[Slice of Life] : pengalaman berharga

Setelah akhir bulan Juni lalu aku resmi keluar dari tempat kerja yang lama, maka aktivitas menyambut kerjaan baru pun dimulai di bulan Juli.
Setelah keterima di tempat kerja baru, rupanya nggak langsung cuss kerja masuk kantor seperti yang dibayangkan.

Pihak kantor baru menyatakan kalo aku bakalan resmi start kerja di tempat mereka per tanggal 1 Agustus, so selama sebulan akupun nganggur alias cengo nggak ada kerjaan.

Seneng?
Dapet banyak libur?

Ndasmuuu!

Yakali kalo nganggurnya di Indonesia, masih bisa leha-leha dan santey-santey selama sebulan.
Kalo di Jepang, yang ada mati kering, bok!
Apalagi selama sebulan ane kagak punya pemasukan.

Kalo di Indonesia mungkin masih bisa bayar kosan, jajan, makan, bahkan nge-emol atau nongki di coffee shop dari uang tabungan atau uang yang diterima pas kita resign dari tempat kerja lama (kalo ada).
Atau kalo nggak cukup bayar kosan, bisa pulang kampung.
Tapi di Jepang, uang segitu palingan cuma cukup buat makan seminggu.
Yang paling bikin urat leher putus sih bayar apartement kali ya. Nggak dibayar takut diuber sama debt collector *mana di negara orang lagi, yang ada ntar ane didatengin Yakuza*, tapi kalo dibayar apa kabar hidup gue sebulan ke depan. Mau makan apa? Nyabutin bunga di taman buat dijadiin lalapan?

Belom lagi buat bayar listrik, gas sama air yang nggak cukup cuma dengan beberapa ratus ribu rupiah apalagi dengan token.
Ditambah biaya internet, karena di Jepang internet udah kayak oksigen; No internet --> lo mati gaya broh! Semua serba pake internet dan kudu online, dan lagi kan kudu tetep terkoneksi sama orang rumah di Indonesia sono.

Akhirnya, selama nunggu masuk kerja di kantor baru, mau nggak mau akik harus nyari kerja part time demi memenuhi kebutuhan hidup, sekalian mencari segenggam beras dan seember berlian #AHZEG

Setelah nyari part time kesana kemari yang bersedia menerima orang asing dan bisa kerja dalam jangka pendek (kurang dari sebulan), akhirnya aku nemu perusahaan outsourcing yang bisa jadi perantara buat dapet kerja part time, kerjanya pun bebas pilih hari. Mau cuma sehari atau beberapa hari, mau hari apapun dan jam berarapun bisa diseusuaikan dengan kebutuhan.
Honornya pun lumayan lah bisa menopang hidup sebulan ini.

Baidewey, nyari part time untuk orang asing di Jepang rupanya nggak gampang. Dari puluhan tempat kerja mulai dari pabrik, gudang, jasa transport, restoran fast food, supermarket/minimarket, hingga restoran udah ane coba, tapi hasilnya cuma sedikiiit banget yang mau menerima orang asing.

Minimarket kayak Lawson atau Sevel bersedia nerima orang asing sebagai part timer di tempat mereka, tapi minimal untuk 3 bulan atau lebih. Nggak bisa bentaran. Biasanya mahasiswa asing yang kerja part time di sini.
Sedangkan restoran fast food kayak Burger King bisa nerima orang asing, cuman syaratnya kudu punya sertifikat JLPT Level 1 (Japanese Language Proficiency Test) buat kerja part time di sana.
Anjaaay, Burger King songong amiiir beud!
Cuma kerja jadi waitres aja kudu punya JLPT Level 1. Yakali kalo gue punya JLPT Level 1, mending ngelamar jadi interpreter aja, gaji oke kerjaan juga jelas. Hoho.
*ikutan songong*
*mentang-mentang baru lulus JLPT*

Anyway, akhirnya aku dapet kerja di sebuah gudang produsen baju yang namanya udah nggak asing buat pecinta branded Jepang, Uniqlo.
Di sini tugasku picking dan packing produk-produk Uniqlo yang dipesan online oleh customer.

Selama beberapa minggu, tapi nggak rutin tiap hari karena akik kadang males kumatnya, aku pun mendapatkan penghasilan dari kerja part time.
Nampak ringan dan santey kan kerjanya?
Ternyata kenyataannya berat beud.
Selama 7 jam akik kudu terus berdiri, bahkan jalan keliling gudang yang luasnya naujubileh buat picking alias ngambilin produk-produk Uniqlo berdasarkan list order dari rak, masukin ke troley atau keranjang lalu di packing.
Bayangin aja, jalan tanpa henti sambil dorong-dorong trolley empat tingkat ngelilingin gudang selama 7 jam nonstop.

