[Sightseeing] : Hamamatsu

Holaaaaa!
First posting di tahun 2018!!!

HAPPY NEW YEAR!!!🎍🎍🎍
Semoga di tahun yang baru ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya,
dan semoga resolusi di tahun (tahun) kemaren bisa terlaksana di tahun ini.
*emang resolusi tahun kemaren apa ya?*
*siul-siul pura-pura lupa*


Pertama kali merasakan suasana tahun baru di Jepang, buatku banyak banget surprise dan culture shock dalam arti positif plus jadi pengalaman menarik.
Tahun baru di Jepang hampir mirip sama Lebaran di Indonesia, banyak kantor yang libur panjang dan orang-orang pada mudik ke kampung halamannya masing-masing.
Bahkan, jalanan pun macet *Jepang bisa macet juga...haha* layaknya arus mudik ditambah rawan kecelakaan
*gue nonton berita isinya kecelakaan lalu lintas muluu*

Well, alhamdulillah aku dapet libur 6 hari dari kantor, yang tentunya HARUS dimanfaatkan sebaik mungkin donk!!!
Rencana awal sih tadinya mau maen ke Osaka sekalian ketemu temen kuliah yang kebetulan stay di sana. Tapi, ternyata si teman kudu lembur jadinya nggak bisa maen.
Rencana pun berubah. Ada satu temen kuliah lagi yang lagi stay di Kumamoto dan mau dateng mengunjungi tempat ane, tapiiiiii rupanya di musim liburan begini harga tiket pesawat MUAHAAAAL, jadinya si teman pun batal tamasya ke Tokyo.

6 hari masa cuma bengong di rumah sik?!
Banyak tempat yang worth it dikunjungi di Jepang, apalagi di akhir tahun.
Dengan mindset itulah akhirnya akik nyari-nyari info buat tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Lagi puyeng-puyengnya searching, tetiba teringat ada seorang temen lagi yang kebetulan mau datang ke Jepang pas akhir tahun, kita sebut saja Kuro.
Neng Kuro ini asli Bandung dan lagi tinggal di Indonesia, tapi tahun kemaren beliaw kewong sama orang Jepang, tapi belum bisa pindah atau stay permanent di Jepang ngikutin sang misua karena terkendala administrasi dan birokrasi yang belibet naujubilah itu.

Kebetulan, Kuro dapet cutay panjang akhir tahun dan mau mengunjungi sang misua di Jepang, jadinya dia pun ngajak ketemuan, yang tentunya langsung aku OKE-in donk!
Kota yang jadi tujuan Kuro sekaligus tempat tinggal sang misua itu ada di Hamamatsu City.

WHAAAT?!
HAMAMATSU?
WAIT! WAIT!
Kayaknya pernah denger nama kota ini?
Kok kayaknya mengingatkan gue sama bocah tukang bully ini ya  -______-

Karena memang udah lama nggak ketemu Kuro, plus belum pernah juga pergi ke Hamamatsu, sooo rencana pun mulai disusun.
Karena kebetulan pergi ke Hamamatsu, kenapa nggak coba ketemuan aja sama di tukang bully di sana? Gitu pikirku, yang akhirnya koling dia untuk modus ngajakin ketemuan, yang langsung dioke-in sama orang bersangkutan.

Cerita lengkapnya disini :)

29 Desember pagi....
pagi bangeeeet malaah!!!
Akik kudu bangun jam 4 subuh, langsung ngacir ke stasiun tanpa sempet sarapan buat ngejar bis pagi dari Tokyo yang berangkat jam 07:25.
Padahal sehari sebelumnya baru kelar kerja jam 11 malem, besoknya kudu bangun jam 4 subuh!!!
*bakar kasur*

Untungnya, pagi itu bisa bangun tepat waktu, padahal di musim dingin kayak gini, jangankan bangun jam 4 subuh, udah jam 7 pagi aja berasa beraaaat ngelepas selimut dan pergi ke kamar mandi.
Demi Hamamatsu lah, gue jabanin udara sedingin es, mandi sambil menggigil *meski udah pake air panas mendidih* dan pake baju sambil setengah merem.

