[Work] : tempat kerja baru

Setelah hampir dua bulan dikasih libur panjang
(DUA BULAN mah kepanjaaangan beuudh)
akhirnya gue dipindahkan ke departement baru terhitung tanggal 25 November 2019 lalu.
Tempat kerja gue sebelumnya di anak perusahaan, sedangkan yang sekarang gue dipindahin ke kantor pusat, lebih tepatnya di bagian Technical Center.
Tempatnya para designer dan engineering ngumpul.
Alhamdulillah, dikasih tempat kerja yang amat sangat lebih baik.

Dari segi tempat kerja, LUAS banget.
Namanya juga kantor pusat. Kalo sempit mah kos-kosan namanya :D
Kalo gue ngeliat lokasi keseluruhan tempat kerja gue di peta, kayaknya satu gunung di salah satu pojok perfecture Kanagawa ini isinya perusahaan tempat gue kerja #BANGGA
Abisnya, dari ujung ke ujung, bawah ke atas, bahkan ampe ada terowongan dan bis khusus
dari setiap stasiun dan dari satu gedung ke gedung lain.

Yang paling bikin gue seneng adalah ADA SETARBAK di dalam gedung kantor #PENTING
Nggak tanggung-tanggung, ada DUA!
Satu di deket entrance/main gate tempat meeting sama tamu, satu lagi di bagian design engineering mojok di atas. Kapan lagi ke setarbak tinggal ngesot cobaaa! Antara seneng dan dilema juga sih.
Seneng karena kopi kesukaan gue bisa dinikmatin sambil kerja *kayak yang kerja aja*
Di meja kerja ada caffe latte atau caramel machiato yang masih anget dan fresh from the oven itu sesuatu banget.
Nggak usah jauh-jauh ke emol atau stasiun gede, tinggal turun ke bawah :D
Dilema karena you know lah ya, harga kopi setarbak kan lumayan mihil dibandingkan kopi di vending machine atau di minimarket.

Tapi, kalo dipikir-pikir sih sebenernya dari segi pengeluaran sama aja.
Kopi yang dijual di vending machine, rasanya kayak dikelitikin anyep anyep gimana kalo buat gue *maklum, biasa minum kopi pait bapa-bapa*
Siyalnya, gue selalu gagal milih merek kopi vending machine, yang ujung-ujungnya nggak abis alias gue buang hampir setengahnya. Atau kopi dengan rasa standar di minimarket, cuma dapet satu cup kecil, yang biasanya gue harus beli dua cup buat seharian kerja.
Sedangkan kopi/latte setarbak yang rasanya nggak usah diadu lagi lah ya *ayam jago kali diadu* pastinya endeus dan kentel, dengan satu cup kecil aja udah bisa bikin melek seharian *yakin melek seharian?*

Misalnya, satu cup kecil (ukuran small) kopi di minimarket harganya 250 yen, dan gue beli dua, jadi totalnya 500 yen. Sedangkan cup kecil (ukuran tall) cafe latte di setarbak harganya 390 yen. See? Malah setarbak lebih murah.
Meski kadang gue rada kalap beli yang ukuran grande dengan harga 420 Yen. Haha.
Tapi teuteup aja malah lebih hemat setarbak yekan? Apalagi gue selalu beli pake setarbak card, jadinya bisa sekalian ngumpulin poin buat dapetin kopi gratis #PENTING

Lha, lha, kok jadi ngitung harga kopi sih inih.

Kembali ke soal kerjaan.
Dari segi lingkungan kerja, di department baru ini nyaman banget. Hingga saat postingan ini ditulis ya.
Dalam grup gue yang sekarang, total member ada 7 orang. 3 orang Jepang termasuk 1 orang Senior Manager (SM), 1 Leader dan 1 staff.
1 orang Perancis, dan 2 orang Tiongkok.
Bapa SM-nya baik dan sopan banget, tutur bahasa Jepangnya juga mudah dimengerti dan halus banget. Padahal dia SM, tapi nggak songong dan kalo ngasih instruksi pun nggak semena-mena. Ketika bawahannya kerjanya bagus, nggak sungkan beliau muji si bawahan bahkan di depan orang lain.
Bapa leadernya juga baik banget, meski sepintas wajahnya agak serem pas pertama ketemu #diselepet dokumen
Setelah kenal ternyata dia ramah banget, sopan dan senang membantu juga rajin menabung #apeuu
Bahasa Jepangnya juga gampang dimengerti dan enak didenger.
Lalu ada staff cewe 1 orang, yang jadi senior gue dan bertugas ngajarin kerjaan gue sekarang. Doi juga baik banget dan cara ngajarinnya gampang dimengerti.
Sedangkan orang Perancis dan Tiongkok, gue jarang berinteraksi, cuma nyapa pas pagi dan mau pulang sih, atau ketemu pas group meeting, tapi so far mereka friendly dan asik diajak kerja bareng.

