maksa banget ih

Beberapa waktu lalu gue mendatangi beberapa gym dan sports center.
Akhir-akhir ini gue kepikiran pengen nyobain sports jenis baru, selain hot yoga yang saat ini masih gue jalanin.
Setelah galau gundah gulali dan nyari informasi tentang berbagai macam sports kesana-kemati, gue putuskan untuk mencoba muscle training.

Kenapa?

Dari beberapa sumber hasil searching, gue menarik kesimpulan kalo muscle training adalah yang paling cocok buat gue dan manfaatnya bagus banget.
Hasil konsultasi sama Trainer pun, katanya badan gue tipe yang lambat dalam pembakaran kalori dan nggak begitu cocok dengan olahraga sejenis running/jogging, aerobics dan olahraga cardiovascular lainnya.

Gue disarankan untuk muscle training.
Selain itu, muscle training bisa diibaratkan sebagai investasi buat kedepannya.
Dengan membentuk otot di badan, membuat badan kita jadi lebih cepat membakar kalori serta nggak gampang kembali gemuk lagi (rebound) meski nggak lagi olahraga.

Sebetulnya hot yoga yang gue jalanin sekarang ini udah cukup banget bikin gue bugar dan alhamdulillah sehat beneer dah. Tapi dari dulu gue selalu penasaran dan pengen nyoba seperti apa muscle training itu. 
Plus, karena gue masih belum tau apa-apa soal muscle training ini, so gue pun mencari gym yang bisa sekaligus nge-hire trainer-nya.

Selain supaya gue bisa training dengan benar, gue suka ogah-ogah-an kalo nggak ada yang ngasih instruksi dan ngawasin #HAHA.
Kalo ada personal trainer, kan mau nggak mau harus serius serta konsisten.
Udah gitu menu training, pola makan sampai lifestyle kita di-manage sama personal trainer, jadi nggak ada alasan bolos atau makan seenaknya #WADUUH
*kok waduuh, hayoh mau sampai kapan makan nggak sehat muluu?*

Kembali ke pencarian gym plus trainer yang cocok buat gue, cocok dari segi lokasi (deket dari rumah), cocok di biaya (nggak bikin gue harus puasa dua tahun cuma demi nge-gym) dan cocok sama perosnal trainer-nya serta atmosfer/lingkungan gym itu sendiri #PENTING

Then, di suatu Sabtu pagi, gue bikin janji untuk konseling sekaligus tanya-tanya seputar biaya sekalian observasi ke suatu personal gym yang namanya lumayan terkenal disini, inisialnya R***P
Terkenal karena iklan-nya dimana-mana. Bahkan banyak artis yang jadi brand ambassador-nya, dengan janji dalam waktu minimal dua bulan perut bisa sixpack, berat badan bisa turun 7~10 kg (bahkan ada yang sampai 12 kg, tergantung orang), dan metode training-nya pun man-to-man alias ngga usah malu diliatin sama member gym lainnya. Private banget deh.

Tempatnya kebetulan deket rumah gue, tinggal jalan kaki sekitar 12 menit dari rumah.
Begitu tiba di lobby, gue disambut salah satu staff cowok yang bakal memandu gue selama konseling hari itu. 

Untuk permulaan, gue diminta mengisi beberapa data seperti nama, alamat, usia, tinggi badan, berat badan, pengalaman olahraga dan diet, history penyakit dan lainnya.
Selain itu gue juga diminta menuliskan target berat badan yang pengen gue capai, serta pengen punya body kayak apa atau kayak siapa (misalnya kayak artis A, kayak atlet B, dsb).

Gue sempet cengo donk waktu diminta ngisi kayak begitu.
Body artis sapa yang gue pengenin ya? 
Saat itu yang terbersit di pikiran gue cuma satu: NAKA RIISA
Haha.
Mungkin karena sebelumnya gue abis nonton TV Show Arashi dimana disitu ada segmen Sho olahraga bareng Naka Riisa, dan emang body-nya manteeep, cantik pulak. Jadinya ya udah lah gue tulis aja Neng Naka Riisa *idih, sok ikriib*

Setelah selesai ngisi form, gue pun ngesot ke ruangan sebelah buat diukur tinggi & berat badan serta kadar lemak di dalam tubuh.

