[Training] : Day 5

Training kali ini di-handle sama Hirose-san, yang pernah gue kenalin di posting sebelumnya.
Baidewey, gue baru ngeh kalo gue udah ngenalin secara singkat dan padat tentang dua trainer gue, Oda-san dan Hirose-san, tapi Kai-san sendiri nggak gue kenalin dengan bener. 
Haha.
Maap ya, kebanyakan gaje-nya kalo udah cerita soal si Kai ini sih.

Wokeh, kita kenalan dulu sama si akang satu ini.

Kai-san ini trainer yang paling sering nge-handle gue.
Entah memang skejul yang gue pilih buat training selalu sama dengan shift dia, atau memang kami ditakdirkan untuk bertemu #HALU.
Gue selalu pilih skejul di weekday dan malam hari di atas jam 19:00, karena males keluar di weekend dan pilih malem karena kalo siang kan kudu nguli ya cyin.
Kai-san ini dulunya mantan angkatan laut alias PNS, dia berenti lalu jadi personal trainer gym seperti sekarang ini.

Orangnya asik banget, friendly dan enak diajak ngobrol.
Tampilannya perfect body #PASTINYA dengan tinggi sekitar 174 cm, dan wajah GANTENG mirip shirahama alan-nya generations *silakan gugel siapa si alan ini*
Kalo dibandingkan sama dua trainer yang lain, Kai-san selalu ngasih instruksi detail banget selama training.
Dia juga paling seneng ngeliat gue susah dan kecapean.
Kalo muka gue masih lempeng dan nyantey, dese pasti bakalan nambah beban di barbel atau alat training lainnya, sampe gue meringis dan keabisan napas #GANTENG GANTENG SADIS EMANG

Oiya, dia juga yang support pola makan gue setiap hari, dimana gue "wajib lapor" semua aktivitas makan dan olahraga gue seharian itu sama beliaw, yang kemudian nanti dese akan kasih advise dan warning kalo pola makan gue nggak sehat.
Kalo pola makan gue udah bener, doi pun selalu kasih apresiasi yang bikin gue seneng dan semangat ngejalanin program training ini.
Selain pola makan, gue juga kadang tanya-tanya seputaran olahraga dan makanan.
Misalnya, gue pengen makan potato chips, boleh ngga?
Gue dikasih donat sama temen, bagusnya dimakan pas kapan?
Gue pengen masak opor kari karena kangen masakan Indonesia, tapi ada santan-nya, boleh nggak pake santan?
Gue boleh jadi fans kamu nggak, Kang? #EH

Iya, gue suka sama si Kai-san ini.
Tapi suka dalam artian gue kagum sama dia.
Gue kagum dengan sifat friendly dia, karakter dia yang pekerja keras dan pantang semangat, selalu mau belajar hal-hal baru, tutur bicaranya sopan tapi nggak kaku, jadi asik banget kalo jadi temen ngobrol.
Cuma sebatas itu.
Sekarang ini.
Nggak tau kalo besok, minggu depan, bulan depan dan di masa yang akan datang.
Haha.
Toh, who knows, kan ya?
Jalanin aja lah ya, nikmati prosesnya :)


Kembali ke training day 5.
Gue baru kali ini training man-to-man sama Hirose-san, karena sebelumnya cuma ketemu dia pas Food Master Program alias belajar teori soal muscle training dan pola makan yang bener.

Training kali ini nggak begitu berbeda dengan yang sebelumnya, masih seputaran melatih beberapa otot besar di badan gue, seperti bagian kaki, dada, punggung dan lengan.
Dimulai dengan squat sambil mikul beban di bahu (gerakan mang cuanki).

Sebenernya nggak mirip-mirip amat sama mamang cuanki sih, cuma supaya gue gampang nyebutinnya aja, jadi pake istilah mamang cuanki. Haha.
Image-nya kira-kira kayak gini.


Trainer akan selalu siaga di belakang kita, jaga-jaga kalo tetiba lengan dan kaki gue lemes dan nggak bisa bangkit berdiri, jadinya dese bisa bantu menopang beban.

Entah Hirose-san ini lebih sadis dari Kai-san, atau memang udah waktunya gue dikasih beban berat, nggak tanggung-tanggung dese ngasih gue beban dua kali lipat dari beban yang pernah gue pikul sebelum-sebelumnya.
*tiap hari akoh udah menanggung beban hidup yang berat, Kang! Plis jangan kasih aku beban yang lebih berat dari ini* #APASIH

Jangankan buat squat, baru dipikul di bahu udah berasa ditindih Gojila.
Jadinya pas di set kedua, gue bener-bener nggak bisa ngangkat beban, dan meringis sejadi-jadinya.
Nampaknya mamang trainer tau kalo gue mulai keberatan, dese pun mengurangi beban jadi yang lebih ringan.
Fiuh!

