[Friendship] : annoying friends

Jaman-jaman kuliah dulu, seperti kebanyakan orang, aku dan kelima temenku membentuk geng caur yang isinya orang absurd semua dan hobinya bikin gaduh *nggak diragukan lagi lah ya*
Karena kala itu kami merasa senasib dan sepenanggungan, sama-sama menggeluti bahasa jepang, sama-sama suka baca komik di tengah-tengah jam kuliah, sama-sama suka diomelin dosen, sama-sama suka copy-paste tugas kuliah,
bahkan sama-sama telat waktu sidang skripsi.
*telat aja rame-rame coba*
*masih untung lulus dan bisa wisuda juga* 

Sayangnya, karena 4 dari mereka sudah kewong dan punya buntut, plus tempat tinggal yang berjauhan, kami pun jadi jaraaaang banget ketemu.
Bahkan ada satu yang sampai sekarang nggak tau dimana rimbanya.

Kebetulan, minggu kemarin dua diantaranya ngajak meet up di Bandung, karena mereka lagi liburan.

Kalo udah ngumpul sama temen lama, pasti bawaannya nostalgia dan ngomongin momen-momen jaman kuliah.
Karena emang udah kenal lama, obrolan dan bahasa kita pun kadang nggak pake filter, pokonya asal nyablak aja.

In my sotoy opinion, meskipun udah kenal lama dan bisa ngobrolin apapun, harusnya perasaan lawan bicara juga patut dipikirin sih ya,
menurutku loh ya.

Di sela-sela obrolan, kami coba video call sama salah satu temen yang nggak bisa ikut ngumpul karena kudu kerja di hari Sabtu.
Awal-awal obrolan, seperti biasa ngakak nggak berhenti sampai nggak peduli sekeliling.
Tapi, begitu selang beberapa puluh menit, entah si temen di seberang sana udah nggak ada bahan obrolan, atau memang dia pengen nyablak aja, tiba-tiba dia bilang ke aku dan seorang temenku yang belum nikah,

[to me] : "Elu buruan kewong gih! Mau sampe kapan ngurusin IDOLA lu tuh yang ARASHI itu??!!"

*Idola gue mah udah pada kurus kali, kagak usah ngurusin lagi* #ahelah

Sebetulnya aku nggak pernah nanggepin dan nggak pernah mikirin kalo ada orang sotoy dan kepo yang nanyain kapan gue kewong.
Apalagi kalo ada yang nanya, "Kapan ngundang-ngundang nih?"
Selalu gue timpali, "Kalo gue kewong, emang bakalan ngundang lo? PEDE amat sik.", tapi cuma dalam hati tentunya.
Atau ketika ada yang bilang, "Jangan suka pilih-pilih, ntar kelamaan nikahnya."
Yaelah, gue beli baju di emoll aja pilih-pilih, masa calon pendamping seumur hidup nggak gue pilih-pilih juga?

Beneran nggak mempan buat gue meski ditanya ribuan kali soal kewong.
LEMPENG AJA, Bray.
Tapiiii, kalo udah nyinggung-nyinggung IDOLA gue, wah itu mah minta dibacok namanya.
Kalo mau nyindir soal kewong sih silakan, TAPI NGGAK USAH BAWA-BAWA IDOLA gue juga, nyet. #ehkelepasan




[Kalo dengan ngefans sama idola, gue bisa bahagia, gue nggak butuh yang lain lagi.
Bahkan cuma dengan ngeliat nama dia di paper cup coffee aja bikin akik senyum-senyum sendiri^^ 
*iseng tingkat kabupaten*]


Anyway, karena males berdebat, aku cuma ketawa dan bilang "BERISIK lu! Suka-suka gue donk."

Belum cukup dia bilang gitu ke ane, dia pun bilang hal yang sama ke temenku. Tapi tanpa embel-embel 'ngurusin idol', karena temenku nggak se-fangirl-mode-on kayak akik.

Sebetulnya temenku yang sotoy, nyablak, tukang ngurusin privasi orang, plus tukang batalin janji di hari H ini orangnya baik.
Baik banget bahkan, supel dan asik diajak bercanda.
Yah, namanya orang mah kadang ada saat-saat lidahnya keseleo kali ya #positipthinkingaja
Atau mungkin dia menganggap itu cuma becandaan jadinya asal cuap aja tanpa mikirin perasaan orang di sebrang sana yang dikatain gitu.
Atau mungkin karena dia udah kewong, dan merasa kalau MENIKAH adalah LIFE GOALS yang bakalan bikin happy ever after kayak di dongeng Princess Disney, dan dijamin masuk surga, jadinya dia bilang begitu sama orang-orang yang belum kewong.

Oke, kita tendang kesampingkan dulu teman yang satu ini.

Setelah acara meet up berada di penghujung acara, kami pun berpisah.
Aku dan seorang temen mau lanjut jalan-jalan lagi, tapi seorang temenku yang lain yang saat itu bawa bayi dan suaminya nampaknya mau langsung pulang.

