[Training] Day 2

Training hari ini adalah training ke-2 dari 32 kali training yang harus gue jalanin hingga program selesai.
Sama seperti minggu lalu, training kali ini dilakukan di hari Jumat, tepatnya malam hari jam 20:00.
Sebenernya gue pengennya training seminggu dua kali, karena itu pula yang disaranin sama Trainer supaya hasil training lebih maksimal.
Tapi, apa daya karena training-nya man-to-man sama Trainer dan harus booking dulu sebelumnya, yang siyalnya hari dan jam training yang sesuai sama skejul gue semuanya penuh, jadinya baru bisa training lagi seminggu kemudian.

Berbekal pengalaman itulah, gue langsung booking hari dan training buat sebulan kedepan. Haha.

Eniwey, training kali ini gue ketemu sama Trainer yang berbeda dengan training sebelumnya.
Trainer kali ini adalah Trainer yang selama ini support pola makan dan pola hidup gue setiap hari.
Jadi selain training dan workout, program yang gue jalanin memiliki program support pola makan dan life style.

Setiap hari gue harus "melapor" apa saja yang gue makan, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, sampai camilan yang masuk ke perut. Trus gue juga laporin berapa jumlah kalori, kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang ada di semua makanan/minuman yang gue lahap seharian itu.
Kadang gue juga kirim foto-foto dari makanan/minuman itu, supaya Trainer tahu berapa banyak dan seperti apa jenisnya.

Nampak ribet?
Awalnya iya, tapi lama-lama gue mulai terbiasa dan ternyata nggak seribet itu.
Berasa kayak lagi chatingan sama temen aja.
Ditambah lagi, dengan adanya "wajib lapor" ini, gue jadi lebih concern dengan makanan yang masuk ke badan gue. Ketika gue mulai curi-curi buat makan yang nggak sehat, gue langsung mikir kalo ntar gue harus laporin ini ke Trainer, duh kan malu ya kalo pola makan gue nggak sehat.
Jadinya bisa sebagai stopper supaya gue nggak makan sembarangan.

Setelah itu, Trainer akan kasih advise dari laporan gue apakah pola makan gue udah sehat atau malah berantakan dan nggak sehat.
Karena penyebab utama orang-orang gagal dalam program training dan diet adalah sebagian besar dari pola makan, jadi support pola makan ini bener-bener detail dan teliti banget.

Awalnya gue udah was-was pasti Trainer yang support gue ini bakalan galak, ngasih kritik kalo gue nggak boleh makan ini, nggak boleh nyemil itu, dan serentetan warning lainnya yang bikin gue keder.
Ternyata nggak, pemirsah!

Trainer-nya baeeeek banget.
Cara dese ngasih advise pun asik banget, ketika gue makan yang kurang sehat kayak junk food atau yang kebanyakan tepung dan goreng-gorengan, Trainer akan ngasih advise dengan ramaaah banget, misalnya, 
"gimana kalau roti manisnya diganti sama roti gandum, pasti lebih sehat dan enak di badan."
"setelah training, bagusnya makan karbohidrat juga, jangan cuma minum protein, karena badan perlu tenaga, akan sangat bagus kalo makan karbohidrat yang rendah GI seperti umbi-umbian daripada nasi putih."

Pun ketika pola makan gue semakin baik dan sehat, Trainer ngasih apresiasi yang bikin gue seneng dan makin semangat buat hidup serta makan lebih sehat.
Kayak, "Wah, pola makan hari ini balance-nya bagus! Pertahankan ya, besok juga semangat ya!"

Kan kalo gini gue-nya juga seneng, nyaman, dan ngejalanin program tanpa stres :)

Balik lagi ke training.
Selama kurang lebih dua minggu, gue cuma saling kontak by LINE sama Trainer yang support pola makan gue, hari ini gue bisa ketemu, bisa lihat orangnya kayak apa, dan bisa training man-to-man bareng dia.

Sekitar jam 19:57, gue tiba di gym dan langsung masuk menuju lobi.
Di sana Trainer udah nunggu gue dan langsung menyambut dengan ramah.
"Halo! Perkenalkan, saya Okubo....eh, dibilang ngenalin diri pun kita udah sering kontak by LINE ya...haha. Hari ini pertama kali ketemu, tapi berasa kayak udah sering ketemu ya," sambut Trainer dengan ramah.

Fiuuh, syukurlah Trainer-nya baik dan ramah banget.
Kayaknya dia juga supel dan asik, jadi gue nggak grogi dan khawatir selama training nanti.
Ternyata orangnya memang ramah banget sama kayak saat kontak-kontakan di LINE.
Oh iya, tambahan, dese GANTENG juga.
*woooi, fokus training woooi!!!* #dilempar barbel

Training kali ini fokus ke bagian otot sekitar paha dan pantat, serta otot punggung.
Untuk bagian otot sekitar paha dan pantat, training yang dilakukan adalah seperti gambar di bawah ini.



Bedanya, saat melakukan gerakan yang bawah, kedua kaki gue ditahan dengan karet yang menjadikan kaki gue lebih berat dan beban ke paha serta pantat pun makin bertambah.
Kedua gerakan ini dilakukan masing-masing 3 set (1 set = 15 kali).

Untungnya, kedua gerakan ini biasa gue lakukan saat yoga, jadi masih fine-fine lah.
Meski gue mulai merasa ngos-ngosan dan pegel tingkat dewa di set terakhir.

