[Slice of Life] : watdehel

Nggak terasa sudah empat bulan sejak aku bergelut dengan kerjaan baru di negaranya Doraemon yang penuh dengan culture shock-nya ini, dan selama empat bulan ini aku tidak pernah....mungkin lebih tepatnya belum pernah ngeluh dan misuh-misuh soal kerjaan dan dunia sekitarnya.

Meski awal-awalnya aku bahagia banget akhirnya bisa menginjakkan kaki dan menetap di negara kesukaanku dimana hampir semua yang aku suka ada disini, tapi ternyata semua nggak berjalan mulus tanpa keluhan dan rasa dongkol.
Untuk itu tanpa perlu berlama-lama, ijinkan saya untuk menumpahkan semua kekesalan dan kedongkolan yang nampaknya bentar lagi bakalan MELEDAK kalo nggak dikeluarkan.

Iya, iya maksudnya mau curhat dan ngeluh.
Maaf ya, akhir-akhir ini postingannya negatif dan suram melulu.
Ah, emang hidup gue udah suram dari sononya kali ya.
*lalu lompat dari atap gedung*

Jadi ceritanya, di tahun yang baru ini perusahaan tempatku bekerja sekarang pengen mulai membenahi dan memperbaiki hal-hal yang di tahun lalu masih belum tercapai dan masih memiliki kekurangan.
Well, semua perusahaan dimana pun pasti punya misi dan target untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya sih ya, jadi ya kuanggap wajar lah.

Nah, setelah penilaian akhir tahun setiap karyawan selesai disampaikan ke semua staff bersangkutan termasuk aku, tetiba sang presdir beserta partner sekaligus orang kepercayaan sekaligus manager dengan pangkat tertinggi sekaligus pendamping hidupnya si bos alias istrinya ini *yesss kalian tidak salah baca, bos gue yang sekarang ini suami istri sekaligus* #AMAJJING
komplen mengenai beberapa hal terutama sama staf-staf yang ditempatkan di Jepang.

Pertama,
mereka komplen soal isi laporan staf yang ada di Jepang, katanya jangan bikin report pake bahasa Indonesia, tapi kudu pake bahasa Jepang SEMUA. Dengan alasan "situ kan kerja di Jepang, tinggal di Jepang, masa bikin laporan yang palingan sejam beres juga nggak bisa pake bahasa Jepang?!"

Oke, soal report pake bahasa Jepang ane terima, toh anggap aja sebagai latihan mengarang indah dalam bahasa Jepang supaya tahun ini lulus ujian JLPT level 1 #AMIN
Tapi, yang bikin nggak enaknya adalah ketika beliaw bilang

"BIKIN LAPORAN PALINGAN SEJAM BERES"

*eerrr, kayaknya tadi ada yang ngomong......coba bilang sekali lagi apaaa?*


*ambil buldoser lalu gusur kantor beserta isinya*

Yakali kalo ngana tinggal di Planet Mars yang satu tahun di sono sama dengan 687 hari atau hampir dua tahun di bumi atau hampir dua kali lipat bumi,
karena pada kenyataannya akik merasa tinggal di bulan yang di bumi berjalan selama 29,5 hari tapi di bulan cuma satu hari alias WAKTU BERASA CEPET, nyet!
*ini kenapa malah ngelantur ke Planet Mars sama Bulan?!*
*sekalian aja pergi membasi kejahatan dengan kekuatan bulan barengan Sailor Moon*


Bikin laporan pake bahasa Indonesia aja ribedh, belum lagi kalo kudu ditranslet ke bahasanya Hello Kitty *etapi Hello Kitty di Indonesia pan udah di dubbing*, belum lagi kalo direcokin sama Bos lokal sini yang hobinya ngedongeng ngelantur kemana-mana yang kalo kita nggak dengerin dia bakal ngamuk dan pundung, belum lagi direcokin sama klien dan customer yang nelpon krang-kring, ngimel nggak berenti-berenti,
APAKAH SEJAM BISA BERES, wahay para petinggi-petinggi perusahaan di luar sana?

Kedua,
mereka *para bos.red* pengennya kami semua staf di sini nggak boleh libur di hari Sabtu Minggu.
Pengennya Sabtu Minggu kelayapan keliling menyatroni klien satu-satu dan ngunjungin mereka. Karena biasanya mereka lebih mudah ditemui di hari libur.
"Di saat para klien libur, kalian bukannya ikut libur tapi KERJA beud! Ganti libur di hari biasa aja."


*buldoser masih disitu kan? jangan dipindahin dulu ya, masih ada yang mau gue gusur nih!*


OKE.
Karena Bos nggak pernah salah dan karena kami hanya rakyat jelata, jadi nggak bisa berbuat apa-apa dan CUKUP NURUT aja *daripada nggak gajian dan bulan depan kudu puasa 40 hari*

Setelah titah sang bos diturutin, akik pun mulai menyusun ulang skejul kerja.
Minggu lalu, di hari Sabtu dan Minggu mau nggak mau gue kerja, dinas kesana kemari, mengorbankan acara-acara tipi yang biasa ditonton di Sabtu sore *bye bye Detective Conan* dan di Minggu siang *Nino-san sama Bunbubun-nya Kinki Kids kudu direlakan* dan kudu nguli di tengah orang-orang yang lagi berweek-end ria.