Perjalanan dari Tokyo, tepatnya Shinjuku Bus Terminal menuju Hamamatsu Bus Terminal memakan waktu kurang lebih 4 jam, dan bisa lebih lama tergantung kondisi lalu lintas.
Karena memang lagi arus mudik, jalanan pun lebih padat dari biasanya *nggak sepadat jalan tol arah Jakarta pas tahun baru cencunyaa*, sehingga bis nyampe 15 menit lebih lama dari biasanya.

*cuma telat 15 menit doang padahal*
*tapi orang Jepang berasa udah telat dua minggu aja*

*NEGARA MACAM APA INI??!!!*

[Welcome to Hamamatsu City!]


Baidewey, siang itu Kuro udah stenbay nunggu di Ticket Center Hamamatsu sesuai jam janjian, jam 12:00.
Setelah ketemu sama Kuro, peluk mesra karena udah lama nggak ketemu, kami pun lanjut jalan-jalan ngemol di sekitaran Hamamatsu Station sambil ngobrol macem-macem melepas kangen jaman-jaman kuliah.
Karena dua orang ini bukan sosialita yang haus belanja *cuma laper belanja #SAMAJA*, alhasil siang itu kita cuma window shopping dan keliling mall doank.
Kuro cuma beli beberapa make up buat oleh-oleh mamaknya di Indonesia, sedangkan ekeu NIHIL.
Haha.

Setelah capek jelong-jelong, acara kami lanjutkan dengan makan siang di sekitaran Hamamatsu Station.
Karena kita berdua nggak makan pork, so pilihan jatuh ke salah satu rumah makan tradisional yang menyajikan karaage (ayam goreng tepung) sama ayam bumbu teriyaki.

Perut kenyang, lari deh ke mata alias NGANTUK.
Apalagi akik yang bangun subuh plus nggak tidur selama di bis tadi karena saking excited-nya mau ke Hamamatsu jadi kagak bisa tidur jadinya ngantuk tingkat khayangan.
Karena udara di luar makin dingin dan hari udah mulai sore, kami pun memutuskan buat pulang aja ke rumah Kuro sekalian istirahat coz besok acara piknik masih berlanjut.

Kami naik bis sekitar 20 menit dari stasiun menuju rumah Kuro dan begitu nyampe rumah, sang misua-nya Kuro udah ada di rumah rupanya.

Malam itu diisi dengan makan malam bertiga dan gangguin penganten baru *HAHA*, sambil nonton acara lawak spesial tahun baru di TV.


[Kangennyaaaaa!]



[Gangguin penganten baru....muahahaaa]




Besok paginya, kami berangkat jam 10 pagi *tadinya mau pergi jam 9 pagi, tapi biasalah ngaret...heuu* dan langsung cuss melaju untuk berkeliling kota Hamamatsu.

Spot pertama yang kami kunjungi adalah Unagi Pie Factory (unagi = belut) yang katanya terkenal sebagai oleh-oleh dari Hamamatsu.



Di Unagi Pie ini kita bisa langsung mengunjungi pabrik pembuatan pie sambil observasi cara membuatnya.
Pie disini jenisnya kayak genji pie yang banyak dijual di Indonesia.
Pie manis kering berbentuk panjang dengan gula di atasnya dan katanya di dalam adonannya ada unagi.
*meski buatku rasa unagi-nya nggak begitu kerasa*



[Salah satu varian Unagi Pie]


Begitu tiba di Unagi Pie Factory, kita langsung menuju lobi dan mengisi registrasi pada kertas yang sudah disediakan resepsionis. Registrasi ini harus diisi kalau mau observasi ke pabrik yang ada di lantai dua. Karena suami-nya Kuro yang ngisi, jadinya nggak tahu item apa aja yang kudu ditulis di form registrasi.
*pake bahasa Jepang soalnya, males gue kudu nulis kanji...muahaha*
*dilempar bolpen*


