#Day28 : Ribetnya Acara Family Gathering

13-Sep-13

Entah kenapa acara Family Gathering (FamGath) di kantorku tahun ini ribeeeettt amat *si amat aja nggak ribet, kok*. Padahal nih ya, dari 2 tahun sebelumnya ketika FamGath mulai diadakan kembali (sebelum-sebelumnya nggak ada, soalnya perusahaan merugi terus), nggak ada tuh acara ribet-ribetan kayak bulak-balik ngajuin proposal (paling kena pemeriksaan budget aja), miting tiap sore tanpa hasil, sampe harus berhadapan dengan bos yang pundung *eh*.

Seperti yang sudah pernah diposting sebelumnya, Ibu Negara alias Sang Ketua dan panitia yang berwenang hanya mikirin diri sendiri dengan memutuskan destinasi alias tujuan FamGath ke tempat-tempat yang disukai karyawan, tanpa melihat kondisi serta kebutuhan keluarga karyawan dan anak-anaknya. Lha, awalnya pada pengen ke Anyer karena bilangnya pengen berenang dan main air *main air mah di empang juga bisa*. Tapi nggak mikirin kalo dari kantor menuju Pantai Anyer itu makan waktu 5 jam (tanpa macet dan embel-embel molor lainnya). Kalo orang-orang dewasa sih, mungkin bisa tahan di perjalanan 5 jam, lha kasian anak-anak yang rewel dan cepet bosen, belum lagi emak-emak yang gendong anak kecil. Bisa pegel itu tangan dan kaki. *Ini nasihat dari Bos*

Setelah tujuan ke Pantai Anyer ditolak *padahal udah jauh-jauh survey plus keluar biaya juga*, mereka pun mencari tujuan lain. Tapi, dasar emang anak kecebong semua, maunya main air melulu *disambit orang sekantor*. Dan dipilihlah tujuan pantai yang deket, yaitu Ancol *horee, ketemu Badut Ancol*.

Banyak yang protes, karena nggak ada yang menarik di Ancol. Kalopun ada Water Boom dan Dufan, teuteup kudu bayar tiket masuk lagi.

Setelah keukeuh pengen ke Ancol (ada pilihan Taman Mini juga, sih), tanpa ba bi bu, para petinggi FamGath pun langsung meluncur untuk survey (lagi). Dengan antusias dan pede tingkat internasional, langsung deh itu proposal *yang entah udah direvisi berapa ribu kali* diajukan ke Big Boss sekaligus minta persetujuan survey *FYI, survey dilakukan pake mobil kantor + bensin, dan uang saku dari kantor buat tiket masuk dan lainnya*.

Tapi apa yang terjadi, sodara-sodara?!
Tiba-tiba Big Bos manggil aku dan malah curcol. Katanya, proposal ini nggak akan dia tandatangani *survey pun otomatis ditolak -nggak jadi deh jalan-jalan gratisnya-*. Alasannya adalah karena sebetulnya budget FamGath udah habis dikurangi gegara banyak produk NG dan perusahaan rugi ampe belasan juta. Jadinya, untuk menutupi kerugian itulah, budget FamGath dipangkas habis-habisan hingga bersisa setengahnya aja. Yang bikin Bos kesel adalah, udah tau budget dikurangi tapi yang ngajuin proposal pasang wajah tak berdosa alias polos *entah memang nggak tau atau lupa bahwa budget dikurangi*, dengan tetap mencantumkan budget awal tanpa potongan apapun. Apalagi Bos nggak pernah diajak diskusi atau pembicaraan lainnya soal budget. Tau-tau proposal udah jadi, diserahin, tanpa bilang apapun. *spoiler alert! -maap, bos-*

Mungkin yang ingin disampaikan si Bos adalah kan dia yang punya uang-nya, kenapa dia nggak diajak diskusi atau curhat gituh. Boleh-boleh aja kalo budget-nya kurang, ntar bisa kan minta ditambahin. Tapi, lha ya bilang 'napa, budgetnya kurang. Bukannya diem aja, tau-tau ngasih proposal tanpa tralala-trililili bujuk rayu yang lain.

Dalam hal ini, nggak ada yang bisa disalahin sih. Kita damai aja laahhh :DGara-gara bos pundung, jadinya dia nggak mau nambahin budget deh. Budget FamGath pun jadi tinggal setengahnya. Dengan budget minus seperti itu, otomatis semua panitia yang terlibat jadi kebakaran jenggot. Ini kurang, itu kurang, banyak yang harus dipotong dan dikorbankan.

Lalu, munculah ide : Gimana kalo FamGath diadakan di area depan kantor aja?
Haaahhh? Whatdehel?!

Area depan kantorku memiliki area yang cukup luas untuk menampung sekitar 200 orang. Biasanya dipake buat parkir mobil kantor atau tamu. Luas sih luas, baru dibeton pula. Tapi lha ya dipikir lagi duoonkkk. Yang namanya FamGath itu kan acara kumpul sama keluarga sekaligus mengakrabkan diri dengan rekan kerja yang lain, dengan tujuan utama menghilangkan stres.

