[Slice of Life] : Stand up Comedy Show

Sebetulnya nggak ada niatan sama sekali awalnya untuk nonton Stand-up Comedy Show.
Tapi, ketika secara nggak sengaja nemu salah satu info di timeline twitter kalo ada seorang komika yang bakal ngadain show di Bandung, entah kenapa tanpa pikir panjang, aku langsung pesen tiket dan transfer keesokan harinya.

Apalagi begitu tau komika yang ngadain show-nya adalah salah satu komika kesukaanku : Gilang Bhaskara.



Nggak tau?
Itutuh, juara 2 Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV Season 2.
Masih nggak tau?
Kalo Ge Pamungkas sama Kemal Palevi, tau kan?
Nah, kalo Ge juara 1-nya, Kemal juara 3-nya, Gilbas alias Gilang Bhaskara lah yang ada di tengah-tengah mereka, juara 2-nya.

Masih nggak tau jugaaa?
Memang sih, orang-orang entah kenapa lebih kenal Ge sama Kemal ketimbang Gilbas.
Dan ini beneran bikin Gilbas bete plus sedih, yang dia tuangkan jadi salah satu bit stand-up di show kemaren.
Bukannya ikut simpati, semua audience malah puas ngetawain penderitaan Gilbas.

Nasib nggak dikenal sebagai juara 2, dibandingkan sama Gilbas sama nasib astronot yang pergi ke bulan.
Kita tahunya kalo orang yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan adalah Neil Armstrong. Tapi, siapa yang peduli sama orang kedua yang menginjakkan kaki di bulan? Padahal selang waktu mereka cuma berbeda 20 detik.
Sama halnya dengan nasib Gilbas yang jadi juara 2, dan kesilep sama Ge Pamungkas si juara 1.
Inilah yang bikin audience kemarin di Show-nya Gilbas langsung mangut-mangut dan berpikir iya juga ya, nggak kepikiran sampai situ.

Lhaaaa, jadi ngomongin isi stand up-nya Gilbas.

Setelah dua tiket berhasil akik dapetin, berikutnya adalah nyari partner yang bisa nemenin ke Show.
Beneran loh, demi bisa nonton Stand Up, akik bela-belain beli dua tiket. Satu buat ane, satu lagi buat partner yang mau nemenin.
Kurang baek apa coba, akoh?
Tiketnya aja dibayarin looh #sombong

Segera setelah tiket ditangan, langsung deh chat ke grup dan "melelang" siapa yang mau ngikut ane ketawa dan bahagia bersama-sama sambil nonton Show-nya Gilbas #uhuk.
Awalnya, Neng Bulan bersedia jauh-jauh dari Cikarang menuju Bandung demi nemenin gue *dengan risiko ongkos ke Bandung bayar sendiri..haha*
Sayangnya, di tengah jalan dia ada acara keluarga, jadi cancel.
Aku pun coba ngajak Tucchan, eehhhh dia ada kerjaan di luar kota, yowes cancel lagi.
Untungnya, Kikiw bersedia nemenin ane yang udah hampir despret nyari partner. Beliaw pun dengan senang hati meluncur menuju Bandung dan ngebatalin pulkamnya ke Cirebon.

Yeayy! *sun tangan sama Kikiw*

Ketika hari 'H' tiba dan kita udah sepakat buat janjian di ciwalk supaya bisa jelong-jelong dan makan dulu sebelum nonton show, di tengah jalan terjadi happening :
HAPE GUE MATI TOTAL.

Udah di-charge, bahkan sampe datengin dua coffee shop dan pesen kopi dua kali sampe perut kembung demi nyari colokan, hape ane masih ngadat nggak mau idup.
Pasalnya, aku dan Kikiw janjian di ciwalk tapi belum nentuin tempat pastinya.
Ciwalk seluas dan seramai itu gimana nyarinya coba?

Akhirnya, dengan pasrah dan setengah gambling, aku masuk ke starbak buat nunggu Kikiw, sekalian nge-charge hape. Sapa tau bisa idup lagi, seenggaknya buat nelpon Kikiw kalo aku nungguin di Starbak.
Tapi hasilnya nihil, pemirsa.

Ketika lagi bengong di Starbak sambil berharap ada Kikiw lewat depan situ atau berharap Kikiw dapet ilham bahwa gue lagi nunggu dia dengan harap-harap cemas di Starbak, tiba-tiba ada seorang cewek duduk di sebelah sambil ketak-ketik pake lapie.

Seketika terbersit sebuah ide brilian gila.
Bukan, gue bukan mau nodong si mbak-mbak supaya nyerahin hape atau lapie-nya, trus gue kabur.
Tapi, akika mau pinjem lapie nya bentaaaar aja buat kirim mesej ke Kikiw.
Dengan muka memelas se-watir-watir-nya, aku memohon ke si mbake yang duduk di sebelah supaya meminjamkan lapie-nya. Untungnya si mbak ini baik hati dan tidak sombong, dia pun bersedia lapie macbook nya diketak-ketik selama satu menit oleh bocah yang kehilangan arah ini.