Setelah form selesai diisi, kemudian diserahkan ke resepsionis dan kita dipersilahkan naik tangga menuju pabrik Unagi Pie, plus dikasih sebungkus kecil (isi tiga biji) Unagi Pie.
*kalo liat gratisan langsung semangat*

[Berbagai macam varian Unagi Pie]


Dibilang observasi pabrik, sebenarnya cuman ngeliatin proses pembuatan sampai packing dari atas pabrik lewat kaca gede doank sih. Proses pembuatannya pun bukan dari awal ngaduk adonan dan motong-motong unagi jadi bahan baku, tapi dimulai dari Unagi Pie udah berbentuk pie jadi, lalu masuk ke tungku, dikasih bumbu atau rasa, masuk ke belt conveyor yang selanjutnya diberi packaging sesuai dengan variannya, trus dimasukin ke carton box dan siap dijual deh.

Nggak sampai 15 menit, observasi pun selesai.
Kami pun turun kembali ke lantai satu dan langsung disambut TOKO OLEH-OLEH berisi berbagai macam unagi pie lengkap dengan pernak-perniknya.
*strategi marketing Jepang selalu begini nih*
*mau nggak mau pan kudu beli*
*padahal sendirinya yang nggak kuat nahan kalap, pake nyalahin strategi marketing segala*

[Unagi Pie Factory dari luar]


Setelah mengantongi dua kotak unagi pie buat oleh-oleh, kami pun meneruskan perjalanan menuju destinasi selanjutnya yaitu Hamanako Lake.
Tapi, sebelum cuss ke Hamanako, rupanya di depan Unagi Pie Factory ada pabrik kacang, yang isinya KACANG *yaiyaaalaah*.
Pokonya semua kacang dijual disitu.
Mulai dari kacang tanah, almond, kedelai, macadamia, walnut, kacang polong dan banyak lagi.
Bahkan kacang tanah pun dibuat berbagai macam rasa, kayak kacang tanah rasa original, pake gula di atasnya, pake kinako (tepung yang suka ada di atas mochi), rasa pedas, rasa asin, dan rasa yang pernah ada #uhuk

Sayangnya, ada satu kacang yang nggak ada di sini.
Yaitu KACANG GARUDA.
#MENURUT NGANA?!

Sebagai penggemar kacang aku nggak melewatkan kesempatan ini donk.
Sebungkus kacang tanah dengan gula di atasnya dan kacang kedelai hitam yang di oven pun masuk kantong tanpa ragu.
Harganya pun worth it banget, sebungkus isi 200 gram untuk kacang tanah cuma dibanderol 240 Yen.
BUNGKUUUS!!!!

Setelah borong kacang-kacangan, lanjut menuju Hamanako sesuai rencana.
Atas rekomendasi Kuro, kami pergi menuju Hamanako Paru-paru, yaitu sebuah taman bermain yang jet coaster-nya ngedadah-dadah-in mulu minta dinaikin.
Tapi, berhubung Kuro sama misuanya nggak doyan sama atraksi yang memacu adrenalin, mereka pun menolak masuk ke taman bermain.
*WHY??!! WHAAAAIIIIIII??!!!*
*pengen naek atuhlaaaah!!! sayah butuh penghilang stress dan pengen jerit-jerit di atas jet coaster*
*sabar, Neng. Minum dulu obatnya*


Di taman bermain kita cuma numpang parkir, setelah itu jalan dikit menuju Rope Way yang ada di Hamanako.
Untuk menaiki rope way, kita harus merogoh kocek sebesar 1,450 Yen dan itu sudah termasuk tiket untuk mengunjungi Orgel Museum. yang ada di gedung sebelah Hamanako.
*padahal naik jet coaster ogah, tapi naik rope way yang lebih tinggi bahkan nyebrangin danau fine-fine aja tuh mereka berdua*
*cabutin tali rope way*




Nggak sampai 4 menit kami menaiki rope way hingga ke seberang dan disuguhi pemandangan Hamanako Lake yang menakjubkan.
Meski namanya lake alias danau, tapi luasnya naujubileeeee, bahkan ada pulau di tengahnya dan langsung bermuara ke laut.