Dari satu mesin canggih yang mereka pakai, semua isi badan kita bisa ketahuan. 
Selain tinggi dan berat badan tentunya, presentasi lemak di badan, kolesterol, type badan seperti apa, tingkat metabolisme, sampai berapa banyak kita bisa nurunin berat badan dalam kurun sekian bulan pun bisa ketahuan dari satu mesin itu.
Mantep juga nih gym. Boljug lah.

Setelah pengukuran badan selesai, staff gym pun menjelaskan beberapa hal seputar metode yang mereka pakai di gym mereka, serta perkiraan berapa waktu yang gue perlukan (dengan disiplin dan komitment nge-gym cencunya) supaya body gue bisa kayak Naka Riisa #HAHA 

Setelah penjelasan panjang lebar, berikutnya staff-nya menjelaskan biaya dan metode pembayaran yang mereka sediakan kalo gue deal mau masuk gym mereka (termasuk biaya personal trainer-nya).
Karena sebelumnya gue udah searching biaya di website mereka, jadinya gue punya gambaran berapa biaya yang diperlukan. 
Meskipun teuteup aja gue gerah dengan biaya mereka yang mihiiil banget itu.
Cuma tiga bulan nge-gym aja kudu keluar duit setara umroh buat dua orang #muntahpelangi

Supaya nggak keliatan kayak orang susyeh yang kaget ngeliat biaya yang mahal, gue pun cuma ngangguk-ngangguk sok cool ketika ngeliat nominal biaya di layar laptop mereka.
Udah gitu, kudu pake uang muka pulak.
INI MAU NGEGYM APA KREDIT MOBIL AVANZA?!

Sekali lagi, karena gue udah tahu berapa biaya gym mereka di website, jadinya gue biasa aja.
Tapi yang bikin kaget setengah idup adalah ketika ngeliat total semua biaya yang mereka perlihatkan ke gue.
Biayanya nambah lebih banyak 30% dari biaya yang ada di website.

Setelah gue lihat dengan lebih seksama, ternyata ada biaya buat beli supplement dan protein, yang harus dibeli setiap bulan.
Supplement-nya aja ada sekitar 6-7 jenis, ditambah protein 2 jenis.
Gue sampai melongo ngeliat harga protein-nya, harganya 5 kali lipat dari harga protein yang biasa gue minum.
Ini protein apa isinya, bisa sampe semahal gitu?
Padahal protein mah ya gitu-gitu aja, semua kandungannya sama.
Kagak ada protein super yang diminum dewa-dewa, yang begitu diminum langsung bisa berotot kayak Agnez Mo, jadinya harganya mahal.

Ngeliat harga supplement sama protein-nya aja udah bikin gue mual dan pengen nyari baskom,
buat muntah.

Karena tujuan awal gue adalah untuk muscle training dan dapet ilmu dari trainer, supaya bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, meski udah nggak nge-gym, gue pun menolak pake supplement dan bilang kalo gue udah beli protein dalam jumlah banyak, sehingga nggak bakal beli protein dari mereka.
Gue juga nggak percaya sama supplement, maaf ya, karena gue yakin semua vitamin, mineral, dan zat-zat yang diperlukan tubuh bisa didapat dari alam (sayur, buah, daging, dsb). Toh Allah menciptakan semua itu dengan segala kelebihannya, ngapain bergantung sama buatan manusia?! :)

Jadinya gue hanya akan bayar biaya gym sama trainer-nya,
itu yang gue sampaikan ke staff yang duduk di depan gue.

Bukannya maklum atau mengiyakan, si staff ini malah ngotot,
katanya kalo gue nge-gym tanpa pake supplement, hasilnya nggak akan maksimal.
Kalo gue nggak pake protein buatan mereka, penyerapan ke tubuhnynya nggak akan bagus, endeswey endesbrey guk guk meong meong.

