[Slice of Life] : menulis

Gue mulai nulis blog sejak 2012 *setdaaah udah selama itu*
Itu kalo diitung dari saat mulai pake blogger ini, belum dihitung ketika gue masih pake ketik-ketik doank di komputer, lalu cuma di save di word, trus gue mulai kenal sama salah satu platform yang menyediakan blog di media berita online.
Mungkin kalo diitung semuanya, lebih lama lagi 'sejarah' gue nulis blog.

Buat gue, menulis adalah terapi.
Terapi ketika isi kepala dan hati udah terlalu penuh dan minta dikeluarkan,
tapi gue yang terkadang apatis dan skeptis ini kudu mikir ribuan kali ketika mau membagi cerita gue kepada mahluk yang bernama manusia.
*ribet kan gue*

Dengan menulis di blog, gue bisa curhat dan mengeluarkan semua isi kepala dan hati gue, tanpa harus khawatir di judge, atau bete karena nggak didengerin dengan sepenuh hati, atau kesel karena ketika mau curhat, malah yang dicurhatin yang cerita lebih banyak. Haha.

Dari blog pulalah gue belajar untuk tau sejauh mana perkembangan diri gue, apa yang gue pikirkan saat itu, apa yang bikin gue galo saat itu dan apakah kegalauan gue masih sama aja kayak waktu itu, yang berarti gue nggak ada perkembangan.
Gue juga bisa 'merekam' siapa-siapa saja orang baru yang pernah gue temui, apakah mereka masih ada dalam keseharian gue hingga hari ini, atau cuma selewat doank.
Hal-hal yang biasanya bakalan langsung lupa atau menghilang begitu saja kalo cuma disimpan di kepala, bisa gue simpan dan buka kembali kalo gue tulis di blog.

Dengan menulis, gue bisa menyusun kata-kata dari cerita yang ingin gue sampaikan dan tuliskan. Sehingga gue bisa latihan untuk menyusun kata dan kalimat agar lebih terstruktur, lebih simple alias nggak belibet tapi dengan makna yang tetap terjaga saat gue berbicara langsung sama orang.

Ketika gue membaca ulang dan bisa menertawakan kejadian yang saat itu bikin gue galo, sedih, dan down, itu berarti gue udah move on dan selangkah lebih maju.

Rasanya gue jadi nggak sabar melihat reaksi gue 5 tahun, 10 tahun mendatang ketika membuka cerita-cerita lama di blog gue.

Sayangnya, akhir-akhir ini gue kok agak males nulis di blog ya.
*emang sejak kapan situ jadi rajin?*
Proses ketika gue harus buka laptop, colokin batre ke stop kontak, buka browser, ngetik, ngedit dan nambahin foto/video kalo perlu, lalu posting, matiin lapie, cabut colokan, dan nyimpen lapie ke tempatnya semula.....
baru ngebayanginnya aja udah lelah hayati #ALIBI

Tapi gue tetep pengen nulis.

Then, ketika gue pergi ke toko stationery, gue menemukan buku catatan dan pulpen warna-warni, yang memberi ide "kenapa nggak nulis di buku catatan aja?!"
Tinggal buka buku, nulis, begitu selesai gue bisa langsung bobo chantieq tanpa harus ngelakuin ritual #HALAH matiin lapie endeswey endesbrey.

Jadi, selama beberapa bulan terakhir gue lagi seneng-senengnya nulis di buku catatan.
Yaah, balik lagi kayak jaman SMA nulis di buku diary gicuuu.
Dengan sok-sok-an "Dear Diary.... tau nggak, hari ini si doi...."
bhahahaaaak.

Dengan menulis di buku catatan *gue sebut buku catatan karena emang beneran buku notes gitu yang biasa dipake ngantor atau kuliah, bukan buku diary yang warna-warni pastel, banyak gambar-gambar unyu, wangi, dan pake gembok #HAHA*,
gue jadi melatih tulisan tangan gue juga.
Sadar nggak sih, dengan adanya lapie dan smartphone, kita jadi jaraaaaang banget nulis pake tangan.
Awalnya gue juga harus adaptasi lagi, buanyaaak banget typo, udah gitu maleees banget nulis panjang-panjang, plus kalo udah pegel, tulisan gue jadi lebih INDAH daripada tulisan dokter di resep obat.
Saking indahnya, gue aja kagak bisa baca. Haha.

Tulisan-tulisan di buku catatan akan gue ketik ulang di blog....
...........kalo gue lagi mood.
Kalo lagi mood yaaa *iyaaa bawel*

Karena menulis di buku catatan membawa kesenangan dan kepuasan tersendiri, kayaknya gue bakal lanjut nulis terus. Semoga nggak angin-anginan ya. Hihi.


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...