[Life in Japan] : let the storm rage on

22 Januari 2018 menjadi salah satu hari bersejarah di Tokyo, khususnya buat makhluk tropis, dan terutama untuk yang pertama kali mengalami musim dingin dan turun salju di negara empat musim seperti akik.

Kenapa?
Karena di hari itu adalah first snow in Tokyo!!!
*potong tumpeng*

Ketika di beberapa daerah lain seperti Hokkaido, Aomori, Niigata, Kumamoto dan lainnya udah turun salju dengan lebatnya, sedangkan di Tokyo masih kering-kering aja dan cuma kebagian dingin sama angin yang nusuk kulit serta bikin menggigil ampe kesel, aku yang udah menantikan salju turun di depan mata cuma bisa ngiri ngeliat kota-kota di sono.

Tiap kali bangun tidur dan ngeliat langit di luar jendela kamar berkabut dan putih berawan, aku selalu berharap hari ini turun salju.
Tapi harapan teuteup harapan, karena realitinya yaaa cuma berawan ditambah angin doank.

Tapiiiiiii.....
begitu pagi-pagi nonton berita di tipi, semua berita menyebutkan kalo Tokyo dan area Kanto sekitarnya bakal dihinggapi hujan salju.
Bahkan BADAI SALJU dari siang ampe besok paginya.
Weeew, minta salju dikasihnya BADAI bok!!!

Kalo dikasihnya om-om BADAI yang ini sih gue nggak nolak.



Oke, lanjut.

Menjelang siang, aku pergi ke office kantor dan di sekitaran Saitama menuju Shinjuku Station, salju-salju kecil udah mulai bertaburan di sepanjang jalan.
Makhluk tropis norak yang baru pertama kali ngeliat salju seumur hidupnya ini pun nggak ketinggalan buat mengabadikan momen berharga itu lewat foto, video, sampe instastory. Nyahahahahak.

Begitu tiba di office 30 menit kemudian, salju makin deres bahkan sepanjang jalan udah mulai menumpuk dan menutupi aspal yang item jadi putih.
Ngeliat orang-orang sekeliling *orang Jepang tentunya, bukan sesama makhluk tropis norak kayak akik* mulai pake payung atau apapun yang bisa melindungi kepala dan badan mereka dari terpaan salju,
gue, bukannya ikutan melindungi badan dan kepala, malah dengan sengaja ujan-ujanan supaya butiran salju yang lembut dan putih itu menerpa kepala dan merasakan segimana dinginnya es dari langit itu.


[ketika salju mulai turun dan masih tipis-tipis malu-malu gitu]


Begitu nyampe office, temen satu kantor sesama makhluk tropis yang sama-sama baru ngeliat salju pun ikutan menyambut badai salju hari itu dengan sukacita.
Hanya berselang beberapa jam aja, salju di pekarangan belakang office udah menggunung dan putiiiiiih semua.


[cuma selang beberapa jam aja udah kayak begini]



Bukannya masuk ke dalem buat menghangatkan diri, kita malah ngacir keluar, ngambil sepatu dan seperangkat peralatan buat poto-poto 4L4Y dan narsis di tengah badai salju.
Meski idung meler, tangan merah abis megang-megang es, badan menggigil nahan dingin, nggak menyurutkan kami buat menikmati salju pertama dalam hidup inihh!!!
*norak masih lanjuuut*
*life is receh beibeeh!*

Masih belum cukup poto-poto di pekarangan belakang office, aku ngesot menuju depan office dan melipir ke jalan raya buat poto-poto lagi sambil nggak lupa bawa tongsis. Orang-orang di jalan pada ngeliatin pun bodo amaaat, yang penting sayah senang bermandikan es....nyahahahaaa.
*tau gitu sekalian bawa sirop ABC, lumayan pan es serut nya udah banyak*


[mumpung Bos lagi nggak ada, langsung ngacir keluar dan poto-poto 4L4Y
*lalu nyanyi-nyanyi Let it Go bareng Putri Elsa*]



Maklum, kami makhluk tropis biasanya cuma bisa ngeliat es di dalem kulkas atau di tukang es serut, jadi begitu nemuin ada es turun dari langit dan sepanjang jalan jadi putih cantik unyu-unyu gimanaaaa gitu, jadinya berasa lagi maen drama Winter Sonata ama Abang Bae Yong Jun #HALAH!


