali ini adalah tour guide yang kurang care sama peserta tour. Berasa kayak dicuekin gitu, dibiarin sebodo amat, kurang diperhatiin. Apa-apa kudu kita yang follow-up, tour guide nya cuman nungguin. Nggak ada acara kumpul-kumpul supaya peserta tour yang satu dan lainnya bisa saling kenal dan akrab. Acara lampion kek, atau sekadar kumpul dan games apaaa gitu. Nothing banget deh ah.

Hadeuuhh. Emoh lagi deh ah pake tour guide ini.

Semoga ngetrip berikutnya bisa dapet tour guide yang lebih baik^^

PS : Foto selengkapnya bisa diintip di sini.

1. izumi apakabar?? aaa dah lama ga maen ke blog kamu banyak cerita seru!
    aku kemaren baru dari harapan juga!! akk sama banget pake Rani!!! tour guide nya ga rekomen banget

tapi aku kemaren dapet snorkling spot yang baguuuss

1. Hi, Dini-san!!!
      Waah, thank you udah sempetin mampir :)
      Weww, ternyata sama2 nggak memuaskan ya tour guide nya, tapi syukur deh kalo dapet spot snorkeling yang bagus. Share donk di blog mu^^

2. iya ntar aku share juga kok, kak baru ditinggal bentar blog nya udah banyak cerita aja nih

3. Ahahahaa, masa sih? Padahal jarang update loh^^
      Sippp! Ditunggu postingannya :)

Are you listening?

“Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...