[Holiday] : Otaru - Hokkaido

Beberapa lalu gue pergi ke Hokkaido, tepatnya ke Sapporo.

Ini kali ketiga gue mengunjungi pulau paling utara dan paling dingin di Jepang.

Saking dinginnya, suhu antara Hokkaido dan Tokyo bisa beda jauh banget.

Misalnya pas musim gugur November lalu, suhu di Tokyo sekitar 15-18 derajat.

Cerah. Angin biasa aja. Masih bisa jalan-jalan di luar rumah.

Di waktu yang sama, saat gue pergi ke Hokkaido, suhu disana minus 1 derajat!

Ditambah badai salju, jalanan penuh es dan angin gelebug dari segala penjuru arah.

Kalo di Tokyo gue bisa nyanyi India pake keliling-keliling di puun *nape harus lagu India?!*,

di Hokkaido yang ada gue nyanyi Let It Go bareng Putri Elsa.

"The cold never bothered me anyway"

BOONG BANGET LAH!

DINGIN MAAK!

Makhluk tropis langsung cranky dikasih badai salju.

Anyway, kunjungan gue ke Hokkaido ini sebenernya buat nonton konser Arashi.

Karena gue pikir sayang tiket pesawatnya udah mihil dan jauh ke Hokkaido,

ditambah gue lagi libur panjang, kenapa nggak sekalian aja gue ngebolang.

Apalagi waktu itu entah kenapa tiket pesawat ke Hokkaido (LCC) jadi mahal banget,

naik sampe 3 kali lipat, hotel dan hostel pun penuh semua.

Usut punya usut, ternyata mahalnya cuma pas di tanggal konser Arashi.

Di hari lain harganya normal.

Antara senang dan sedih.

Gue mulai hunting hotel dan tiket pesawat dua bulan sebelum keberangkatan.

Karena nggak mau ribet dan nyari yang murah, gue pun searching lewat travel web

yang menyediakan tiket plus penginapan.

Setelah nyari sana-sini, akhirnya gue dapet hostel di sekitar Sapporo

lengkap dengan tiket pesawat LCC PP dari Narita Airport ke New Chitose Airport.

Hostel yang akan jadi tempat gue menginap adalah Otaru Backpacker Hostel.

Sesuai dengan namanya, hostel ini memang diperuntukkan bagi para backpaker,

yang ternyata udah berdiri selama dua puluh tahun!

Kalo baca dari website mereka, owner hostel ini dulunya seorang backpacker

yang udah melanglang dunia. Kemudian dese pengen membuat sejenis base camp

bagi para backpacker yang mengunjungi Sapporo.

Maka berdirilah Otaru Backpacker Hostel ini.

Meski ada di Sapporo, jangan berharap hostel ini ada di tengah kota Sapporo

apalagi deket sama Sapporo Dome, tempat tujuan utama gue buat nonton konser.

Hostelnya ada di pinggiran Sapporo

*yang penting masih masuk kota Sapporo kaan*

Karena waktu itu gue langsung menuju tempat konser begitu mendarat di New Chitose Airport,

gue belum tahu gimana akses menuju hostelnya.

Kalo liat di aplikasi Navitime sih, dari Sapporo Dome jalan kaki menuju stasiun terdekat,

trus dari situ naik kereta menuju Sapporo Station dan ganti kereta menuju Otaru Station,

lalu lanjut jalan kaki sekitar 1015 menit.

Semua itu ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit, menurut si Navitime.

Konser selesai sekitar jam 21:30.

Karena penontonnya buanyaak banget, dari kursi tempat nonton konser sampai keluar Dome

memakan waktu satu jam.

Udah gitu, dari luar Dome menuju stasiun masih harus ngantri saking mbludaknya penonton,

lalu ngantri lagi di loket kereta karena harus giliran naik kereta.

Setelah naik kereta pun, karena orang masih aja mbludak, kereta pun jadi delay.

Waktu tempuh naik kereta jadi molor 30 menit.

Malam itu gue tiba di Otaru Station sekitar jam 23:45.

Gue udah janji sama owner hostel kalo bakalan tiba jam 23:00.

Kesian kan beliau nungguin gue, karena jam malam dibatasi sampai jam 23:00

supaya nggak mengganggu pengunjung hostel lainnya.

Gawat! Bisa-bisa gue nggak dikasih pintu.

Begitu keluar dari Otaru Station, jalanan udah ditutupi salju tebel,

ditambah udara yang makin dingin dan badai salju yang mengganas.

Padahal dua hari lalu Sapporo masih cerah terang benderang, entah kenapa pas gue

datang malah badai salju.