Kalo diadakan di depan kantor, yang ada bukannya menghilangkan stres, malah makin stres, Jendral.

Kenapa? Berikut ini alasan dan curhatan hasil interview eksklusif bersama para karyawan *halah*.

1. Jika acara diadakan diluar kantor, otomatis nggak bakalan ada doorprize (karena budget dipotong). Tapi, kalo acara diadakan di depan kantor (in house), doorprize tetep ada dan games pun lebih meriah. Tapi risikonya, ya tadi itu nggak dapet liburan keluar.

Memang sih, yang dapet doorprize pasti seneng, tapi yang nggak dapet? Udah mah nggak dapet liburan, doorprize pun nggak ada. Tinggal gigit jari deh. Tapi kalo kita keluar, setidaknya meskipun nggak dapet doorprize, masih bisa ajak keluarga liburan bersama :) (hasil dengerin curhat emak-emak yang jarang diajak liburan ama suaminya^^)

2. Itu area depan tuh pake beton, yang otomatis kalo jam 12 siang ketika matahari tepat berada di atas kepala, bakalan puanaaassss bagaikan neraka bocor *halah*. (ini hasil survey dari cowo-cowo yang suka ngerokok di area luar pada jam istirahat). Lagian mau lari-lari maen games di tempat yang panasnya naudzubilah itu? Sawios bedo weh lah. Mending bobo di rumah aja.

3. Karena keluarga karyawan dilibatkan, otomatis bakal bawa anak-anak. Kesian ya itu anak-anak, pasti bosen dan rewel plus nggak mau diem kalo ditempatin di area panas dan nggak ada view serta wahana apapun. Belum lagi yang gendong bayi, kesian emak dan bayi-nya. Mending nggak usah dibawa aja deh. (hasil survey emak dan bapak yang punya anak kecil).

4. Beberapa tahun lalu, pernah ada acara serupa yaitu acara games dan perlombaan yang diadakan di area depan kantor. Yang ikutan lomba dan pengen eksis sih, teutep ngikutin acaranya. Lha, yang hobinya nongkrong dan terlanjur bosen, malah ngeloyor pergi pura-pura beli rokok di luar tapi ternyata nggak balik-balik sampe acara selesai *pulang ke rumah kayaknya*. (hasil curhatan pelaku yang pulang duluan -nama tidak akan disebut-)

5. Karyawan yang ada di kantorku ini kebanyakan orang-orang lokal yang rumahnya nggak jauh dari tempat mereka kerja. Jadi, kalo acara diadakan di area kantor, pasti pada ngeluh "Disini lagi, disini lagi. Nggak ada pemandangan. Rawa lagi-rawa lagi, kebon lagi-kebon lagi (depan kantor ada rawa dan kebon). Mending bobo aja di rumah *teuteup*". Lagian wiken gituh, maunya liburan malah suruh datang ke kantor dan panas-panasan. (hasil curhat orang lokal yang kepengen liburan tapi belum kesampaian juga).

So, itulah hasil interview dari para seleb kita. Kesimpulannya adalah para karyawan pengen LIBURAN. Nggak peduli ada doorprize atau tidak, yang penting bisa ngajak keluarga liburan bareng. Lagian kan yang namanya doorprize mah untung-untungan, nggak semuanya dapet^^

Dan tugas akhir serta keputusan ada di tangan Nyonya Besar. Aku sengaja nggak bilang soal curhatan para karyawan di atas, takutnya kalo dibilangin malah jadi perang deh. Sumpeh, males perang ama orang begitu mah^^. Yang jadi masalah teteup di budget. Banyak yang sangsi dengan budget mepet, bisa bikin acara di luar.

Akhirnya setelah Ibu Negara pusing, puyenghai dan gundah gulali sampe pundung dan bilang mau ngundurin diri jadi Ketua FamGath, diputuskanlah FamGath tahun ini diadakan di Taman Mini *langsung potong tumpeng*. Dengan konsekuensi tidak ada doorprize (biarin, eta mah untung-untungan) dan tidak ada snack pagi (sarapan nasi uduk aja depan kosan). Untungnya setelah diatur, budget pun mencukupi dan proposal disetujui beserta survei-nya.

Games yang tadinya akan dihilangkan, ternyata tidak jadi karena ada yang pengen supaya acara tetep meriah, yang notebene aku sebagai koordinator games bakalan riweuh lagi. Padahal kalo acara games dihilangkan, aku kan bisa santai dan tinggal bobo aja *dijambak semua panitia*.

Then, mari kita nantikan acara FamGath tahun ini. Semoga berhasil dan semua orang bisa fun!



No comments:

Post a Comment

Shinjuku yang melelahkan

Beberapa waktu lalu saya pergi nonton Kimetsu no Yaiba movie di bioskop Shinjuku.  Saya pergi dengan 3 orang teman, sebut saja Intan, Eti da...