[Travelling] : Kumamoto

Gue tiba di Kumamoto sekitar jam 14:00, lalu turun di Kumamoto Bus Center, yang berada nggak jauh dari Kumamoto Castle Hall.
Sebelum gue meninggalkan Bus Center, gue pergi ke mesin penjual tiket buat beli
tiket bus ke Kumamoto Airport besok.
Karena sama seperti saat di Fukuoka, gue pun hanya dua hari satu malam stay di Kumamoto,
dan lanjut ke Okinawa untuk destinasi berikutnya.

Setelah mengantongi tiket bus ke Kumamoto Airport untuk besok,
gue pun ngesot keluar bus center.
Ketika di perjalanan tadi, gue ngeliat ada pusat perbelanjaan dan mall di sekitaran
Kumamoto Castle Hall, dan rasanya asik juga nongki di sana sambil nunggu jam check-in
gue di hotel tempat nginep malam ini.

Apalagi perut udah berontak minta diisi, pasalnya udah lewat jam makan siang.
Di bus tadi gue cuma ngemil biskuit.
Dengan bermodalkan gugel map, gue pun mencari lokasi Kumamoto Castle Hall.
Kali ini gue pake gugel karena bukan saatnya untuk bertualang tanpa peta
ketika perut udah menjerit berdemo minta asupan logistik. Haha.

Kalo udah masuk ke area Kumamoto,
pasti banyak icon Kumamon (maskotnya Kumamoto) di sepanjang kota kayak gini.

Sekitar 10 menit jalan kaki dari bus center, tibalah gue di Kumamoto Castle Hall,
dimana sesuai namanya emoll sekaligus hall guedeee ini deketan banget sama
Kumamoto Castle yang terkenal itu.
Saking deketnya, dari emoll kita bisa ngeliat puncak castle dari kejauhan.
Duuuhh udah nggak sabar ajee pengen ke castle-nya.

Karena gue nggak mau pingsan gegara kelaperan saat di tengah-tengah
perjalanan mendaki castle, so yang pertama gue lakukan adalah nyari food court untuk ngisi perut.
Alhamdulillah, di emoll ada food court gedeee dan ramee banget.
Makanan yang dijual pun beragam.
Entah gue yang males mikir, atau entah udah kepalang lapar,
ditambah gue nggak bisa makan babi, menu makan siang yang gue pilih adalah
SASHIMI (lagi) :D

Tapi emang beneran ya, makan sashimi langsung di negara asalnya itu endeuuus banget.
Kagak bosen lah!
Sehat dan fresh pulak!
Kenyang udah pasti, apalagi gue kali ini pun minta nasi pake porsi kuli. Hahaa.

Setelah energi terisi dan istirahatin kaki yang pegel, gue pun langsung menuju
tujuan utama apalagi kalo bukan Kumamoto Castle!
Ini pertama kalinya gue ke Kumamoto dan selalu pengen ke Kumamoto Castle.
Akhirnya hari ini impian gue terwujuuut *potong tumpeng*

Didukung cuaca cerah, makin semangat menuju Kumamoto Castle!!

Dari emoll tempat gue makan tadi alias Kumamoto Castle Hall,
tinggal ngesot lurus menuju Kumamoto Castle sekitar 5 menit.
Nggak perlu gugel map, karena dari kejauhan udah keliatan puncak castle
dan kita tinggal jalan menuju puncak castle itu.

Begitu tiba di gerbang masuk, kita akan disambut sama maskot Kumamoto, yaitu
karakter berbentuk beruang (bahasa jepangnya beruang = kuma) berwarna item
dengan pipi merah bernama Kumamon.
Kumamon yang unyu ini kadang mukanya ngeselin *digetok* ,tapi gue suka #LHAGIMANA

Imut-imut ngeselin gimanaaa gitu si Kumamon ini.
*sakuin bawa pulang*

Begitu memasuki area halaman castle, kita bakal ngelihat banyak toko yang menjual suvenir
khas Kumamoto dan restoran/cafe buat nyemil-nyemil chantieq.
Disini kita bisa jelong-jelong, ngemil atau belenjong dan ngga dipungut tiket masuk.
Kecuali kalo mau beli makanan atau belenjong, jangan lupa bayar yaa.

Setelah puas cuci mata, gue pun ngesot menuju Kumamoto Castle.
Tadinya mau nyari cemilan atau belanja suvenir, tapi gue urungkan niat gue,
karena tujuan utama adalah mengunjungi Kumamoto Castle.
Kalo belanja atau cari cemilan ntar aja pulangnya, takut Castle-nya keburu tutup.

Untuk menuju Castle, kita harus menaiki beberapa tangga dan jalan berkelok-kelok,
karena Castle ada di area puncak.
Begitu memasuki halaman utama, kita dipandu sama beberapa staff supaya ngukur suhu badan dulu sebelum memasuki area Castle.
Setelah diukur suhu dan pake hand sanitizer, perjalanan pun dilanjutkan menuju area Castle.