Perjalanan dari Otaru Station menuju hostel bisa ditempuh dengan jalan kaki,

tapi melihat badai salju di depan mata dan gue yang udah kecapean plus kedinginan,

membuat gue berpikir alangkah bijaknya kalo gue naik taksi aja ketimbang jalan.

Apalagi jam udah lewat dari jam janjian gue check in di hostel,

tanpa ba bi bu gue pun langsung nyetop taksi.

Karena badai salju, taksi pun nggak bisa ngebut.

Tepat jam 24:00 gue tiba di depan pintu hostel.

Untungnya bapa owner masih setia nungguin gue *sun tangan* dan langsung

mempersilakan gue masuk.

Ketika owner hostel ngeliat gue ngegembol tas berlogo Arashi,

dese langsung senyum maklum dan bilang,

"Oh, habis nonton konser Arashi di Sapporo Dome ya.

Pasti penuh banget, makanya sampai larut malam."

Duh, si bapa baek banget. Kayaknya dese udah hapal kalo musim konser Arashi pasti

orang-orang mbludak.

Hostel tempat gue menginap kali ini adalah Otarunai Backpackers Hostel Morinoki.

Hostel yang homie banget, dengan bangunan berdominasi kayu ala Jepang, minimalis tapi rapih dan bersih, ada perpustakaan mini yang kebanyakan diisi koleksi komik Jepang kesukaan owner, kamar dormitory khusu cewek/cowok, kotatsu (meja penghangat Jepang) serta kucing dan anjing peliharaan owner yang unyu plus jinak banget, bahkan sama pengunjung hostel yang baru pertama kali ditemui.

Sila ke sini untuk informasi lebih detail.

[The Otarunai Backpackers’ Hostel Morinoki]

Setelah check in, menjelaskan peraturan dan nunjukin kamar gue, tanpa menunggu dikomando, gue langsung lempar tas dan rebahan….

Pengennya gituuuu.

Tapi gue kudu mandi, gosok gigi, ganti baju dan beresin tas dulu baru bisa ngelonjor santey deh.

Then, bapa owner pun meninggalkan gue dan kembali ke meja kerjanya.

Dia juga bilang kalo ada pengunjung hostel lainnya yang sama-sama nonton konser Arashi, tapi beda hari. Widiiih! Asik donk ada temen.

Kamar yang gue tempatin adalah tipe dormitory alias satu kamar diisi rame-rame, khusus cewek. Ada tiga tempat tidur tingkat di kamar yang gue tempati, yang artinya bisa dihuni sama 6 orang.

Ketika gue lihat sekeliling, tampaknya semua tempat tidur terisi, berarti satu kamar ini full 6 orang termasuk gue.

Gue sendiri dapet tempat tidur di bagian atas, pinggir jendela yang terhubung ke halaman luar hostel, jadi bisa memantau dengan leluasa #HALAH

Karena udah larut malam, semua penghuni kamar udah pada pules, kecuali gue yang masih sibuk grasak grusuk karena baru nyampe. Haha.

…..

Sekitar jam 6 pagi *kalo ga salah, lupa dah saking pulesnya, apalagi gue lagi nggak sholat* gue terbangun dan terlihat tumpukan salju dari jendela kamar di samping tempat tidur.

Oh iya, gue lagi di Hokkaido, jadinya disuguhin pemandangan bersalju pas bangun tidur.

Konser Arashi semalam masih berasa mimpi, jadinya gue masih setengah sadar lagi berada di Hokkaido. Haha.

Selesai mandi, gosok gigi dan ngambil jaket, gue ngesot menuju ruang makan hostel.

Disebut ruang makan pun sebenarnya cuma ruangan kecil dengan satu meja dan beberapa kursi yang biasanya dipake owner dan pengunjung hostel buat makan, yang terhubung langsung dengan dapur dan perpustakaan mini dengan penghangat di pinggirnya, dimana kucing dan anjing peliharaan owner hostel biasanya suka nongki di deket penghangat.

Salah satu sudut di ruang makan hostel.

Oiya, kita kenalan dulu sama si Meng dan Guguk yang “jagain” hostel ini yuk.

Si Meng namanya Momo.

Si Guguk namanya Hagu (dari kata Hug = peluk).

Biasanya Momo senengnya diem di depan penghangat atau jelong-jelong di sekitar dapur. Pokoknya tempat yang anget dan banyak orang.

Sedangkan Hagu senengnya diem di kotatsu atau rebahan di sekitar pintu masuk. Dia bakalan langsung bersuara ketika ada yang mendekati pintu masuk, seakan ngingetin owner hostel kalo ada yang datang.

Karena gue pun “disambut” sama Hagu pas pertama kali datang ke hostel :D

Momo

Hagu

Pagi itu salah seorang staff hostel nawarin apakah mau sarapan disini atau di luar. Kebetulan doi lagi masak buat nyiapin sarapan buat pengunjung hostel.