Sebelum say goodbye, si temen yang bawa bayi ini tiba-tiba deketin aku dan tanya, "Kamu, sekarang berapa gaji-nya?"

WHAT?!!

Perasaan kalo mau pisah atau pamit itu, biasanya bilang "Bye-Bye!" atau "Sampai ketemu lagi."
Apa sekarang ada pergeseran makna dan perubahan struktur bahasa indonesia ya, jadinya kalo mau pamit kudu ngucapin, "Berapa gajimu sekarang?"
*dikeplak J.S Badudu*

Aku yang ditanya begitu cuma bisa senyum.
Pengennya sih senyum sambil elus-elus pipi temenku itu dan bisikin, "50 juta, Sayang."
"Itu pun baru gaji pokok, belum ditambah fasilitas mobil mewah, cuti 30 hari setahun, dinas luar ke Eropa, Family Gathering ke Maldives, plus apartement di Pantai Indah Kapuk.
Yuk kerja di tempatku sekarang, karena kalau Senin harga naik."

Tanpa menunggu jawaban, si teman malah nyerocos dan nebak-nebak salary-ku.
Lagi-lagi aku cuma tersenyum.
Temenku ini sebetulnya baik banget lho, bahkan kalo ngomong selalu hati-hati dan ramah.
Aku juga paham dia tanya itu hanya sekadar basa-basi dan setengah bercanda *soalnya nanyanya sambil senyum, nggak sambil nodongin pisau*

Gini ya, temen-temenku sayang.
Dimanapun, baik itu hubungan pertemanan, keluarga, kolega dan relationship lainnya, salary itu PRIVATE dan tidak seharusnya ditanyakan.
Kecuali kamu adalah Manager HRD yang lagi interview karyawan.

Kecuali si lawan bicara dengan senang hati pamer ngasih tau salary dia,
meski nggak ada yang nanya.

Emak sama babeh gue aja sampai detik ini nggak pernah tanya berapa salary, bonus, fasilitas yang akika dapet dari kantor.
Yang penting, selama anaknya ini masih bisa bayar kosan, bayar cicilan mobil sama motor, makan sehari-hari, belanja, dan beli barang-barang penguras tabungan (baca : concert goods), berarti salary yang dia dapatkan lebih dari cukup.
Nggak termasuk kalo pake kartu kredit dan dikejar-kejar debt collector ya^^

Selain soal salary, hal privasi lainnya kayak 'kamu udah nikah? kapan nikah?', 'udah punya pacar?', 'tinggal dimana?', 'kamu dimana, dengan siapa, semalam berbuat apa? Oh, Yolanda.'
sebetulnya pantang ditanyain.
Di Jepang, nanya 'udah punya pacar belum?' bahkan bisa dianggap sexual harrasement, baik itu dari cowok ke cewek ataupun sebaliknya.

Yah, mungkin temen-temenku itu belum tahu soal aturan tidak tertulis yang banyak berseliweran di sekitarnya.
Karena aku juga malas berdebat dan kalo kujelaskan satu persatu ntar dianggapnya sok menggurui, satu-satunya cara menghadapi tipe-tipe kayak begitu yang cuma disenyumin aja.
Kalo udah keterlaluan sih, suka pura-pura nggak dengar.
Kalo si penanya kesel karena dia nggak dianggap, biasanya kubalik lagi dengan bilang,
"Oh, tadi ngomong sama saya?"
sambil berlalu pergi.
*buru-buru kabur sebelum dijambak*

Oiya, kalo ada yang sok-sokan nebak salary, biasanya aku aminin aja.
"Salary lu udah dua digit ya? Atau, jangan-jangan udah di atas 20? Eh, dibayar pake dollar ya?"
AMIIIIN
Anggap aja itu doa, aminin aja :)

[Aminin dan senyum aja]


Karena aku tahu gimana rasanya ketika ditodong pertanyaan-pertanyaan di atas, sooo kalo ketemu temen atau kenalan, gue PANTANG nanyain hal-hal pribadi.
Kalau si lawan bicara dengan senang hati memberikan informasi pribadinya, ya akika dengerin baik-baik. Kalo dia nggak bilang, ya akika nggak bakalan nanya bahkan maksa-maksa buat dikasih tau.

Oiya, satu lagi.
Aku juga pantang komentar soal fisik, apalagi ketika ketemu temen lama.
Misalnya,
"Lo gendutan/kurusan ya?"
"Kok jadi jerawatan gitu?"
"Ihh, iteman lu ya?"
Ya bok, kalo ketemu temen lama itu tanya gimana kabarnya, sehat kah dia, kalo kenal ama emak babehnya, tanyain apakah mereka juga sehat.
Kan banyak toh pertanyaan lain yang lebih manusiawi tanpa harus nyakitin temen sendiri :)




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...