"Kiw, hapeku mati. Aku nunggu di Starbak. Sorry."

Kira-kira begitulah isi mesej yang kukirim ke Kikiw via messanger pesbuk.
Udah kayak pesan telegram aje, singkat padat jelas dan gratis! Haha.

Setelah nunggu sekitar satu jam dan perut makin kembung gegara diisi kopi melulu, Kikiw pun akhirnya datang, dan pertemuan mengharukan kami pun tidak dapat terelakkan #HALAH.
Singkat cerita, aku dan Kikiw menghabiskan waktu sambil nunggu acara Stand up dengan jalan-jalan dan makan di sekitaran Ciwalk.

Sekitar jam 16:30 aku dan Kikiw cuss meninggalkan Ciwalk menuju Jl. Purnawarman tempat Show berlangsung.
Setelah tuker tiket, rupanya open gate masih lama yaitu sekitar jam 18:30, jadinya kami pun jelong-jelong (lagi) sekitaran BEC dan Gramedia yang kebetulan sebelahan gedungnya dengan tempat show berlangsung.

Hujan sore hari yang mengguyur Bandung, membuat dua bolang ini kelaperan dan mencari camilan di pinggir jalan.
Akhirnya pilihan kami jatuh ke siomay gerobak dan segelas kopi (LAGI) di Circle K.
Berhubung tempat Show punya cafe yang cukup nyaman, siomay dan segelas kopi pun kami bawa ke cafe sambil nunggu open gate.
Rupanya di cafe, banyak komika lainnya juga yang mau nonton.
Nggak tanggung-tanggung donk, ada Pandji Pragiwaksono juga!

Gate dibuka sesuai jadwal, dan kami pun langsung memasuki aula sambil pilih-pilih tempat duduk yang dirasa nyaman.
Acara dimulai jam 19:30 yang diawali dengan penampilan 3 opener komika, yaitu Kamaludin, Tama, dan Gusman.

Opener pertama Kamaludin ini asli BANGKE, apalagi dia asli urang Bandung yang membawakan stand up-nya sebagian besar pake bahasa sunda.
Diawali dengan puisi bertemakan ANJING, yang kemudian beralih membahas berbagai macam gaya orang awam ketika membacakan puisi. Maklum, si akang berambut panjang ini kuliahnya di jurusan bahasa Indonesia UPI.

Opener kedua Tama, membawakan stand up dengan tema pernikahan. Dari semua komika yang tampil cuma dia yang udah kewong, jadi bangga gitu deh.
Saking bangganya dia sebagai satu-satunya yang udah nikah, Tama sampe bikin statement "biarpun gue nggak dapet golden tiket di kompetisi stand up, yang penting gue udah punya pendamping. Coba aja lu bayangin, mana yang lebih enak, meluk golden tiket atau meluk istri di malem pertama?"
MONYONG EMANG.

Opener ketiga Gusman yang agak-agak kemayu gimanaa gitu membahas soal gayanya yang emang rada centil chantieq cetar, sama soal cowok-cowok belok alias guy dan ciri-cirinya.
Di akhir penampilan Gusman sekaligus punch line-nya, dia membahas soal bahasa sunda yang unik, plus niruin logat-logat tiap daerahnya yang beda, dan sukses bikin gue ngakak ampe sesek napas.
Sarap banget ini orang, pantes aja jadi ketua stand-up komedi bandung.
Keren, proh!

Setelah 3 penampilan opener yang pecah banget dan asli emang pada sarap, berikutnya adalah menu utama yang udah ditunggu.
Gilang Bhaskara sebagai yang punya hajat pun langsung memasuki panggung.
Bukannya menyambut penonton dengan penuh percaya diri dan bergaya, Gilbas malah mondar-mandir kesana kemari saking groginya sambil bilang, "Jiiirrr, buat apa gue bikin show? Mending nggak usah deh ya. Gilak, grogi banget!"

Yang justru malah diketawain semua penonton ketika ngeliat Gilbas yang nggak bisa menyembunyikan kegugupannya.

"Karena ketiga opener tadi udah pecah dan sukses bikin penonton tertawa, jadi acara hari ini cukup sekian. Terima kasih", kelakar Gilbas sambil pura-pura mau meninggalkan panggung.

Banyak tema yang dibahas Gilbas di show-nya ini.
Mulai dari ngomentarin acara Bunda Dorce yang berujung kena karma yaitu mic yang dipake Gilbas semuanya nggak ada yang bener.
Mic wireless bunyi NGIIING melulu.
Mic yang pake kabel, nggak nyala.
Sampe dia misuh-misuh dan bilang, "Gue udah bayar ini gedung tiga juta setengah loh! Masak begini sound-nya?" yang langsung diketawain penonton.
Akhirnya, setelah Gilbas minta maaf sama Bunda Dorce, mic beserta sound systemnya kembali ke jalannya semula.

