13-Sep-13
Entah kenapa acara Family Gathering (FamGath) di kantorku tahun ini
ribeeeettt amat *si amat aja nggak ribet, kok*. Padahal nih ya, dari 2
tahun sebelumnya ketika FamGath mulai diadakan kembali
(sebelum-sebelumnya nggak ada, soalnya perusahaan merugi terus), nggak
ada tuh acara ribet-ribetan kayak bulak-balik ngajuin proposal (paling
kena pemeriksaan budget aja), miting tiap sore tanpa hasil, sampe harus
berhadapan dengan bos yang pundung *eh*.
Seperti yang sudah pernah
diposting sebelumnya,
Ibu Negara alias Sang Ketua dan panitia yang berwenang hanya mikirin
diri sendiri dengan memutuskan destinasi alias tujuan FamGath ke
tempat-tempat yang disukai karyawan, tanpa melihat kondisi serta
kebutuhan keluarga karyawan dan anak-anaknya. Lha, awalnya pada pengen
ke Anyer karena bilangnya pengen berenang dan main air *main air mah
di empang juga bisa*. Tapi nggak mikirin kalo dari kantor menuju Pantai
Anyer itu makan waktu 5 jam (tanpa macet dan embel-embel molor
lainnya). Kalo orang-orang dewasa sih, mungkin bisa tahan di perjalanan 5
jam, lha kasian anak-anak yang rewel dan cepet bosen, belum lagi
emak-emak yang gendong anak kecil. Bisa pegel itu tangan dan kaki. *Ini
nasihat dari Bos*
Setelah tujuan ke Pantai Anyer ditolak *padahal udah
jauh-jauh survey plus keluar biaya juga*, mereka pun mencari tujuan
lain. Tapi, dasar emang anak kecebong semua, maunya main air melulu
*disambit orang sekantor*. Dan dipilihlah tujuan pantai yang deket,
yaitu Ancol *horee, ketemu Badut Ancol*.
Banyak yang protes, karena
nggak ada yang menarik di Ancol. Kalopun ada Water Boom dan Dufan,
teuteup kudu bayar tiket masuk lagi.
Setelah keukeuh pengen ke
Ancol (ada pilihan Taman Mini juga, sih), tanpa ba bi bu, para petinggi
FamGath pun langsung meluncur untuk survey (lagi). Dengan antusias dan
pede tingkat internasional, langsung deh itu proposal *yang entah udah
direvisi berapa ribu kali* diajukan ke Big Boss sekaligus minta
persetujuan survey *FYI, survey dilakukan pake mobil kantor + bensin,
dan uang saku dari kantor buat tiket masuk dan lainnya*.
Tapi apa yang
terjadi, sodara-sodara?!
Tiba-tiba Big Bos manggil aku dan malah curcol.
Katanya, proposal ini nggak akan dia tandatangani *survey pun otomatis
ditolak -nggak jadi deh jalan-jalan gratisnya-*. Alasannya adalah karena
sebetulnya budget FamGath udah habis dikurangi gegara banyak produk NG
dan perusahaan rugi ampe belasan juta. Jadinya, untuk menutupi kerugian
itulah, budget FamGath dipangkas habis-habisan hingga bersisa
setengahnya aja. Yang bikin Bos kesel adalah, udah tau budget dikurangi
tapi yang ngajuin proposal pasang wajah tak berdosa alias polos *entah
memang nggak tau atau lupa bahwa budget dikurangi*, dengan tetap
mencantumkan budget awal tanpa potongan apapun. Apalagi Bos nggak pernah
diajak diskusi atau pembicaraan lainnya soal budget. Tau-tau proposal
udah jadi, diserahin, tanpa bilang apapun. *spoiler alert! -maap,
bos-*
Mungkin yang ingin disampaikan si Bos adalah kan dia yang punya
uang-nya, kenapa dia nggak diajak diskusi atau curhat gituh. Boleh-boleh
aja kalo budget-nya kurang, ntar bisa kan minta ditambahin. Tapi, lha
ya bilang 'napa, budgetnya kurang. Bukannya diem aja, tau-tau ngasih
proposal tanpa tralala-trililili bujuk rayu yang lain.
Dalam hal ini,
nggak ada yang bisa disalahin sih. Kita damai aja laahhh :DGara-gara bos
pundung, jadinya dia nggak mau nambahin budget deh. Budget FamGath pun
jadi tinggal setengahnya. Dengan budget minus seperti itu, otomatis
semua panitia yang terlibat jadi kebakaran jenggot. Ini kurang, itu
kurang, banyak yang harus dipotong dan dikorbankan.
Lalu, munculah ide :
Gimana kalo FamGath diadakan di area depan kantor aja?
Haaahhh?
Whatdehel?!
Area depan kantorku memiliki area yang cukup luas untuk
menampung sekitar 200 orang. Biasanya dipake buat parkir mobil kantor
atau tamu. Luas sih luas, baru dibeton pula. Tapi lha ya dipikir lagi
duoonkkk. Yang namanya FamGath itu kan acara kumpul sama keluarga
sekaligus mengakrabkan diri dengan rekan kerja yang lain, dengan tujuan
utama menghilangkan stres.
Kalo diadakan di depan kantor, yang ada
bukannya menghilangkan stres, malah makin stres, Jendral.
