[Travelling] : Pulang Pahawang - Day 2

Sebuah suara halus membangunkanku pagi itu.
Sambil setengah tidur dan dengan susah payah ngumpulin nyawa, kubuka mataku dan mencari asal suara.
Ooo, rupanya suara Oeng yang ngerengek-rengek pengen ngeliat sunrise di dermaga.

Untung suaranya doank yang halus.
Bukan mahluknya.
*dilempar Oeng ke laut*

Setelah sholat subuh dan cuci muka seperlunya, kami berlima langsung melesat menuju dermaga untuk melihat sunrise, sebuah ritual wajib kalo pergi ngetrip.
Dengan penerangan minim di sekitar rumah penduduk, kami berjalan dari penginapan menuju dermaga sambil meraba-raba dalam kegelapan.

Sesampainya di dermaga, rupanya pagi itu air pasang cukup tinggi sehingga hampir setengah dermaga sudah terendam air laut.
Mumpung area dermaga masih sepi, kami berlima pun langsung poto-poto maniez tanpa dikomando. Setelah acara pemotretan selesai, para bolang kembali ke penginapan untuk mandi, sarapan dan packing, karena hari itu hari terakhir kami di Pahawang.

[sunrise at Pahawang]

[Perkenalkan, kami sister member dari JKT48, yaitu CKP43
(FYI, itu salah satu jurusan angkot di Cikampek)]

Meski agak terlambat, sarapan yang ditunggu pun datang.
Sarapan beres, kami pun segera menuju dermaga untuk tujuan berikutnya yaitu snorkeling dan jelajah pulau di sekitar Pulau Kelagian.

Jelajah pulau diisi dengan kejar-kejaran di pantai ala film India, poto-poto kiyut, dan makan popmie di pinggir pantai sambil nyeruput kopi.

[pemandangan di depan kami yang saat itu lagi asik nyeruput popmie dan kopi luwak sachetan]

Karena udah packing dan males basah-basahan, pagi itu nggak ada acara berenang ataupun snorkeling lagi buatku.

[PEACE!!!]

Tapi tidak untuk dua bocah, Bulan dan Oeng.
Meski kudu rempong ganti baju di atas kapal dengan bermodalkan kain pantai buat ngalangin, dua bocah ini teuteup semangat snorkeling. Sebodo amat lah baju-baju yang udah di packing, yang penting NYEBUR!
Sedangkan sisa 3 bolang, aku, Kikiw dan Sari cuma standby dan selfie di atas kapal.

Sebenernya rada-rada mupeng sih ngeliat Bulan dan Oeng snorkeling, apalagi spot-nya nampak lebih worth it dibandingkan spot snorkeling kemarin. Tapi, mengingat isi tas yang udah disusun rapih dan males buat mandi lagi, aku pun mengurungkan niatku.
Gegara itu, aku nggak dapet foto pas lagi nyelam deh T.T

[udah nggak mood snorkeling, jadi pinjem poto-nya Bulan lagi kelelep aja deh]

Acara snorkeling beres, kami semua pun kembali menuju Dermaga Ketapang.
Setelah menunggu Oeng dan Bulan selesai mandi dan bebersih, perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil menuju Pelabuhan Bakauheni.

Siang itu Ketapang diguyur hujan cukup deras dan kami berlari-lari kecil menuju tempat mobil yang akan membawa kami menuju Bakauheni.
Sepanjang jalan menuju mobil, aku terus berdoa, "Ya owloohhh, semoga mobilnya bukan yang kemaren, sopirnya juga jangaaann. Pelis lah, aku pengen istirahat dan ngadem di dalam mobil."
Doa yang begitu khusuk terus kupanjatkan.
Bersamaan dengan kata Amin yang selesai kuucapkan, kami pun tiba di tempat parkir mobil yang ternyata mobil dan sopirnya SAMA KAYAK KEMAREN!