Setelah itu training dilanjutkan dengan pose dimana gue telungkup di bench (bangku yang sering dipakai di tempat fitnes), lalu kedua betis gue disematkan karet, yang nantinya karet itu bakal ditarik sama Trainer, sedangkan gue dengan sekuat tenaga menggerakkan kaki gue.
Image-nya kira-kira seperti ini:


Nah, di belakang gue Trainer akan narik karet-nya.
Jadinya beban di kaki gue makin berat dan sumpeeh pegel banget itu betis.
Otot yang dilatih nggak cuma di bagian kaki, tapi paha, pantat bahkan sampai perut pun semua ikutan kena.

Ketika mau mulai gerakan ini, Hirose-san ngasih karet dan bantalan buat disematkan di kaki, sambil ngejelasin gerakannya.
"Nanti gerakkan kakinya kayak gini", katanya sambil telungkup buat nyontohin.
"Oke", jawab gue pendek.
"Tapi....", set dah ada tapinya, perasaan gue langsung nggak enak, "kalo cuma gerakin kaki sendiri, nggak begitu kerasa donk ya, jadinya nanti saya ikutan narik kaki dan nahan dari belakang. Nah, kamu tarik kaki sekuat tenaga lawan tenaga tarikan saya", dese ngejelasin dengan wajah adem sambil senyum manis sampe mata sipitnya keliatan.

"UDAH GUE DUGA!" balas gue, "nggak bakalan deh Trainer ngasih menu training yang ringan cuma narik-narik kaki doank, pasti ada apa-apanya di belakang."
Dan Hirose-san malah ngakak, seperti udah memprediksi apa yang bakal gue katakan.

Setelah tarik-tarikan kaki #HALAH selesai, training selanjutnya adalah gerakan untuk melatih otot bagian lengan, lebih tepatnya lengan bagian depan.
Itutuh bagian lengan yang suka bergelambir #GUE BANGET, supaya lengan kuenceeeeng dan pede pake baju tanpa lengan.

Gerakannya simple banget
Kedua tangan memegang tali (yang udah diberi beban beberapa kilo tentunya), rapatkan lengan dan ketiak, dada tegap, pinggang agak ditarik ke belakang, lalu tarik tali dari bagian dada hingga tangan berada di posisi depan pinggang.
Image-nya kayak orang menimba air di sumur :D



Simple banget kan?
Iya, di set pertama masih ringan-ringan aja.
Tapi tau donk rasanya kalo nimba air.
Ember pertama, masih okeh lah.
Ketika udah di ember ketiga, keempat dan seterusnya, lengan mulai kerasa lemes kan.
Pegel, ngilu, semua kerasa sebadan-badan.
Bahkan cuma buat satu tarikan aja, rasanya pengen gue lempar tuh tali timbaan #HAHA

Setelah beberapa set training di bagian lengan ini selesai, maka selesai pulalah training session hari ini.

Entah kenapa, kalo gue training sama Hirose-san, rasanya asik banget.
Sambil ketawa-ketawa, ngobrol saat jeda istirahat pun seru banget.
Kayak lagi ngobrol sama temen yang udah lama kenal, ngalir begitu aja.

Tapi kalo training bareng Kai-san, GROGI yaowlooo!
Deg deg-an mulu, antara seneng dan grogi, bahagia dan ketar-ketir, dada ini berdebar keras serasa genderang mau perang.
Saat ngobrol di jeda istrahat pun, gue harus tarik napas berkali-kali dulu baru bisa buka suara dan ngajak ngobrol dese. Lidah ini rasanya kelu, napas sesak, tenggorokan sakit dan kering.
Banyak yang pengen gue obrolin dan tanyain, tapi selalu berakhir dalam diam dan semua kata-kata itu tertelan lagi tanpa sempat terungkapkan padanya.

HALAH APASEH INI!?
Napa jadi lebay baday gini.
Kalo training sama Kai-san, situ pake hati sih, jadinya GROGOL kaaan 
*tampar muka sendiri*

Udah! Udah!
Fokus training!
Hati simpen dulu, kunci rapat di suatu tempat nun jauh disana.
Supaya nggak seenaknya keluar, apalagi di saat-saat yang nggak tepat.
Yang dikeluarin otot dan tenaga aja, supaya program training sukses dan nggak baper mulu.

Maap ya, jadi ngelantur *biasanya juga ngelantur sih*
Eniwey, training bareng Hirose-san ternyata menyenangkan banget.
Kalo kayak gini, gue jadinya malah berharap training selanjutnya sama Hirose-san aja gitu ya,
kalo sama Kai-san grogi. Haha.
Tapi teteup pengen ketemu Kai-san juga #MAUNYE APA SEH!

See you again in next training!


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...