Nggak ada lagi leader yang suka tereak-tereak dengan bahasa yang nggak enak didenger,
atau staff yang individualis dan cuma asik sendiri, sok sibuk, nggak mau disalahin kayak di department yang lama. Nggak ada lagi rasa enggan dan nggak enak hati selama gue kerja,
rasanya ringan banget tiap gue pergi kerja. Alhamdulillah, dikasih lingkungan dan rekan kerja yang lebih baik.

Satu hal lagi yang paling gue syukuri adalah disini mereka menyediakan tempat sholat.
Keren nggak tuh!
Pihak perusahaan sengaja menyediakan satu ruang meeting kosong, berukuran sekitar 2x3m, dilengkapi karpet, penyegar ruangan dan AC! #PENTING
Meskipun gue harus wudhu di wastafel toilet office dan ngesot sampai lantai 1
(office gue ada di lantai 8, FYI), tapi gapapa lah, yang penting gue nggak nyenggol mas-mas ganteng aja sampai gue nyampe di tempat sholat #apeuu
Dengan begini gue bisa menjalankan ibadah tepat waktu dan nggak usah nunggu pulang ngantor buat ngegabungin semua sholat pas nyampe rumah.

Mungkin karena di kantor pusat dan technical center orangnya lebih banyak dan beragam, sehingga yang muslim pun nggak cuma gue seorang. Hingga 3 bulan gue ngantor disini, gue pernah papasan sama beberapa orang di tempat sholat.
Dua orang black people, yang satu dari Senegal (gue sempet kenalan), yang satu gue nggak tau dese dari mana, karena belum pernah nanya nama, tapi doi pernah nyapa gue dan ngasih tau kalo arah kiblat gue salah #NYAHAHAHA
Lalu ada satu orang berwajah arab (mungkin dari Mesir). Ketiga orang yang sering papasan sama gue di jam sholat ini semuanya laki.

Gue pernah papasan sama cewek yang pake hijab di lift, tapi nampaknya dese nggak sholat di tempat sholat yang ada di lantai 1. Dari cerita yang gue denger dari staff kantor, di lantai 7 ada yang nempatin sejenis partisi di pojokan office buat sholat.
Tapi ya namanya di office, meski dihalangin partisi, teuteup aja keliatan. Apalagi biliknya sempit banget cuma muat satu orang. Mungkin si cewek berhijab itu sholat disana, karena pas papasan di lift dia turun di lantai 7. Gue sih lebih memilih sholat di lantai 1.
Karena selain ada AC #PENTING, disana juga tertutup dan tenaaang banget. Jadi gue bisa beribadah dengan khusuk. Apalagi kan perusahaan memang udah sengaja menyediakan ruangan khusus buat sholat, ya kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai rasa terima kasih sama perusahaan :)

Dari segi kerjaan, nggak beda jauh sih sama kerjaan sebelumnya. Kayak office/administrator manage, input data, analysis data, bikin manual, report, dan komunikasi sama branch dan plant di luar Jepang.
Senengnya adalah karena banyak branch dan plant di luar Jepang, nggak cuma bahasa Jepang, tapi bahasa Inggris gue pun bisa diasah. Bahkan ada plant Indonesia juga, yang justru gue malah pake English pas kirim e-mail ke mereka. Plant Indonesia sendiri nampaknya belum ngeh kalo gue orang Indonesia.