Hari pertama part time, betis gue berasa mau meledak dan pegel tingkat khayangan.

Aku salut dan kagum banget buat temen-temen yang setiap hari kerja dan harus berdiri/berjalan berjam-jam lamanya.
*sun tangan*

Alhamdulillah, setelah 3 hari berjalan, kaki dan badan udah mulai bisa beradaptasi meski langsung tepar begitu nyampe rumah.
Apalagi ditambah saat itu lagi musim panas, gudang nggak ada AC-nya, cuman kipas angin yang disimpen di beberapa titik gudang aja *mana kerasa laaah*

Selama masa-masa part time inilah aku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman berharga.
Betapa beratnya nyari kerja dan mengumpulkan uang demi menyambung hidup, apalagi di negara orang yang notabene-nya jauh dari orang tua, kalo nggak ada duit mau pinjem ke mana, cuma diri sendiri yang bisa diandalkan.

Aku bahkan pernah merasakan berada di titik terendah dan bener-bener di ujung tanduk.

Ceritanya, hari itu aku dapet kerja part time di gudang Seven Eleven, yang tugasnya memilah-milah produk Sevel sesuai orderan di online shopping mereka.
Hari itu aku bener-bener nggak punya uang karena honor part time belum ditransfer.
Uang di dalam dompet cuma cukup buat beli onigiri 2 biji buat makan siang dan ongkos pergi ke tempat part time.
Lha, pulangnya begimana? Dari rumah ampe tempat part time lumayan jauh, kudu dua kali naik kereta dengan durasi waktu sekitar 1 jam, belum lagi ditambah naik bis dari stasiun sampe gudang.

Tapi, karena kebetulan hari itu adalah hari gajian *kerja part time ane dibayar seminggu sekali setiap Selasa*, maka aku pikir ya udah ntar siang atau paling lambat sore pun honor udan ditransfer, so akik bisa narik uang di ATM minimarket buat ongkos pulang.

Begitu makan siang, aku pun ngecek notifikasi dari pihak outsourcing buat ngeliat honorku udah di transfer atau belum.
Anehnya, meski berkali-kali kucek, honor belum masuk juga.
Setelah ngulik aplikasi part time dari outsourcing tersebut, akhirnya ketahuan bahwa minggu ini bertepatan dengan libur panjang musim panas di Jepang yang artinya bagian keuangan libur selama beberapa hari dan otomatis honorku pun baru akan ditransfer minggu depan.

MAMPUS!!!

Sisa uang di dompet tinggal 200 yen, IC Card buat bayar tiket kereta pun belom diisi, sisanya tinggal 700 yen, sedangkan untuk nyampe rumah diperlukan 900 yen lebih, belum kudu naik bis, bener-bener nggak punya uang!
Apa kabar gue pulang ntar?!

Disaat itulah aku berharap ada Doraemon mau minjemin pintu kemana saja.

Akhirnya, dengan lunglai aku pun pasrah nerima keadaan.
Pulang ntar jalan kaki ampe gempor deh.
*elus-elus betis*

Tepat jam 18:00 kerja part time selesai.
Dan aku cuma bisa memandang nanar pada orang-orang yang ngantri untuk naik bis di ujung halte sana.
*lempar granat ke halte*

Biasanya naik bis sampe stasiun terdekat cuma makan waktu sekitar 17 menit, tapi kalo jalan kaki bisa ampe 50 menit.
Itu pun baru perkiraan dari google map Jepang yang ngambil rata-rata kecepatan jalan orang Jepang *tau donk orang Jepang jalannya grasak-grusuk kayak gimana*, itu artinya kalo gue yang jalan kali bakalan memakan waktu 1 jam lebih.

Wokeh!
Singsingkan lengan baju, mari kita jalan kaki selama 1 jam sampe stasiun!
Untungnya hari itu cerah, angin juga lumayan sejuk, dan matahari sudah tenggelam yang berarti nggak terlalu panas.

1 jam lebih kemudian, akhirnya gue tiba di stasiun dengan selamat.
Alhamdulillah.
Disitu akik keingetan kalo masih punya saldo 400 yen di ATM, itu artinya masih bisa naik kereta ampe rumah.
Hebatnya ATM di Jepang, ngana bisa narik uang di ATM hingga saldo 0 alias ampe recehannya, tapi dengan syarat kudu di ATM dengan bank yang sama tempat ngana nabung.

Sayangnya, uang recehan nggak bisa diambil lewat ATM minimarket, karena minimal nominal yang bisa ditarik disana adalah 1000 yen.
Dan sayangnya lagi, di deket stasiun nggak ada ATM bank tempat ane nabung, jadi ya udahlah babay deh.
*elus-elus betis lagi*

Begitu nyampe stasiun, gue menghitung jumlah saldo di IC Card dengan uang di dompet, jika dihitung-hitung totalnya ada 920 yen.