[pekarangan di belakang office]



Ketika pulang ngantor pun badai salju masih belum berhenti, bahkan makin deres.
Mobil dan kendaraan lainnya mulai pakai rantai di ban mobilnya supaya nggak selip pas di jalanan. Kereta-kereta pun banyak yang delay bahkan berhenti beroperasi gegara badai salju yang menutupi rel sampai-sampai nggak bisa lewat.
Begitu sampai di Shinjuku Station pun penumpang membludak, bahkan di beberapa stasiun sampe diberlakukan sistem buka tutup supaya nggak tambah membludak.

Shinjuku Station yang di hari biasa aja penuh sesak-nya melebihi orang-orang yang ngantri sembako, di saat badai salju kemaren jumlahnya berkali lipat. Di tangga stasiun aja orang-orang nggak bisa gerak, MACEEET dan ngantri mengular panjang banget.
Begitu tiba di peron dan siap nunggu kereta pun, jalan sepanjang peron kudu pelaan dan ngantri karena saking banyaknya manusia di situ.
Ditambah jalanan licin gegara es yang membeku, makin bikin serem deh jalan di sepanjang peron.

Begitu tiba di peron tujuan dan nungguin kereta tujuan pun, masih kudu nunggu karena ternyata keretanya delay sodara-sodara!
Baru kali ini deh nunggu kereta di bawah hujan salju sambil menggigil kedinginan.
Padahal cuma nunggu kereta sekitar 15 menit, tapi kalo nunggu di bawah hujan salju tuh berasa berabad-abad.
Untuk menghibur diri dan mengalihkan rasa dingin, aku pun lagi-lagi menikmati butiran salju di atas kepala sambil ngeliat ke atas dan membiarkan salju menerpa mukaku sambil dengerin musik melow, biar kayak di video-video klip gichuuu.
*sambil baper trus inget Doi juga kayaknya* #eeaak

Begitu kereta datang dan melesat membelah badai salju, lagi-lagi kudu delay.
Hampir 1 jam kereta delay, berhenti di beberapa stasiun buat nunggu salju yang menumpuk di rel selesai dibersihkan, bahkan sampai mati lampu di dalam kereta.

Di hari badai itu biasanya kantor-kantor bakal memulangkan karyawannya lebih awal, supaya mereka bisa pulang cepat dan nyampe rumah lebih cepat, karena khawatir kereta dan transportasi umum maupun pribadi bakal terhambat, apalagi kalo udah malam bakal lebih parah.
So, di hari itu pun si Bos memulangkan kita semua sekitar jam 17:00 (biasanya pulang jam 19:00).

Sekitar jam 17:30 sore aku cuss pulang dengan senangnya karena estimasi bakal nyampe rumah lebih siang atau sekitaran jam 19:30.
Tapi, lagi-lagi karena badai salju, delay dan membludaknya orang-orang dimana-mana, teuteup aje nyampe rumah jam 21:30.

FYI, badai salju di Tokyo hari itu katanya adalah badai terhebat selama kurun waktu 4 tahun ini. Terakhir badai salju melanda ibukota di tahun 2014, dan tahun ini terjadi lagi.
Itu baru badai salju-nya, belum suhu dinginnya yang katanya musim dingin terdingin selama kurun waktu 48 tahun terakhir ini.