Welcome to the jungle, mobil sauna dan jet coaster!
Selamat tinggal udara adem dan tidur nyenyak.
Jangan lupa kencangkan sabuk pengaman, sediakan kipas manual dan baca Yasin dulu sebelum pergi.

Entah karena udah pasrah atau udah terbiasa [nggak mungkin terbiasa laah!], sepanjang jalan yang udah berasa naik jet coaster itu, aku malah tidur pules.
Anehnya, meski si bapa sopir mengemudikan mobil edan-edanan, salip-salipan, menerjang truk besar di depan sampe aku sangsi kalo mobil yang kami naiki ini punya rem, tapi kami berlima justru malah ketawa-ketawa dan feels so FUN!
Bahkan nggak kerasa pusing atau mabok sedikitpun meski diobok-obok di dalem mobil kayak gitu.
Mungkin bapa sopir yang satu punya kemampuan tingkat dewa dalam setir menyetir.

Perjalanan menuju Bakauheni yang harusnya ditempuh sekitar 3~4 jam, berkat bapa sopir F1 wanna be ini, hanya ditempuh dalam waktu 1.5 jam! Kebayang kan gimana dia nyetir?
Masih belum kebayang?
Ya udah, sebaiknya nggak usah dibayangin.
Don't force yourself, beibeh.

Sayang, waktu itu nggak sempet poto-poto ama bapa sopir buat kenang-kenangan.
Semoga sehat selalu ya, Pak. Salam ngebut dari kami berlima :D

Imbasnya, kami berlima nyampe terlalu awal di Bakauheni.
Belum ada satupun yang nyampe, bahkan tour leader-nya pun masih jauhhh tertinggal.
Ada untungnya sih kita nyampe paling awal, jadinya bisa sholat dulu, makan dulu dan istirahat sebelum lanjut naik Ferry menuju Merak.

Sekitar jam 18:30, semua peserta tour sudah lengkap dan kami pun langsung cuss menuju Ferry.
Kalau di itine, sebetulnya kita bisa naik Ferry lebih siang sehingga bisa ngeliat pemandangan laut lepas yang biru.
Tapi, itine hanyalah itine, ia hanya bisa berencana karena yang menentukan tetaplah tour leader.

Sekitar jam 21:00 (kalo nggak salah) kami tiba dengan selamat di Pelabuhan Merak. Aku yang awalnya berencana untuk pulang langsung ke Bandung, mengurungkan niatku dan merubah rencana karena sudah terlalu malam.
Akhirnya aku putuskan untuk nginep di tempat Oeng dan Kikiw [mereka tinggal bersama, FYI] dan pulang menuju Cikarang.

Karena bis yang kami tumpangi nggak bisa langsung ke Cikarang, mau nggak mau kita pun turun di Bekasi dan lanjut pake uber.
Rupanya Bulan pun ikutan nginep karena males pulang dan udah terlalu malem.

Setelah say goodbye dengan Sari yang beda arah, kami menuju Cikarang.
Begitu nyampe kosan Oeng dan Kikiw, nemu kasur, keempat bolang pun langsung menuju alam mimpi.

Travelling yang hanya dua hari, tapi entah kenapa terasa begitu melelahkan dan NGGAK BETAH.
Mungkin karena dari awal schedule udah berantakan dan bikin bete duluan, kebanyakan ngaret, kurangnya koordinasi, sehingga kami kurang menikmati travelling kali ini.

Tapi hikmahnya, bisa ngumpul sama temen dan berbagi suka duka selama travelling.
Karena buatku, yang terpenting dari travelling bukanlah destinasi, tapi partner selama ngetrip. Apalagi kalo sama temen-temen yang asik dan gokil, sejauh dan seberat apapun perjalanan pasti bawaanya bakal FUN!

[merenung dalam hati : duuh, cicilan mobil, motor, kosan belom dibayar, nabung buat ke Jepang lagi pun nggak nambah-nambah....
Receh banget renungan gue ya-_____-]