Hello March!

Maafkeuun kalo judul postingnya mainstream banget XD
Soalnya udah puyeng mikirin judul. Haha.

Baidewey,
Akhirnyaaaaaa! Saya nggak ada kerjaan punya waktu luang!!!
Yaowlooooo, dua minggu yang amat sangat menguras tenaga dan emosi #tariknapas
Sebetulnya akik bukan tipe workaholic alias penggila kerja, bahkan cenderung tergantung mood karena bawaannya pengen bobo chantieq melulu, tapi apa daya tuntutan kerjaan menggila sampe bikin saya hampir gila #lebay.

Tenaga dan fisik udah pasti terkuras lah ya, apalagi hampir tiap hari pulang kerja tanpa bisa ngeliat langit sore dan matahari.
Tapi yang bikin capek sih lebih ke emosional, apalagi seorang interpreter kudu netral, nggak boleh pake emosi, nada suara nggak boleh tinggi, ditambah kudu puter otak memfilter kata-kata yang kurang mengenakkan.

Pernah sih, saking emosinya gue nyemprot salah seorang manager.
Waktu itu lagi audit dari ASEAN branch dan siyalnya kita dapet auditor yang detail dan ketat banget *tipikal orang Jepang tulen lah*
*tapi si om Jepang ini cakep, jadi akik betah...hahaa #kerjawooi*
Imbasnya, office kita ketahuan banyak bodong dan kelemahan-kelemahan yang selama ini ditutupin dengan rapih akhirnya tercium juga *rasain lo! suruh siapa bikin laporan bohong*.
Nggak terima ditekan dan dihina di depan Bos gue, si manager tolol itu maksa gue buat menyampaikan pembelaannya yang jelas-jelas nggak bakalan mempan.

Ketika si manager udah ngomong sampai berbusa, aku cuma diem.
Dia tetep maksa buat nerjemahin.
Aku masih diem.
Bukan, bukan mogok bicara dan sebel ama si manager oon ini *pengen nabok sih iya*, tapi waktu itu bapa-bapa auditornya lagi ngobrol sama auditor lainnya, jadi ya gue nggak mungkin kan motong pembicaraan mereka.
Nggak sopan banget menyela pembicaraan, apalagi buat orang Jepang *ya buat orang Indonesia juga nggak sopan sih*.

Si manager yang nggak punya sopan santun ini masih keukeuh nyuruh akik nerjemahin dan ngomong ke auditor.
Akhirnya, dengan kepala yang hampir berasap gue semprot dia, "Auditornya lagi ngobrol pa. Tunggu dulu napa, kan nggak sopan!"

Harusnya ya...
Harusnya loooohhh, kalo seorang manager yang terhormat dan tahu etika, etos kerja serta sopan santun plus bisnis manner, harusnya bisa baca situasi dan nunggu sampai si auditor selesai ngomong, baru kita boleh nyela.
Tapi, bukannya maklum, dia malah nyelutuk, "Ya udah, kalo kamu nggak mau nerjemahin, orang lain aja yang nerjemahin."

Taelaaah, si bapa baper nih yeee.
Baru disemprot dikit, udah pundung. Malu ama jabatan, paa!

Anyway, disitu cuma ada satu interpreter alias gue.
Anyway, hari itu lagi libur, jadi nggak ada interpreter lain yang masuk kerja.

"Ya udah, bapa terjemahin aja sendiri."
Bales gue nggak mau kalah.

Karena saya bukan malaikat berhati emas dan tanpa cela, sekalinya jahat sama orang ya gue nggak bakalan tanggung-tanggung.
Dengan statement yang dikeluarkan si manager kamvret tadi, sama saja dengan nggak menghargai interpreter. Padahal gue udah bela-belain masuk di hari libur, malah kayak begitu attitude-nya.

Setelah acara sewot-sewotan tadi, si manager tadi masih aja ngomong panjang lebar dengan pembelaanya bahwa departement dia nggak separah penilaian auditor.
Sekali lagi, saya bukan orang baik, jadi terkadang setan-setan di dalam ini pengen keluar juga.
Semua perkataan dia nggak gue terjemahin, dan gue cuma diem aja sambil pura-pura nggak denger.

Dua detik kemudian, si manager ngeliatin gue dengan harap-harap cemas.
Dengan wajah lempeng, gue nanya "Kenapa pa? Bapa minta diterjemahin sama saya?"

Dan saat itu di dalam hati gue langsung ketawa jumawa sambil lempar-lempar trisula dan main-maining taring.
#evilmodeon

Yah, gitu deh sedikit intermezo kerjaan kemarin.
Saya tetap profesional dan nggak memandang siapa dan apa yang akan jadi materi terjemahan. Tapi kalau sudah menyangkut harga diri, yu dadah yu babay aja deh ya.


Well. meski tenaga dan emosi terkuras, tapi alhamdulillah berkat itu lemburan gue buanyaaak dan gajian bulan ini gemuk banget! Haha.
*kibas-kibas duit*
*inget nabung buat tiket pesawat wooi!*

Meskipun tabungan tambah gemuk, tapi kalo caranya kudu kayak begini mah emoh juga deh ya.
Tiap hari pulang larut, bahkan hari libur masuk, nyampe kosan cuma punya waktu luang 1-2 jam *itupun biasanya abis buat nyuci, masak dan nyiapin bento besok*, trus kecapean dan tidur.

TERUS KAPAN SAYA BISA NONTON dan memandangi mahluk-mahluk indah di layar tipi dan lapie, kalo tiap hari begitu terus???!!!
*ternyata dari awal memang cuma itu kegalauan gue*
*receh banget tingkat kegalauan gue ya*

Sebetulnya kerjaan masih numpuk sih, dan statement di atas kalo saya akhirnya nggak ada kerjaan punya waktu luang, itu cuma buat menghibur diri *pukpuk*, tapi ya udahlah mending NIKMATIN aja sambil senyum *meski kadang-kadang lempar trisula sambil ngeluarin taring juga*.

Kalau kepala masih berasap juga, kadang saya kabur sejenak ke Bandung buat mendinginkan kepala atau bikin janji meet up sama temen.
Meski cuma nongkrong cantik nyari coffee shop atau restoran yang lagi ngeheits sambil ngobrol, atau ketemu temen-temen gila yang kalo udah ngumpul pasti isi obrolan jauh dari saringan, tapi justru itu yang bikin bahagia.
#anaknyagampangbahagia

So, karena si Bos udah balik, waktunya berjibaku lagi dengan tumpukan terjemahan dan berjam-jam meeting dengan orang-orang "ajaib" di luar sana.


See ya!



No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...