Puas menikmati pemandangan Hamanako Lake, kami menuju museum orgel, tapi sebelumnya mampir dulu ke atap gedung buat ngeliat pemandangan Hamanako Lake sekali lagi sekalian poto-poto lucuuu tentunya.




[Andai aku punya baling-baling bambuuuuuu! Pengen terbang deh ih!]


Sayangnya, bukan poto-poto lucu yang didapatkan, melainkan poto-poto dengan wajah-wajah nahan dingin tapi keukeuh pengen dipoto di atap gedung.
Gilaaaa anginnya bangkeee bikin menggigil *meski terhibur dengan pemandangan di atas danau sih*, jadinya cuma poto-poto beberapa kali trus ngibrit ke bawah nyari tempat anget.

[Wajah-wajah nahan dingin tapi keukeuh pengen di poto di atas]


Next, kami memasuki Museum Orgel seperti rencana awal yang berada di lantai dua.
Kebetulan saat itu lagi ada pertunjukkan musik orgel.

Museum orgel-nya nggak begitu gede, hanya dua lantai dengan masing-masing satu ruangan.
Di lantai satu ada ruangan besar semacam stage yang dipakai untuk pertunjukan orgel dengan beberapa kursi penonton.
Saat itu kebetulan seorang staff museum sedang menjelaskan sejarah dan jenis-jenis orgel kepada audience sambil mempertunjukkan beberapa alat musik yang biasa dimainkan dalam orgel.

Di lantai dua, kita bisa melihat pertunjukkan orgel di bawah lewat balkon, plus ada beberapa orgel kuno yang dipajang di sekitar ruangan. Oiya, di lantai satu pun ada beberapa orgel kuno yang dipamerkan.
FYI, orgel yang dipamerkan di sini bukan orgel kotak musik yang kecil dan unyuu yang sering kita lihat di film atau kartun disney, tapi orgel berukuran besar bahkan di dalamnya ada berbagai macam alat musik seperti tamborine, gitar, seruling bahkan piano yang berbunyi bersamaan sehingga menghasilkan sebuah harmoni dan nada yang indah.

*cara nulis gue udah kayak blogger musik belom?*
*serah lo deh*


Setelah puas menikmati pertunjukkan orgel, kami pun turun menuju lantai satu yang lagi-lagi disuguhi toko oleh-oleh.
Untungnya aku nggak begitu kepengen beli orgel, jadinya nggak beli apa-apa dan kantong pun aman.
*lagian mending denger lagu-lagu Arashi daripada lagu orgel yang nggak tahu judul sama penyanyinya, ya nggak?*
*dikepret seniman orgel*

Keluar dari Museum Orgel, perjalanan kami lanjutkan menuju tempat makan, karena ternyata waktu udah menunjukkan jam 14:00 dan perut udah keroncongan banget.
Awalnya misuanya Kuro ngajak makan di restoran unagi *kayaknya Hamamatsu emang terkenal sama unagi ya*, tapi rupanya udah keburu siang banget dan udah LUDES.
Jadinya kita pun mampir ke sebuah family restoran bernama SAWAYAKA yang daging hamburg-nya endeeeeus banget *apalagi dijamin 100% beef, jadi amaaan!*

Karena hari itu aku ada janji lain sama #ehem bocah Hamamatsu, sekitar jam 16:00 aku pun pamit sama Kuro dan misuanya.
Setelah mengantarku sampai Hamamatsu Station, kami pun berpisah dan nggak lupa aku mengucapkan terima kasih sama penganten baru itu.
Semoga langgeng selalu yaaa.
Jangan kapok kuganggu lagi ya, soalnya ntar-ntar mungkin bakal sering ke Hamamatsu. #HOHOHO

Setelah sampai Hamamatsu Station, aku pun ngibrit menuju hotel untuk siap-siap dengan janji selanjutnya.

What will happen next?
See you in next posting 😘😘😘
Ciao!




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...