Nah, karena Sabtu-Minggu libur, otomatis gue nuntut hari pengganti libur donk.
Karena dua hari di weekend dipake nguli, berarti hari libur pengganti pun DUA HARI donk ya?
Bener kan?
Bener nggak sodara-sodara setanah air?
Logikanya gitu kan.

Karena minggu ini memang skejul kerja lumayan padat, akhirnya gue minta ijin buat ngambil libur di hari Kamis buat ganti si hari Sabtu yang dipake kemaren.
Sedangkan pengganti si hari Minggu masih belum bisa diganti karena kudu nyari hari biasa yang kosong dulu.

Begitu hari Kamis datang, akik pun dengan sukacita menyambut hari libur yang dinantikan itu dengan guling-guling di rumah nonton semua film, drama, acara tv yang belum sempet ditonton selama berminggu-minggu lalu.
Ketika lagi asik-asiknya meluk bantal sambil nonton, Bos Jepang tetiba nelpon 
*hari libur pun maaaaasih aja direcokin*
*banting hape*

And you know what?!!
Dia bilang, "bos pusat komplen lagi soal hari libur nih. Katanya kamu kebanyakan libur dan nanya kenapa libur di hari Kamis."

*dan sayah pun speechles...........*

*belum pernah kelilipan mic kayaknya mereka di kantor pusat sana*


Baiklah, mari kita flashback ya.
*kebanyakan flashback, emang situ Naruto?!*
Minggu lalu, gue nguli di Sabtu dan Minggu TANPA LIBUR selama tujuh hari dari hari Senin sampe ketemu Senin lagi.
Buat gantiin Sabtu Minggu kemaren, gue minta libur donk di hari biasa, bahkan gue iklasin liburnya sehari dulu di hari Kamis buat gantiin si Sabtu, sedangkan si Minggu belum diganti karena gue maklum kerjaan lagi padat dan sibuk.
Tapi, begitu gue libur di hari Kamis, masih ditelepon juga bahkan dikomplen kenapa gue nggak masuk kerja.


*BAWA SINI BULDOSERNYAAAAAA! 
Gue banting aja sekalian tuh buldoser ke depan muka kaliaaan!!!!*


Padahal di Sabtu Minggu itu jelas-jelas gue ngirim report yang menandakan GUE BEKERJA DENGAN SEPENUH HATI SEPENUH HARI SEGENAP JIWA RAGA,
bahkan gue kudu lari-lari di malam hari demi ngejar bisa nonton acara tipi Arashi dan episode perdana drama-nya Matsujun karena hari itu gue kerja ampe malem.
Kalo kalian di luar sana baca laporan gue dengan seksama dan nggak dibaca sambil ngantuk-ngantuk nyemilin kuaci sama batako,
harusnya NGGAK USAH NANYA lagi kenapa akika libur, nyet?!


Untungnya, Bos Jepang ngerti dan beliaw emang pengertian banget.
Jadi, ketika Bos pusat nanya soal libur gue yang sebetulnya nggak perlu diperdebatkan lagi, si Bos Jepang nggak jawab apa-apa karena dia juga sama-sama dongkol sambil misuh-misuh,
"Bos pusat kagak baca report kamu apa? Mereka ngapain aja disana? Udah biarin aja, nggak usah ditanggepin."


Ketiga,
imbas dari hari libur yang KATANYA kebanyakan buat kami seluruh staf di Jepang, kantor pusat langsung mengeluarkan statement
bahwa pada dasarnya kalian hanya boleh libur SATU HARI SAJA dalam satu minggu.


*buldoser kayaknya nggak mempan, ada GOJILA lagi nganggur nggak?
Sini, biar gue lempar juga.
Sekalian sama Ultramennya juga boleh*


Padahal di perjanjian kerja jelas-jelas terpampang bahwa kami libur dua hari dalam seminggu.
Memang disitu tertulis lembur udah include salary kalau nggak melebihi 40 jam dalam sebulan, terhitung masuk di hari libur atau lembur di hari biasa.
Nggak ada tuh ceritanya libur cuma dikasih satu hari dalam seminggu.
Kalau memang dari awal gitu, kenapa nggak dijelasin pas tandatangan kontrak kerja kemaren-kemaren, wahai bapak dan ibu pejabat yang terhormat?!

Jelas-jelas udah beda dari perjanjian awal, 
dan GUE MERASA DITIPU!
Detik itu aku langsung ilfeel dan MUAK dengan semua petinggi itu.
Watdehel lah, perusahaan macam apa ini yang nggak bisa menetapi janji dan tiba-tiba membelokkan janjianya kayak begitu.
Kalo dalam seminggu gue cuma dapet libur sehari doank, mending dari awal gue nggak ngambil ini kerjaan.

Anyhoo,
karena amukan gue nggak bakalan habis-habis kalo postingan ini diteruskan, jadi kita hentikan aja amarah ini ya.
Mari dilanjutkan di postingan berikutnya.

Intinya sih,
GUE ILFEEL.
Udah gitu aja.
Semoga di postingan berikutnya gue nggak muntah.
Haha.


Pic from Tumblr
(credit owner)


No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...