Asli soal mic dan sound system ini adalah happening yang diluar dugaan banget, tapi Gilbas bisa membuatnya jadi sebuah lelucon yang bikin semua penonton ngakak.
Bahkan meski panik dan grogi, tetep aja kita puas dibikin ngakak dengan seluruh act out-nya.



Setelah Bunda Dorce bisa ditenangkan *eh*, di tengah-tengah penampilan Gilbas tiba-tiba terdengar suara bayi.
Semua langsung hening.
Begitu juga Gilbas, "Lho? Kok ada suara bayi?"
Yang langsung disambut tawa oleh seluruh penonton seisi gedung.
Dengan sopan, Gilbas mempersilakan ibu dan bayi-nya meninggalkan gedung dan menghentikan pertunjukan sesaat sambil tetep berkelakar, "Kalian tidak lihat apa-apa! Lihat kesini! Lihat tangan saya! Kalian tidak lihat apa-apa!" katanya mencoba mengalihkan perhatian seluruh penonton ketika sang ibu dan bayinya lewat di depan seluruh penonton.

Dua happening yang terjadi di luar dugaan sukses di handle Gilbas dengan cerdas.

Tema lain yang diusung Gilbas adalah soal LCGC alias Low Cost Green Car atau mobil murah yang lagi ngetren akhir-akhir ini. Tanpa ragu Gilbas menyebutkan merek seperti Agya, Ayla, Datsun GO dan banyak lagi.
Namanya Green Car itu harusnya mobilnya bernuansa Green, misalnya bahan bakarnya dari embun pagi atau bunyi klaksonnya kicauan burung. Tapi kenyataannya, mobilnya justru kayak mobil kaleng.
Designnya jelek, bahannya tipis, nggak ada tenaganya pulak.

Gilbas juga paling sebel sama mobil yang suka pasang striker HAPPY FAMILY di kaca belakang mobil.
"Siapa disini yang mobilnya dipasangin stiker kayak begitu, silakan langsung keluar dari gedung ini", tegas Gilbas.
"Kenapa sih kudu pasang stiker happy family lengkap dengan nama setiap anggota keluarga? Bahkan ada juga yang masang nama kucing atau anjingnya.
Trus gue kudu tau nama kucing elo? nama anjing elo?
Trus kalo mobil gue nggak pasang stiker, itu artinya keluarga gue nggak happy gitu?!
Belum lagi kalo ada mobil yang pasang stiker "Baby on Car".
Kalo gue mau nabrak mobil di depan, ternyata ada stiker "Baby on Car" yang artinya ada bayi di dalam mobil itu, trus gue langsung berkelit dan menyingkir gitu?
Kalo nabrak mah ya nabrak aja kalii, boro-boro sempet ngeliat stiker."

Yang langsung disambut tawa oleh seluruh penonton.

Seperti yang diceritain di atas, Gilbas juga menyinggung nasib dia yang cuma jadi juara dua, bahkan kalah pamor dari Kemal Palevi yang juara tiga.
"Tau gitu, mending gue tahan-tahan aja biar jadi juara tiga. Nggak usah lucu-lucu amat, kalo toh pada akhirnya yang terkenal malah juara tiga."
"Tau gitu gue mending jadi komika absurd sekalian kayak Kemal, daripada jadi komika cerdas tapi nggak terkenal" sesal Gilbas yang memang banyak orang bilang kalo dia itu komika cerdas karena bit-bit-nya selalu smart.

Mungkin kalo diceritain secara tertulis begini kurang dapet lucunya, tapi asli akik ngakak nggak berhenti selama 3 jam, ampe sesak napas dan suara nggak keluar saking bingung kudu ketawa kayak gimana lagi.
Bahkan, Gilbas yang rencananya cuma tampil 40 menit, malahan bablas jadi 2 jam, pemirsah!
Acara pun berakhir di jam 22:30 dan ditutup dengan foto bareng sama Gilbas, opener dan seluruh penonton.

PUAS.
Cuma satu kata itu yang bisa menggambarkan show Gilbas malam itu.
Semua bit-nya lekat dengan kehidupan sehari-hari, bahkan aku jadi suka ketawa kalo ada mobil LCGC lewat, atau yang pake stiker Happy Family *untung bokap gue nggak nempel stiker ini di mobilnya*.

Thanks untuk Gilbas dan ketiga opener; Kamaludin, Tama dan Gusman yang sudah menghibur kami selama 3 jam dan melupakan sejenak hal-hal menyebalkan di luar sana.
Ditunggu show berikutnya, bro!







No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...