Supaya para pengunjung tertib dan mengindari kerumunan,
sepanjang jalan menuju Castle dibuat partisi antara pengunjung yang datang dan pengunjung yang pulang.
Jadi nggak berdesak-desakan.

Entah karena hari itu bukan wiken, sepanjang area Castle nggak begitu banyak pengunjung.
Malah bisa dibilang sepi.
Kapan lagi bisa ke Kumamoto Castle dengan suasana sepi begini.
Jadinya nggak kuatir dengan kerumunan dan bisa poto-poto sepuasnya #PENTING.

Sebagian area Castle masih dalam proses re-bulid karena gempa di tahun 2016 lalu,
*mohon dikoreksi kalo salah*
sehingga jalan menuju Castle masih berupa tangga dan jalan dari kayu sementara.
Tapi, jangan kuatir, bukan Jepang namanya kalo nggak mengedepankan keselamatan dan estetika.
Semuanya serba bersih, rapih dan aman cencunya.

Masih belum bisa masuk dan ada beberapa barikade di depan Castle,
karena masih dalam tahap re-build.

Sebetulnya dari area toko suvenir sampai halaman depan Castle,
cukup ditempuh jalan kaki dan naik tangga selama kurang lebih 10 menit.
Tapi karena gue banyak berenti buat ngambil poto, video,
bengong gaje dan menatap langit sambil merenungi arti kehidupan #HALAH
jadinya gue baru nyampe di depan Castle 20 menit kemudian.
Beruntung saat itu lagi musim dingin, jadinya nggak terlalu ngos-ngosan keringetan
meski udah jalan dan naik tangga.
Bahkan gue harus buka down-jacket karena badan jadi anget abis naik tangga.

Karena Kumamoto Castle masih dalam tahap re-bulid,
jadinya gue cuma bisa masuk sampai halaman depan Castle,
dan belum bisa masuk ke dalam bangunan Castle-nya itu sendiri.
Sedih sih, udah jauh-jauh ke Kumamoto, tapi belum bisa masuk ke dalam.
Yah, semoga gue berjodoh dan bisa dateng lagi ke sini setelah proses re-bulid-nya selesai.
Amin.

Meski masih dalam proses re-bulid, tapi nggak mengurangi kemegahan Kumamoto Castle.
Baru berdiri di depannya aja rasanya udah WOW banget, beneran Japanese Castle itu keren ya!
Nggak sabar deh nunggu proses re-build-nya selesai dan ngeliat Kumamoto Castle yang utuh.
Pasti lebih keren dan megah.

Benteng sudah kami kuasai, Yang Mulia!
*yang nggak asing dengan dialog ini, berarti umur kita nggak beda jauh. Wakakak*
#BAKAR KTP

Di sekitar Kumamoto Castle ada juga beberapa wisatawan domestik (orang Jepang, bok)
yang mengunjungi Castle.
Meski nggak banyak, mengingat masih dalam masa pandemi plus bukan lagi wiken,
lumayan lah nggak sepi-sepi amat.
Disana juga ada beberapa petugas Castle yang dikit-dikit ngasih cerita dan guide tentang Kumamoto Castle.

Gue yang kepo pun langsung sok ikrib dan ngedeketin bapa-bapa petugas yang lagi nyeritain
story tentang Kumamoto Castle ke beberapa pengunjung, buat ikutin dengerin ceritanya.

Kalo cuacanya hangat, betah dah gue seharian ngelamun disini sambil memandangi
Kumamoto Castle yang megah ini.

Setelah puas memandang kemegahan Castle *masih pengen stay di deket Castle sih sebenernya*, ditambah udara yang makin lama makin dingin
*bulan Desember bok!*
gue pun pergi meninggalkan Kumamoto Castle dan kembali ke bawah buat cari cemilan #TEUTEP
Dingin-dingin begini, yang paling cocok buat ngemil di area Kumamoto Castle adalah
SOFT ICE CREAM!
Nyahahahaa.
Nggak ada hubungannya sama cuaca dingin, teutep aja gue mah doyan es krim.

Apalagi ketika jalan-jalan cuci mata keliling sekitar souvenir shop dan food area di Castle,
gue menemukan ada yang jual Strawberri Soft Ice Cream yang yaowloooo tampilannya unyuuu banget.
Salah satu yang bikin seneng wisata kuliner di Jepang adalah wujud makanan di menu (gambar/poster, dsb) pasti sama dengan wujud aslinya alias kagak bikin pehape!

Sambil duduk di bangku yang disediain kedai es krim, gue pun menikmati dan melahap habis strawberry soft ice cream,
sambil sesekali merhatiin orang-orang yang lewat hilir mudik di sekililing kedai.