Gue pun nggak kalah ngotot, dan bilang (lagi) kalo gue udah beli protein dalam jumlah banyak, mubazir kalo nggak diminum.
Eh, dia ngeles lagi.
Katanya, ya udah selama nge-gym di tempat kita pake protein dari kita, setelah beres program-nya, baru minum protein punya gue lagi.

Udah gitu dia keukeuh nawarin supplement, katanya kalo 7 jenis supplement ini kebanyakan, pake minimal 3 jenis aja gapapa. Ini yang 3 jenis adalah supplement utama pembentuk badan, biar body-nya ntar kayak Naka Riisa.

Lama-lama gue tebalikin juga ini meja.
Ente bahlul ngotot banget jualan supplement!

Pake bawa-bawa Naka Riisa pulak!
Mana orangnya?! Mana!? BAWA SINI AJA SEKALIAN!
*sabar mbak, sabar, tarik napas, minum dulu baygon-nya, mbak*

Gue kesini pengen olahraga, pengen nge-gym, pengen dapet ilmu dari trainer woooi!
Bukan buat nenggak supplement ato obat-obatan yang entah berguna ato nggak yang elu jual itu.
Kalo dengan minum supplement aja body gue bisa kayak Naka Riisa, yakali gue kagak usah susah payah nge-gym, nggak usah hot yoga lagi, nggak usah workout tiap pagi, Ojaan!

Setelah maksa entah untuk yang keberapa kali, dan setelah gue ngotot juga kalo nggak mau pake supplement, akhirnya si staff nyerah dan ngasih lihat simulasi biaya training tanpa supplement dan protein tetek bengek itu.

Biaya training pun kembali sama seperti biaya yang gue lihat di website.

Fiuuuh!
Adu ngotot akhirnya dimenangkan oleh petarung dari sudut biru! 
GUE!!!
*angkat piala*
*lempar staff gym*

Di akhir konseling, gue bilang kalo gue mau pikir-pikir dulu di rumah.
Jadi gue belum memutuskan untuk jadi member di gym R***P itu, dan gue pun dikasih beberapa brosur dan estimasi biaya untuk dibawa pulang.

Begitu keluar dari gedung gym, di saat bersamaan gue bersumpah nggak bakalan jadi member di gym itu!
Apaan sih ngotot banget.
Mana harganya cuih mahal banget, cuma buat nge-gym dan nge-hire trainer bisa abis segitu?!
Bank mana yang kudu gue rampok buat bayar biaya gym?
Ato gue harus ikutan kuis millionare dulu gitu?

Memang sih, dari segi program dan metode yang mereka tawarkan, bagus banget. Bahkan untuk gue yang sering ogah-ogahan olahraga pun gue yakin bisa konsisten menjalankan program dari mereka. 
Ditambah mereka punya hasil yang nyata dan nggak sekadar janji belaka.
Lingkungan gym-nya juga bagus dan mewah, udah kayak hotel berbintang lima, fasilitas olahraga sampai amenity pun tersedia gratis semua. 
Itu yang membuat gue pengen gabung di gym mereka, 
tadinya.

Tapi dengan cara maksa dan ngotot kayak tadi, apalagi pas gue bilang nggak  mau pake supplement, reaksi si staff-nya beneran ngeselin banget berasa merendahkan gue, langsung bikin gue ilfil saat itu juga dan nggak mau lagi masuk ke gym ini.

Gue pun pulang dengan rasa kesal yang masih tersisa.
Untung gue searching dan konseling dulu, nggak asal masuk gabung jadi member begitu aja, jadinya gue bisa terhindarkan dari "pemaksaan" atau jual dedet kalo kata orang Sunda mah. 
Haha.

Yah sudah, mari kita searching gym lainnya.
Jangan cuma terpaku sama satu sumber.
Kalo yang satu kurang baik, tinggal cari yang lainnya, yang lebih baik tentunya :)


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...