SET DAH!
Baru pertama kali ngerasain musim dingin, dikasih suhu terdingin selama kurun waktu setengah abad.
Minta salju lucu-lucu, malah dikasih badai salju terderas sepanjang 4 tahun terakhir.
WOW banget ya^^

Tapi beneran lho, dibalik rempongnya orang-orang Jepang di luar sana, gue malah seneng dan sukacita banget menyambut badai salju ini *ditoyor orang-orang Jepang*.
Dan mungkin sama seperti beberapa makhluk tropis lainnya di luar sana. Haha.

Setelah melewati malam bersalju, besoknya begitu buka jendela kamar, tadaaaaa disuguhin pemandangan serba putih bersih yang instragamable banget donk!
Dengan mata masih setengah melek, langsung jeprat jepret di sana-sini sambil nahan dingin cencunya.


[view dari jendela kamar yang unyuuuu banget]



Dari berita yang kutonton, masa-masa badai salju yang paling bahaya justru sehari setelah badai reda.
Kenapa?
Pasalnya, meski salju udah nggak turun, tapi sisa-sisa salju bakalan membeku jadi es yang bikin jalanan licin. Alhasil banyak yang kepleset atau jatuh, ditambah lagi banyak saluran pipa air yang beku dan air nggak keluar, atau yang paling parah adalah pipa-nya beku trus retak dan bochooor kemane-mane.

Satu hal yang bikin aku bersyukur di masa-masa badai ini (selain bisa maen salju tentunya) adalah : This is JAPAN.
Untungnya orang-orang di Jepang tertib dan nggak egois mateek.
Meski badai salju dan kedinginan, mereka tetap antri nunggu kereta atau bis, mereka tetep tertib berjalan di dalam stasiun dan naik tangga, tanpa harus serobot dan saling sikut pengen cepet-cepetan.
Petugas-petugas pun sigap dan bener-bener membantu terutama dalam hal transportasi masal.
Meski badai ganas banget, dalam dua hari salju udah mulai dibersihkan, kereta mulai berjalan normal (meski ada beberapa yang masih delay) dan jalanan pun mulai beroperasi seperti sedia kala.

Waktu ngantri di tangga dan peron di Shinjuku Station, aku ngeri lho ngebayangin kalo ini terjadi di Indonesia, yang mana orang-orangnya (maaf ya) masih banyak yang egois, pengen cepet-cepetan, saling sikut dan serobot, atau sok berkuasa karena pangkat tinggi atau horang kayah atau seleb papan penggilesan yang minta didahulukan tanpa ngeliat sekelilingnya.

Satu hal yang amat disayangkan saat badai ini adalah selama seminggu akik nggak bisa sepedaan, karena takut jalanan masih licin. Kan nggak lucu kalo incess jatoh dari sepeda gegara ban-nya tergelincir es di jalan.
Oiya, selain itu seisi kamar jadi dingiiiin banget *yaeyalah, suhunya aja ampe minus 2 derajadh*, pemanas udah nggak mempan, pake selimut berlapis-lapis pun masih menggigil *kompor mana kompor*

Soo, selama beberapa minggu ini mau nggak mau kudu nahan dingin sambil menggigil setiap kali tidur. Belum lagi pas paginya, susaaaah banget mau bangun tuh. Males banget keluar selimut di tengah pagi buta yang dingin...huhuhu.
Semoga musim dingin cepat berakhir dan digantikan musim semi yang hangat dan bertebaran bunga sakura yang cantik dan unyu yaa.


[meski di luar dingin dan beku, semoga hatimu nggak ikutan beku seperti es yang menempel di jendela kamarku ini ya....
*NAON SIH*
*efek dingin emang selalu bikin melow ya...haha #ALIBI*]





"The cold never bothered me anyway."

*nggaaaak! itu boong banget! gue kedinginan maaak!*



3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. ini jari belum selesai ngetik udah pencet enter aja..


    ini mau tanya, berapa suhunya ya?

    ReplyDelete

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...