Puas meng-eksplore Kumamoto Castle, kenyang makan es krim, gue pun beranjak menuju destinasi berikutnya.
Dibilang destinasi berikutnya pun sebenernya gue nggak merencanakan kemana-mana,
karena ya emang ngebolang kali ini bener-bener tanpa rencana,
pokoknya santey, terserah kaki mau kemana, terserah mood lagi pengen ngapain,
sambil ngelamun jalan-jalan pun oke.

Ngelamun sambil ngeliatin sungai dari atas jembatan aja udah bahagyaah.
*anaknya gampang seneng*

Karena masih ada beberapa jam sebelum waktu check in hotel, dan kaki gue udah gempor jalan kaki, gue pun memutuskan nongki di coffee shop aja sambil nunggu waktu check in.
Ya dimana lagi kalo bukan setarbak. Haha.
Tadinya sih pengen nyobain coffee shop lain, tapi berhubung hari makin sore dan pengunjung pun makin rame, yang berimbas cafe-cafe mulai penuh, plus cuma setarbak yang gue temukan ada kursi kosong, yaude gue ngesot ke setarbak.

Sekitar jam 18:00 gue meninggalkan setarbak setelah habis menyeruput segelas Americano hangat, dan langsung menuju hotel karena udara makin dingin menusuk tulang.
Oiya, nggak lupa beli beberapa makanan dan cemilan di minimarket buat nemenin makan malam ntar.
Apalagi hari ini kan Music Station Super Live tayang, plus jadi perform-nya Arashi yang terakhir
sebelum mereka hiatus.
Jadi harus siap sedia cemilan buat nemening nonton.

Di dalam hotel pun disambut sama Kumamon.

Setelah check in beres, gue pun langsung menuju kamar, simpen barang-barang, mandi,
dan leyeh-leyeh nunggu Music Station tayang sambil istirahatin kaki yang udah berjuang dipake ngebolang seharian ini.
Kali ini gue pilih hotel dengan kamar sendiri, mengingat di Fukuoka sebelumnya gue nggak bisa tidur gegara room mate gue grasak-grusuk tengah malem. Hadeuh.
Apalagi gue pengen nonton Music Station tanpa gangguan, jadinya gue pilih private room.

....

Lagu Arashi di hape gue berbunyi, menandakan waktu tepat jam 5:00 pagi,
sesuai dengan waktu alarm yang gue setting semalam.
Setelah sholat subuh, gue pun mengambil jaket, smartphone dan earphone,
lalu pergi keluar buat jalan-jalan pagi.

Suhu udara Kumamoto di bulan Desember yang cuma satu digit, membuat gue harus menarik resleting down jacket gue sampai ke atas leher.
Dingin dan ngantuk udah pasti, tapi kapan lagi gue bisa jalan-jalan pagi di sekitaran Kumamoto Castle?!
Apalagi habis sholat subuh ketika orang-orang masih terlelap,
bisa jalan-jalan pagi itu entah kenapa rasanya bahagia banget.

Dari hotel tempat gue menginap, cukup ditempuh sekitar 6 menit jalan kaki,
gue pun sudah tiba di halaman depan Kumamoto Castle.
Sambil menunggu matahari terbit, gue jalan-jalan sambil sesekali ngambil foto.
Widiiih, kapan lagi menikmati Kumamoto Castle sepagi dan sesepi ini.

Matahari terbit di sekitar Kumamoto Castle.

Sekitar jam 6:30 gue kembali ke hotel, mandi, dan packing karena pagi ini gue langsung check out, lalu sarapan.
Karena bosen makan makanan minimarket mulu, gue sengaja booking sarapan hotel pagi ini.
Lagian butuh tambahan gizi pulak buat ngebolang ke destinasi selanjutnya.

Masa pandemi memang bener-bener bikin dunia berubah.
Hall tempat gue sarapan pagi itu sepiiiii banget, pengunjung yang ada disitu palingan cuma 5-6 orang, termasuk gue.
Padahal ketika gue ngebolang sebelum pandemi, kalo sarapan di hotel tuh pasti lumayan penuh.

Yaowlooo itu Kumamon pake masker kenape unyuuu banget!

Selesai sarapan, gue pun check out dan ngesot menuju terminal bus.
Destinasi ngebolang selanjutnya alias yang terakhir adalah Okinawa.
Dari Kumamoto, gue naik bis menuju Kumamoto Airport yang ditempuh sekitar 1 jam.
Dari Airport gue akan naik pesawat lokal menuju Naha Airport, Okinawa.

See you, Kumamoto!
See you, Kumamon!
Semoga kita berjodoh dan bisa ketemu lagi!

Perjalanan Kumamoto → Okinawa memakan waktu sekitar 2.5 jam dengan pesawat.
Udah nggak sabar pengen cepet-cepet nyampe pulau paling selatan di Jepang yang katanya
iklimnya mirip-mirip Indonesia.

Cerita ngebolang di Okinawa lanjut di postingan lain ya.