Setelah tiga set selesai, training dilanjutkan dengan fokus pada otot punggung, dada dan perut. 
Yang ini pakai bantuan alat, kayak begini:


Trainer nyebutin nama training dan alatnya, tapi karena namanya panjang dan ribet, dan si Trainer nampak ngeh kalo gue kesulitan mengingat nama training dan alat ini dari muka gue yang berkerut-kerut, dia bilang, "nggak usah diinget, nggak apa-apa"
Ya udah, gue pun nggak peduli apa namanya. Haha.
*dikeplak*

Waktu training pertama pun gue pakai alat ini, dengan beban 10 kilo.
Training kali ini pun masih pakai beban yang sama, 10 kilo sebanyak 2 set (1 set = 15 kali)

Trainer : "Gimana? Kerasa berat dan pegel?"
Gue : "He-eh, banget."
Trainer : "Beneran? Nggak keliatan ah, dari mukanya kayaknya biasa aja"
Gue : "Beneran, berat banget ini!"

Setelah dua set selesai, entah karena memang udah waktunya beban ditambah supaya ada kemajuan dari training gue, entah ngeliat wajah gue yang masih lempeng dan nampak belum kesusahan, Trainer nambah beban jadi 13 kilo.

Trainer : "Ku coba tambah bebannya jadi 13 kilo ya." #dengan wajah nyantey

SEKALIAN AJA SURUH GUE ANGKUT BERAS, Kang!

Trainer : "Dua set ya."

Set pertama,
ANJAAAAY! Beraaaat yaowlooo!

Padahal tiap hari gue angkat beban, tapi yang ini lebih berat dari beban yang gue angkat tiap hari.
Tiap hari angkat beban emang?
Iya.
Beban hidup.
#TSAH!

Trainer : "Gimana? Berat?"
Gue : "BANGET! Berat banget!"
Trainer : "MASA?! Beneran berat?! Wajahnya biasa aja deh, nggak keliatan berat tuh."
Gue : "BENERAAAN! Berat banget yaowlooo!"

Yamaap aja ya kalo wajah gue lempeng, bawaan orok!

Beberapa puluh detik kemudian.

Trainer : "Ah, barusan kamu nyengir meringis tuh. Berat ya? Akhirnya bisa ngeliat wajah kesusahan kamu juga *ngakak sumringah*"
Gue : *dalam hati* situ seneng banget ya ngeliat orang suseh

Di sela-sela training, gue dan Trainer ngobrolin beberapa hal sambil istirahat.
Kami ngobrol tentang cheat day.
Hal yang paling gue nantikan dan gue suka banget. Haha.
Trainer bilang, gue boleh tetapkan satu hari cheat day dalam seminggu, dimana gue bisa makan apaaaa aja sesuka gue.
Dese juga bilang kalo cheat day sebetulnya sangat diperlukan dalam program training ini.
*SETUJU!*

Dari penjelasan Trainer, ketika badan kita tiap hari menjaga pola makan dan olahraga teratur, lama-lama badan kita akan terbiasa dan mulai stabil, hal itu yang jadi salah satu penyebab berat badan stuck alias nggak turun, serta massa otot pun gitu-gitu aja.

Di saat itulah, badan kita memerlukan stimulasi alias dibikin shock dan kaget.
Yaitu dengan cheat day.
Ketika badan udah terbiasa dengan pola makan sehat, suatu ketika badan kita dibikin kaget dengan dikasih makanan yang banyak dan nggak biasa, di saat itulah badan kita akan kaget, APAAN NIH?!
Dengan adanya stimulasi itu, si badan akan mulai bekerja lagi dan penurunan berat badan serta penambahan massa otot pun akan bekerja lagi.

Selain itu, cheat day juga sebagai terapi hati dan pikiran, supaya nggak stres dalam menjalankan program training dan diet. Kan kadang kita juga butuh "hiburan" ya. Hohoho.

Mohon maaf ya kalo penjelasan gue kurang jelas atau sulit dimengerti, kira-kira itulah yang gue tangkap dari penjelasan Trainer kemarin.
Baidewey, cheat day ini mungkin efeknya berbeda-beda untuk setiap orang, sebaiknya konsultasi dulu sama Trainer atau ahlinya ya :)

Intinya sih, gue punya satu hari cheat day dalam satu minggu, dan gue bisa makan apaaaa aja.
Gue memutuskan untuk menjadikan hari Sabtu sebagai cheat day gue, karena selain itu hari libur, gue bisa nyemil-nyemil chantieq sambil nonton seharian di rumah. Nyahahahaa.

Trainer : "Emang pengen makan apa sih pas nanti cheat day?!"
Gue : "Potato chips."
Trainer : "Suka banget ya sama potato chips."
Gue : "BANGET!" *mata berbinar-binar*
Trainer : "Eh, besok kan Sabtu, besok bisa makan potato chips donk!"
Gue : "OIYA!!! YEAYYY!"
Trainer : "Etapi bukan berarti boleh makan potato chips SEKARUNG GEDE loh ya, tetep sewajarnya aja."
Gue : "Siaaap!"

Gue mah makan satu bungkus aja udah enegh.
Dikasih satu bungkus pun udah Alhamdulillah puas banget yaowloo *sun tangan sama Trainer*

Training selama 60 menit pun nggak terasa tau-tau udah selesai.
Memang bener ya, kalo dinikmati waktu berasa cepet dan nggak berasa, bahkan untuk hal yang awalnya gue anggap berat untuk dilakukan.

Senangnya dapet Trainer yang asik dan ramah.
Gue pun jadi semangat!

Perjalanan gue masih panjang hingga program training ini selesai, tapi gue yakin gue bisa mencapai goal!
Semangat!


*credit pic by owner


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...