Minusnya sih cuma lokasi kerja (office) yang AGAK lebih jauh dari tempat sebelumnya. Kalo di tempat sebelumnya gue tinggal jalan kaki dari rumah ke kantor sekitar 25 menit. Sekarang gue harus naik kereta + bus + jalan kaki.
Nampak rempong? Sebenernya nggak juga sih. Dari rumah ke stasiun jalan kaki sekitar 10 menit, lanjut naik kereta yang cuma berjarak 3 menit karena cuma 1 stasiun. *3 menit sih dipake bengong sambil mangap aja tau-tau udah nyampe*
Dari stasiun, jalan lagi sekitar 5 menit menuju halte bus, lalu naik bus jemputan khusus  karyawan menuju tempat kerja yang makan waktu sekitar 15 menit. Bisnya gretong, jadi gue cuma keluar biaya buat naik kereta, yang itupun ditanggung kantor. Begitu turun dari bus jemputan, jalan kaki lagi sekitar 5 menit (plus tanjakan, naik tangga, naik lift)
Kalo ditotal, dari rumah sampe duduk di meja kerja, makan waktu 40 menit. Dan karena gue paling nggak mau diburu-buru apalagi pagi-pagi, so gue spare waktu 60 menit untuk perjalanan menuju tempat kerja. Apalagi bis jemputan datangnya kadang nggak bisa diprediksi, macet lah, hujan lah dan banyak faktor lain. Ditambah ngantri bis jemputan pun kadang bisa makan waktu hingga 510 menit. Jadi cukuplah satu jam supaya gue bisa menuju kantor tanpa buru-buru.
Kalo masih ada banyak waktu, biasanya gue nongki dulu di setarbak kantor sambil nyeruput cafe latte *nikmatnya hidupp

Lagian kan nggak enak aja pagi-pagi udah ngos-ngosan kayak diuber singa, nyampe meja kerja keringetan, mana bisa akik konsen kerja *kayak yang kerja aje lu*

Dengan waktu dijalan yang lebih panjang, otomatis gue harus bangun lebih pagi. Ya udah sih gapapa, biasa kerja di Indonesia juga bangun pagi kan ya. Masih mending daripada kudu bangun jam 3 pagi dan nguber bis menuju bandara kayak di tempat kerja lama #TRAUMA BEUD
Gue pun tiba lebih lambat di rumah begitu pulang ngantor, tapi gapapa lah cuma 30 menit lebih lambat. Palingan gue harus ngibrit supaya bisa nyampe tepat jam 19:00 di rumah pas hari Kamis doank, karena gue nggak mau ketinggalan TV Show Arashi kesukaan gue #PENTING QAQA

Karena gue banyak jalan kaki, naik tanjakan dan tangga setiap harinya, pulang-pergi pulak,
rasanya jadi kayak olahraga tiap hari. Apalagi orang Jepang kalo jalan kaki pan kayak dikejar setan alias buru-buru banget ya. Ketika masih kerja di office lama, pedometer (alat pengukur langkah kaki) di smartphone gue rata-rata 'cuma' menunjukkan 30004000 langkah dalam satu hari, begitu gue pindah ke tempat kerja yang sekarang, pedometer gue bisa menunjukkan rata-rata 7000 langkah sehari! AMAJING!
Bahkan kalo lagi banyak mondar-mandir di dalam office, ditambah belanja pas pulang kerja, bisa 10,000 langkah sehari! Sehat deh gue :)

Eniwey, di bulan ketiga gue kerja di department baru ini, gue merasa betah dan menikmati kerjaan gue. Terkadang gue rada keder sih ketika bingung harus ngapain karena banyak yang belum gue ngerti. Karena gue kembali jadi newbie lagi disini :D
Apalagi karena gue harus beradaptasi dengan kerjaan baru, sistem baru dan ritme baru,
yah apa boleh buat pasti keteteran di awal-awal. Tapi gue yakin sih ketika gue udah menemukan ritme dan terbiasa dengan kerjaan gue, semua pasti bisa diatasi!
SEMANGKAAAA! *eh, masih musim nggak sih istilah ini? haha*

Intinya, kalo gue udah bisa ketak-ketik gaje, curcol nggak penting di sela-sela jam kerja,
IYA, KAYAK SEKARANG INI, itu artinya gue udah mulai bisa menemukan celah di jam kerja gue, yang artinya gue udah mulai terbiasa, sehingga kerjaan jadi cepet selesai dan gue punya waktu senggang *diselepet dokumen*

Semoga gue betah terus di tempat baru, dengan orang-orang baru dan lingkungan kerja yang baru. Semoga gue bisa lama kerja disini, bahkan seterusnya, karena gue udah males pindah tempat kerja lagi, gue udah suka dengan ritme kerja gue dan lingkungan yang sekarang, karena gue bisa menyeimbangan antara kerjaan dan kehidupan pribadi, terutama membagi waktu buat nonton Arashi #PENTING, yoga, jelong-jelong, atau hiburan lainnya,
bahkan untuk pulang kampung ke Indonesia pas libur panjang :)




No comments:

Post a Comment

Are you listening?

 “Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut, bukankah itu berarti kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada bicara?” Saya sering deng...