Tapiiii, uang yang diperlukan untuk benar-benar nyampe ke stasiun dekat rumah adalah 940 yen.
Di saat itulah aku merasa bahwa uang 20 yen (sekitar 3000 rupiah) AMAT SANGAT BERHARGA.

Yaowlooo, dimana gue bisa nemu uang 20 yen aja? Adakah uang jatoh di sekitar sini?
Apa gue kudu ngamen di bis atau dagang Aqua di dalam kereta?

Setelah tung-ngitung dan puter otak sambal ngeliat rute kereta, akhirnya gue dapet ide.
Jadi gini rencananya, dari tempat part time sampe rumah ane kudu ngelewatin 10 stasiun, tapi kurang 20 yen. Untuk itu, gue akan turun di stasiun ke-8 menggunakan IC Card, keluar stasiun lalu jalan kaki menuju stasiun ke-9.
Begitu tiba di stasiun ke-9, gue akan beli tiket kereta dengan sisa uang di dompet menuju stasiun ke-10.

Terdengar mudah dan cetek?
Cetek karena cuma jalan SATU stasiun ajeh?

NDASMUUH!

Kalo stasiun di Tokyo sih palingan makan waktu 20-30 menitan untuk mencapai stasiun berikutnya dengan jalan kaki.
Tapi ini di SAITAMA bok!
Daerah yang sebagian besar isinya sawah dan kawasan industri yang luasnya naujubileh.
Kalo biasanya hanya perlu 5 menit untuk melewati satu stasiun, maka kalo jalan kaki bakalan perlu 45 menit!
Itu buat jalan kakinya orang Jepang.
Gue?
Ya nggak usah ditanya lah ya.
Ditambah lagi ini musim panas.
Baju gue udah basah ama keringet dan bau asyeem.
Mana udah larut malam pulak, untungnya Jepang aman sih, tapi ya teuteup aja rada was-was.
Incess kan nggak biasa jalan sendiri malem-malem, apalagi ngelewatin sawah dan sungai.
*halah, palingan juga dicegat orang-orangan sawah sama burung gagak*

Setelah tadi jalan kaki selama satu jam, sekarang gue kudu jalan kaki lagi satu jam lebih.
Total malam itu gue jalan kaki dua jam lebih (karena dari stasiun ampe rumah masih kudu jalan lagi 10 menit).
Saking pegelnya, kaki bukan sakit lagi, tapi udah kebas.
Bukan lagi waktunya elus-elus betis, tapi kayaknya betis gue udah lepas ini mah.

Begitu nyampe Stasiun Kumagaya yang artinya gue bentar lagi nyampe rumah, rasanya BAHAGIA TIADA TARA YAOWLOH!
Berasa udah seabad nggak menginjakkan kaki di Kumagaya.
Kalo nggak ada orang, rasanya pengen gue sujud syukur di stasiun, tapi gue tahan karena gue nggak mau dideportasi dari Jepang cuma gegara dianggap gila.

Dari pengalaman itu, gue jadi sadar betapa uang sekecil apapun sangat berharga. Kurang 20 yen aja bisa jadi petaka buat ane.
Sejak saat itu gue jadi lebih menghargai uang apalagi yang didapat dari kerja keras sendiri, mulai memakai uang secukupnya karena 10 atau 20 yen pun amat sangat berharga, mencoba nggak boros dan nggak beli ini-itu cuman karena laper mata.

Selain pelajaran berharga soal berhemat, akik juga dapet pelajaran berharga bahwa ternyata gue kuat jalan kaki selama dua jam lebih!
Muahahaha!

Semenjak itu, kalo pergi-pergi dan harus jalan kaki, misalnya jalan kaki sekitar 30 menit, akik yang dulu bakalan males dan langsung nyari bis, sekarang yang ada malah bilang,
“Halah, cuman 30 menit. Gue pernah jalan kaki dua jam. Ini mah cetek!”
*songong nggak sembuh-sembuh ye*
Haha.

Tapi beneran, jadinya nggak manja-manja maniez lagi, karena apalah artinya jalan kaki 30 menit di siang hari yang cerah dan sejuk, dibandingkan jalan kaki DUA JAM lebih di malam gelap seorang diri dengan temperature hingga 30 derajadh!

Terima kasih Ya Allah, sudah memberikan hambamu ini pengalaman dan pelajaran berharga. Aku nggak bakalan boros-boros uang lagi, meski cuma beberapa yen tapi aku bakalan gunakan uang sebaik-baiknya.
Misalnya, buat beli kopi di coffee shop…nyehehehe.
*disambet petir*

*inget woi! Hemat wooi!*




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...