Dengan membayar 300 yen aja, gue bisa dapet satu porsi sarapan lengkap ala Jepang.

Menunya gimana mood staff hostel-nya, jadi nggak pasti. Haha.

Karena rasanya lebih apdol aja kalo gue sarapan di hotel, masakan buatan rumahan pula, ditambah lagi bisa sarapan bareng sama beberapa penghuni hostel sekalian berkomunikasi sama orang-orang dari berbagai negara, so gue putuskan untuk sarapan di hostel.

Menu pagi itu adalah nasi putih anget, sup miso, asinan lobak dan salad.

Simple tapi rasanya nikmaaat banget.

Pagi itu gue sarapan bareng staff hostel yang masak sarapan, satu pengunjung orang Jepang, satu dari Tiongkok *yang ternyata penggemar Arashi juga* satu pengunjung dari Italy dan satu pengunjung dari Amerika Latin *gue lupa negaranya* tapi dia ngomong pake bahasa Inggris dengan aksen Spanish.

Seneng rasanya bisa ketemu beragam macam orang dari berbagai negara.

Selesai sarapan, gue cus keluar karena pengen jelong-jelong di sekitaran Sapporo.

Karena ini pertama kalinya ke Sapporo, jadi pengen eksplore donk ya.

Sayangnya…..di luar BADAI SALJU bok!

Duh, apa Putri Elsa lagi ngamuk ya, padahal tadi pagi cerah, pas gue keluar malah badai salju.

Tapi, bukan gue yang tukang nekad ini namanya kalo nyerah begitu aja gegara badai salju.

Sambil ngesot menantang badai salju dan setelah jatoh berkali-kali di jalan gegara jalanan licin dan beku *dan gegara gue salah pake sepatu juga sih, harusnya pake sepatu khusus jalanan bersalju malah pake sneaker biasa hahay* gue berjuang menuju Stasiun terdekat.

Dari Stasiun Otaru gue menuju Stasiun Sapporo dengan kereta sekitar 1 jam.

Sepanjang jalan putiiiih bersalju yang bikin gue makin suka sama Hokkaido.

Kapan lagi disuguhi pemandangan kayak gini, mahluk tropis mah seneng-seneng aja.

Haha.

Setelah sampai di Stasiun Sapporo, gue yang tadinya mau lanjut ke beberapa spot terkenal dan instagramable #CAILEEH di Sapporo, akhirnya mengurungkan niat dan cuma jalan-jalan di sekitaran Stasiun Sapporo.

Badai salju makin ganas dan nampaknya nekad untuk jalan-jalan di tengah badai salju bukan hal yang bijak, sodara-sodara.

Lagipula di sekitaran Stasiun Sapporo juga banyak spot yang bisa dikunjungi.

Diantaranya adalah : SETARBAK!

#MAKSUDLO?!

Haha

Kapan lagi ke setarbak Sapporo coba?! #ALIBI

Nggak ding, gue jalan-jalan sekitaran pertokoan di area Stasiun Sapporo, window shopping, makan siang, dan terakhir ngupi chantieq di setarbak.

Salah satu kuliner Hokkaido yang terkenal adalah Soup Curry, dimana kuah sup-nya nggak begitu kental dengan rasa kare yang khas dan cocok banget dimakan di cuaca dingin.

Soup Curry yang gue pesan adalah Seafood and Vegetables Soup Curry yang berisi bahan makanan laut khas Hokkaido seperti udang, cumi, kerang, tiram plus beragam sayuran mulai dari terung, wortel, akar teratai langsung dari pertanian Hokkaido yang fresh, dengan kuah khas seafood yang bikin badan anget.

Karena hari makin sore dan nggak ada tanda-tanda badai salju bakal reda, gue pun memutuskan kembali ke hostel sebelum matahari terbenam.

Karena kalo udah gelap dan gue belum nyampe di hostel di tengah badai salju, duuh nggak bisa ngebayangin dingin dan rempongnya.

Sesampainya di hostel, gue pun langsung rebahan dan selonjoran di dalam kotatsu sambil baca buku dan ditemenin Hagu yang juga lagi rebahan di sebelah kotatsu.

Malam ini istirahat sepuasnya karena besok gue akan balik lagi ke Tokyo untuk menyudahi ngebolang di Sapporo kali ini.

Meja kotatsu + kopi anget di tengah badai salju itu emang udah yang paling bener.

Dipotoin sama Bapa Owner yang baeeek banget sebelum cus meninggal Hostel.

Terima kasih untuk hostel yang homie dan segala kehangatannya.

Semoga berjodoh dan bisa kembali lagi ke sini.

See you Momo, Hagu!

Thank you, Sapporo!

Sapporo - Hokkaido, November 2019.