Kenapa? Berikut
ini alasan dan curhatan hasil interview eksklusif bersama para karyawan
*halah*.
1. Jika acara diadakan diluar kantor, otomatis nggak bakalan
ada doorprize (karena budget dipotong). Tapi, kalo acara diadakan di
depan kantor (in house), doorprize tetep ada dan games pun lebih meriah.
Tapi risikonya, ya tadi itu nggak dapet liburan keluar.
Memang sih, yang
dapet doorprize pasti seneng, tapi yang nggak dapet? Udah mah nggak
dapet liburan, doorprize pun nggak ada. Tinggal gigit jari deh. Tapi
kalo kita keluar, setidaknya meskipun nggak dapet doorprize, masih bisa
ajak keluarga liburan bersama :) (hasil dengerin curhat emak-emak yang
jarang diajak liburan ama suaminya^^)
2. Itu area depan tuh pake beton,
yang otomatis kalo jam 12 siang ketika matahari tepat berada di atas
kepala, bakalan puanaaassss bagaikan neraka bocor *halah*. (ini hasil
survey dari cowo-cowo yang suka ngerokok di area luar pada jam
istirahat). Lagian mau lari-lari maen games di tempat yang panasnya
naudzubilah itu? Sawios bedo weh lah. Mending bobo di rumah
aja.
3. Karena keluarga karyawan dilibatkan, otomatis bakal bawa
anak-anak. Kesian ya itu anak-anak, pasti bosen dan rewel plus nggak mau
diem kalo ditempatin di area panas dan nggak ada view serta
wahana apapun. Belum lagi yang gendong bayi, kesian emak dan bayi-nya.
Mending nggak usah dibawa aja deh. (hasil survey emak dan bapak yang
punya anak kecil).
4. Beberapa tahun lalu, pernah ada acara serupa yaitu
acara games dan perlombaan yang diadakan di area depan kantor. Yang
ikutan lomba dan pengen eksis sih, teutep ngikutin acaranya. Lha, yang
hobinya nongkrong dan terlanjur bosen, malah ngeloyor pergi pura-pura
beli rokok di luar tapi ternyata nggak balik-balik sampe acara selesai
*pulang ke rumah kayaknya*. (hasil curhatan pelaku yang pulang duluan
-nama tidak akan disebut-)
5. Karyawan yang ada di kantorku ini
kebanyakan orang-orang lokal yang rumahnya nggak jauh dari tempat mereka
kerja. Jadi, kalo acara diadakan di area kantor, pasti pada ngeluh
"Disini lagi, disini lagi. Nggak ada pemandangan. Rawa lagi-rawa lagi,
kebon lagi-kebon lagi (depan kantor ada rawa dan kebon). Mending bobo
aja di rumah *teuteup*". Lagian wiken gituh, maunya liburan malah suruh
datang ke kantor dan panas-panasan. (hasil curhat orang lokal yang
kepengen liburan tapi belum kesampaian juga).
So, itulah hasil interview
dari para seleb kita. Kesimpulannya adalah para karyawan pengen LIBURAN.
Nggak peduli ada doorprize atau tidak, yang penting bisa ngajak
keluarga liburan bareng. Lagian kan yang namanya doorprize mah
untung-untungan, nggak semuanya dapet^^
Dan tugas akhir serta keputusan
ada di tangan Nyonya Besar. Aku sengaja nggak bilang soal curhatan para
karyawan di atas, takutnya kalo dibilangin malah jadi perang deh.
Sumpeh, males perang ama orang begitu mah^^. Yang jadi masalah teteup di
budget. Banyak yang sangsi dengan budget mepet, bisa bikin acara di
luar.
Akhirnya setelah Ibu Negara pusing, puyenghai dan gundah gulali
sampe pundung dan bilang mau ngundurin diri jadi Ketua FamGath,
diputuskanlah FamGath tahun ini diadakan di Taman Mini *langsung potong
tumpeng*. Dengan konsekuensi tidak ada doorprize (biarin, eta mah
untung-untungan) dan tidak ada snack pagi (sarapan nasi uduk aja depan
kosan). Untungnya setelah diatur, budget pun mencukupi dan proposal
disetujui beserta survei-nya.
Games yang tadinya akan dihilangkan,
ternyata tidak jadi karena ada yang pengen supaya acara tetep meriah,
yang notebene aku sebagai koordinator games bakalan riweuh
lagi. Padahal kalo acara games dihilangkan, aku kan bisa santai dan
tinggal bobo aja *dijambak semua panitia*.
Then, mari kita nantikan acara
FamGath tahun ini. Semoga berhasil dan semua orang bisa fun!
#Day28 : Ribetnya Acara Family Gathering
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Shinjuku yang melelahkan
Beberapa waktu lalu saya pergi nonton Kimetsu no Yaiba movie di bioskop Shinjuku. Saya pergi dengan 3 orang teman, sebut saja Intan, Eti da...
-
Good morning, epribadih! Udah lama banget kayaknya aku nggak nge-review dorama. Alhadulillah kali ini ada kesempatan [baca : kemauan] bua...
-
Selama sebulan terakhir ini ada satu hal yang bikin KECANDUAN. Entah dari mana awalnya, kapan mulainya, entah kenapa ujug-ujug ngebet sehin...
No comments:
Post a Comment