[Traning] Day 1

Setelah acara ngotot dan maksa di salah satu gym yang gue datangin beberapa waktu sebelumnya, Alhamdulillah gue menemukan gym lain yang lebih baik dan sesuai dengan harapan gue.

Biaya-nya jauhhhh lebih murah, tapi kualitasnya nggak kalah sama gym yang maksa itu, lokasinya deket rumah, ada personal trainer dan adviser food, trainer-nya ramah dan baik banget, program dan metode yang mereka punya bagus dan cocok buat gue, dan yang paling penting NGGAK ADA ACARA MAKSA sedikitpun.

Dari mulai konseling, observasi dan kunjungan ke gym, nggak ada sekalipun meraka nawarin buat beli supplement atau protein yang mereka jual. Bahkan gue bebas pake protein yang gue minum sekarang.
Ya Allah, andai aku menemukanmu lebih cepat #APASIH haha.

Eniwey, setelah deal gabung dengan gym ini tanpa drama sedikitpun, minggu lalu muscle training gue pun dimulai.

Pertemuan pertama gue dikasih banyak ilmu seputar pola makan, dimana sebagian besar orang gagal dalam program gym adalah karena faktor pola makan *termasuk gue haha*
Selain itu ada support center dan adviser juga, dimana kita bisa konsultasi lewat LINE chat, tentang training, pola makan, pola hidup dan sebagainya.
Misalnya, abis training baiknya makan apa? karena biasanya gue lapaaaar banget kalo abis training, tapi takut training gue jadi sia-sia kalo salah makan.

Nggak seperti kebanyakan gym, yang harus diet ketat dan mengurangi banyak konsumsi karbohidrat, gym yang ini justru menyarankan supaya kita tetap mengonsumsi karbohidrat, dengan kadar seimbang cencunya.
Trus mereka juga membolehkan adanya cheat day alias boleh makan apaaaa aja dalam satu hari (seminggu sekali). 
Manteeeep kan!
Jadinya nggak stres karena kudu diet mulu, gue masih bisa makan potato chips, roti coklat, setarbak, dan dan daaan banyak lagi *kontrol woooi kontroooool*

Then, setelah dibekali banyak ilmu, muscle training hari pertama pun dimulai di hari Jumat lalu.

Untuk permulaan, gue diukur tinggi & berat badan, serta presentasi lemak di badan.
Lalu, trainer akan melihat sejauh mana badan gue bisa gerak. 
Apakah gue terbiasa olah raga, atau sama sekali mager, dari situ trainer akan membuat menu muscle training yang cocok buat badan gue.

Training pertama dimulai dari squat.
Ternyata selama ini postur badan gue kurang tegap saat melakukan squat, jadinay bisa berpotensi sakit pinggang. 
Weeww, coba kalo nggak ada trainer, kayaknya pose squat gue bakalan salah aja terus ya.

Yang berikutnya melatih otot punggung.
Disini gue dikasih beban 10 kilo yang diangkat dengan kedua tangan, apa ya istilahnya...
pose-nya kayak tukang cuanki yang ngegotong jualannya pake bambu trus ditempatkan di kedua bahunya, kira-kira kayak gitu *maap, perumpaman yang aneh*, bedanya ini pake beban besi seberat 10 kilo.
Sambil squat pulak.

Baru segitu aja gue udah kleyengan, hebat bener mang cuanki tiap hari sambil jalan kaki ngegotong jualannya ya #abaikan

Traning berikutnya adalah Chest Exercise.
Kayak gimana? Kayak gambar di bawah ini *dasar ngga mau ribet jelasin haha*


Setelah chest exercise, lanjut ke Dumbbell Flyes

Nampak mudah?
Iya, awalnya.
Ternyata praktiknya susyeeh, apalagi gue newbie.

Postur dan gerakan harus bener, kalo nggak, bisa menyebabkan cedera dan bahaya buat badan.
Semua training dan exercise itu dilakukan beberapa set selama 60 menit.

Karena semua training dan exercise ini pengalaman pertama buat gue, 60 menit bener-bener nggak kerasa dan tau-tau udah selesai aja. Apalagi trainer-nya ramah dan ngejelasinnya gampang dimengerti, jadinya gue enjoy banget selama training.

Besoknya, seluruh badan gue NYERI OTOT.
Paha, betis, selangkangan, punggung, bahu, lengan bener-bener nyeri semua.
Udah nggak bisa gerak lagi.
Untungnya hari Sabtu, jadi gue rebahan aja depan tipi seharian. Haha.

Trainer bilang, kalo abis training gue nyeri otot, artinya training gue udah bener dan nyeri otot itu adalah hasil training gue.
Justru kalo nggak kerasa sakit apapun, berarti ada yang salah di training gue.

Masih ada puluhan training session lagi.
SEMANGAT!!!


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...