[Slice of Life] : Morning Walking

Beberapa bulan terakhir ini gue lagi suka banget sama morning walking alias jalan-jalan pagi.
Alasan yang bikin gue suka sama jalan-jalan pagi ini adalah suasana sepi yang cuma bisa gue temukan di pagi buta dan banyak hal baru yang bisa gue temukan di setiap aktivitas jalan-jalan pagi.

Udara yang masih segar (kecuali pas musim panas haha), orang-orang yang lalu lalang dikit banget (bahkan kadang nggak ada orang sama sekali kayak kota mati), ngeliat pemandangan alam, bunga-bunga, serangga dan hewan liar lainnya yang cuma bisa ketemu saat pagi (atau saat nggak banyak orang) itu bikin gue makin suka sama aktivitas jalan-jalan pagi.


Pas musim hujan dan awal-awal musim panas kemaren, jalan-jalan pagi ini sempat terhenti sekitar dua bulan. 
Karena hujan sering banget datang di pagi hari, apalagi musim hujan tahun ini lumayan panjang, gue yang nggak suka ribet basah-basahan pun memutuskan untuk menambah jam tidur di pagi hari ketimbang jalan-jalan pagi. Haha.
Dan setelah musim hujan berakhir, maka datanglah musim panas, dimana pagi hari pun udah lembab dan puanaaas banget.
Lagi-lagi gue yang benci panas dan lembab ini pun memilih berdiam diri di kamar gue dengan AC cooler yang kuenceng ketimbang panas-panasan di luar *emang kagak niat sih*

Then, ketika musim panas udah lewat setengahnya, udara lembab pun mulai lebih bersahabat, gue mulai kembali aktivitas jalan-jalan pagi ini.
Meski udah mulai cukup lama, tapi gue baru mulai mendokumentasikan dan upload hasil 'temuan' gue selama jalan-jalan pagi ini di insta story sekitar akhir Agustus lalu.
Dimana udara udah mulai adem, dan gue bisa jalan-jalan sambil ngambil foto dan video dengan nyaman.
Kalo pas musim panas mah boro-boro jepret sana sini dah, males banget keringetan sambil foto-foto lucuk.

Setiap pagi biasanya gue bangun jam 4:30, cuci muka, sikat gigi, lalu wudhu dan sholat subuh.
Setelah itu, gue ganti baju lalu minum protein buat isi bensin sebelum keluar rumah untuk jalan-jalan pagi.

Sebelum gue ikut training di gym, gue biasanya jalan-jalan pagi dengan perut kosong.
Gue baru ngisi perut sekitar jam 7 pagi.
Setelah kenal sama mamang trainer dan ikutan training di gym, trainer gue nyaranin supaya sebelum jalan-jalan pagi sebaiknya gue minum protein dulu.

Karena kalo diitung-itung, ternyata perut gue kosong terlalu lama.
Misalnya gue terakhir makan malam sekitar jam 8 malam, lalu tidur, bangun, dan baru nemu sarapan besoknya sekitar jam 7 pagi, itu artinya perut gue kosong sekitar 11 jam.

Udah gitu ditambah jalan-jalan pagi, makin bikin perut gue kosong, yang berimbas gue sarapan kayak kesetanan karena saking lapernya.
Ujung-ujungnya jadi over calorie, trus training gue hasilnya nggak maksimal karena makan tetep nggak terkontrol.

Setelah gue coba saran trainer gue, dengan minum protein di pagi hari sebelum jalan-jalan pagi (sekitar jam 5 pagi), gue nggak merasa kelaparan banget.
Perut gue enak aja, ditambah lagi jalan-jalan pagi pun jadi lebih berenergi dan semangat!
Pulang dari jalan-jalan pagi, perut gue nggak berontak minta makan, dan gue bisa sarapan sekitar jam 8 pagi, tanpa makan kayak kesetanan. Haha.

Gue biasanya jalan-jalan pagi sekitar 40 menit kalo di hari biasa, dan nambah jadi 60 menit kalo lagi libur.
Oiya, kadang di hari biasa juga bisa melar jadi 60 menit kalo gue nyasar dan bingung nyari jalan pulang. Haha.
*anak ilang nih, maaak*

Gue selalu usahakan untuk ngambil rute yang berbeda setiap kali jalan-jalan pagi.
Misalnya, pagi ini gue ke arah stasiun atau area sekitar perumahan.
Besoknya gue coba ke arah gunung atau sungai, lusanya ke area persawahan dan perkebunan.
Atau gue jalan-jalan ke arah gunung hari ini, tapi belok ke area kanan, besoknya masih di rute arah gunung yang sama, tapi gue beloknya ke arah kiri.

Begitu seterusnya setiap hari.
Dengan begitu, setiap harinya gue akan menemukan tempat baru, hal baru, pemandangan baru dan banyak hal baru.
Imbasnya, kadang gue nyasar dan bingung nyari jalan pulang. Haha.

Foto-foto view lainnya yang gue ambil saat morning walking bisa dilihat disini :)

Setiap jalan pagi, gue paling suka nyari playground atau taman bermain buat anak-anak.
Tiap jalan dengan rute yang berbeda, pasti adaaaa aja playground baru yang gue temukan.
Gue salut sama Jepang (dan kota tempat gue tinggal), di setiap beberapa ratus meter perumahan/area apartment, pasti disediakan taman kecil dan playground.
Meskipun cuma sepetak taman, beberapa pohon, perosotan dan bangku taman satu-dua biji, tapi di setiap area perumahan pasti disediakan taman.




Apalagi kalo nemu playground gedeee dan bisa dipake athletic !
Widiiih langsung naek-naek aja deh gue! *nyeri otot sebadan-badan abis training semalem pun lupa deh*
Nggak tanggung-tanggung, biasanya kalo playground gede, suka ada stretching tools di tamannya juga.
Mantep kan!
Apalagi gue datangnya pagi buta, kosong dan sepiiii bok!
Playground berasa milik sendiri :D

Ketika kondisi badan gue lagi nggak fit, misalnya kemaren malemnya abis training dan badan gue nyeri otot semua, atau yoga semalem terlalu semangat jadinya gue rada lemes, biasanya gue ngambil rute yang deket rumah aja.
Sekitar komplek perumahan yang jalannya cuma luruuuuus terus, udah gitu pulangnya lewat jalan yang sama luruuuuus doank.
Jadinya gue nggak perlu mikir banyak, nggak nyasar dan nggak terlalu memforsir badan juga.

Gerakin badan memang bagus, tapi kadang kita juga perlu 'diskusi' sama badan sendiri.
Hari ini gimana kondisi kamu, badanku? 
Kuat nggak jalan-jalan pagi agak jauhan? Hari ini ada training kan? Jangan maksain diri ya, kita jalan santai aja :)

Jalan-jalan pagi ini juga bikin gue semangat dan nggak ngantuk paginya, konsentrasi pun jadi lebih baik ketika gue kerja.
Emang bener ya, aktivitas pagi itu bikin badan dan konsentrasi jadi lebih baik!
Semoga gue selalu diberi kesehatan dan keselamatan, supaya aktivitas jalan-jalan pagi ini bisa lanjut terus :)


PS: silakan mampir kesini untuk ngeliat playground yang gue temukan dan kesini juga untuk ngintip view pemandangan alam serta foto-foto lainnya yang gue ambil saat morning walking.


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...