Bioskop

Dulu, jaman-jamannya SMA aku paling ogah sama yang namanya nonton di bioskop.
Kenapa?
Nonton di bioskop itu berisik, banyak orang, kudu ngantri beli tiket, kudu sesuaian jadwal, nggak bisa nonton sambil selonjoran dan guling-guling di kasur (dulu belum ada velvet class kayak di blitz sih...), apalagi kalo ada penonton sarap yang suka naikin kaki ke kursi depan, nendang nggak karuan kursi di depannya, jalan bulak-balik ngalangin penonton di belakangnya, sampe cipokan di depan kursi ane yang bikin nggak konsen nontonnya *pengalaman ya, mbak?*

Mendingan juga nonton di rumah, jadwal bebas, mau sambil kayang juga nggak ada yang ngeliatin, bawa makan apapun dari mulai cilok, gorengan ampe nasi padang pun kagak bakalan dicegat sama satpam bioskop di pintu masuk, dan tentunya nggak berisik dan nggak ada penonton sarap yang nggak tau aturan.

Setelah bertahun-tahun nggak ke bioskop (waktu jaman SMA), untuk kali pertama aku nonton bioskop lagi adalah saat filmnya Tora Sudiro yang Nagabonar Jadi 2 lagi tanyang, dan kebetulan waktu itu Blitz baruuu banget dibuka. Nonton bareng temen se-Gang pas jaman kuliah dan sukses bikin ricuh bioskop. Karena aku ngefans berat ama Tora Sudiro dan nontonya pun bareng temen-temen yang gokil, maka pengalaman ke bioskop pun jadi terasa menyenangkan.

Setelah itu, pergi ke bioskop lagi pas musim-musimnya Harry Potter sekuel terakhir. Waktu itu lagi cintaaak banget sama penyihir satu ini (meski belum pernah baca bukunya satupun) dan bersumveh buat nonton film terakhirnya di bioskop.

Setelah seri ke 1 dan 6 cuma nonton di tipi dan sewa DVD, sebagai perayaan berakhirnya film Harry Potter, aku ngajakin mamake dan adeku ke blitz kala itu.
Ternyata, nonton bioskop nggak se-horror dan semenyebalkan pikiranku.
Apalagi waktu itu fasilitas Blitz sebagai bioskop baru terasa lebih WAH dengan teknologi dan kelebihan lainnya.

Setelah vakum [vacuum cleaner keleuss] bertahun-tahun nonton bioskop, ternyata menyisakan pengalaman tersendiri. Asik juga ngeliat film kesukaan di layar lebar dengan sound system ketjeh.

Setelah Harry Potter seri terakhir yang pertama, untuk sesi keduanya pun aku coba pergi ke bioskop lagi. Sayangnya, aku yang waktu itu janjian dengan temenku di Empire 21 rupanya kudu nonton sendiri karena si temen ngedadak kudu pergi.
Tadinya mau pulang aja karena males nonton sendiri, tapi berhubung tiket udah di tangan, film bakalan segera mulai dan aku juga pengen nonton Harpot [Harry Potter, maksudnyah...] yang paling akhir ini, akhirnya ngesot juga deh sendirian.

Beruntung, hari itu bioskop sepi. Mungkin karena Harpot udah tayang sejak beberapa minggu lalu, jadi penonton pun menyusut banyak, ruang theater siang itu sepi dan hanya berisikan kurang dari 10 orang penonton yang telihat [maksud loohh, ada penonton tak kasat mata getooh?!]

Setelah pengalaman nonton Harpot yang mengubah sudut pandangku pada bioskop, perlahan namun pasti aku mulai sering ke bioskop. Baik itu rame-rame sekelurahan bawa temen se-Gang, ajakin mamake dan bapake, atau cuma sendiri.

Biasanya kalo film yang ditonton bergenre komedi pasti bawa temen se-Gang supaya bisa ngakak bareng, atau saat nonton horror, supaya bisa ngetawain temen sebelah yang jerit-jerit nggak karuan *dijambak rame-rame*.

Ketika pengen nonton film yang udah ditunggu-tunggu dan pengen konsen nonton tanpa gangguan apapun, aku pasti milih ngesot sendiri ke bioskop.
Atau ketika nggak ada kerjaan di rumah, nggak tau kudu kemana, daripada cengo sendirian, mending ngibrit deh ke bioskop dan duduk nyantey, menikmati film sambil nyeruput kopi kesukaanku.

Dan selama beberapa bulan terakhir ini, frekuensi pergi ke bioskop pun semakin sering. Bahkan bisa seminggu sekali atau dua kali!
Pokonya ketika lagi ada celah waktu dan kebetulan ada film yang [kayaknya] bagus, pasti langsung ngacir ke Bandung buat ke bioskop.
[maklum, kota tempatku ngekos ini sepi dan jauh dari hingar-bingar, jadinya nggak ada bioskop^^]

Well, memang pada dasarnya aku suka nonton film sih, nggak terbatas hanya di bioskop aja. Cuma bermodalkan laptop atau hape doank pun, selama filmnya bagus, pasti anteng mantengin sampe abis. Genre-nya pun nggak harus selalu film hollywood, banyak kok film Indonesia yang bagus dan gokil, film Jepang dan anime pun nggak kelewat, Korea, Thailand bahkan Hindi pun oke punya.

Dengan nonton, kita seolah-olah bisa ngelihat dunia lain [bukan yang Hary Pantja itu loh ya!], yang nggak ada di kehidupan sehari-hari kita.
Melupakan sejenak hingar-bingar di luar sana dan melihat dunia yang berbeda, bisa merasakan apa yang dirasakan sang aktor/aktris dan menambah banyak pengetahuan. [ciee, jadi sok bijak nih yee]





No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...